4 Fitur yang Harus Dimiliki Pada Bra Menyusui

Menyusui adalah salah satu proses pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi atau anak kecil yang masih dalam usia menyusui. Saat menyusui, Anda tentu membutuhkan bra yang dapat dengan mudah dibuka tutup saat si kecil ingin menyusui.

Bra menyusui dapat mempermudah ibu saat memberikan ASI

Ada banyak variasi bra menyusui yang beredar di pasaran yang membuat Anda menjadi sulit untuk memilihnya. Ada beberapa faktor yang membuat Anda dalam memilih bra untuk menyusui. Pada artikel kali ini kami akan mengulas apa saja fitur bra menyusui yang terbaik dengan tujuan menyusui menjadi lebih nyaman. 

Hal yang perlu dimiliki bra menyusui

  1. Tali pengikat yang bisa diatur

Selain membesar selama kehamilan, volume payudara Anda akan berubah dari awal hingga akhir menyusui dan sebelum menyusui ke pasca menyusui. Jumlah atau volume payudara inilah yang menjadi alasan mengapa tali pengikat atau strap harus dapat disesuaikan untuk kebutuhan bersalin. Tali strap yang dapat disesuaikan dapat membuat nyaman dan kepraktisan Anda saat menggunakannya. Bahkan Anda dapat menggunakan bra menyusui saat berolahraga sekalipun. 

  1. Bra tanpa kawat

Percaya atau tidak tulang rusuk Anda akan membesar hingga 10 cm selama kehamilan. Jadi, banyak sekali perubahan pada tubuh wanita selama mereka hamil dan menyusui, termasuk pada payudara. Hindari memilih bra menyusui yang menggunakan kawat. Pasalnya, tanpa kawat bra menyusui dapat mencapai produksi ASI yang maksimal saat menyusui. 

  1. Klip depan

Semua bra menyusui menggunakan panel atau klip di bagian depan bra yang dapat memudahkan Ibu mengakses payudara. Klip depan adalah salah satu keharusan yang wajib dimiliki oleh bra menyusui. Pilih klip yang dapat dengan mudah dibuka tutup dengan satu tangan. 

  1. Postural back dua lapis

Memiliki fitur postural back dua lapis dapat memberikan dukungan atau menopang punggung Anda ketika menyusui. Jadi, Anda dapat lebih nyaman dan tidak mengalami sakit punggung selama menyusui. 

Keuntungan dan manfaat menggunakan bra menyusui

  • Kemudahan dalam menyusui. Dengan klip depan yang dapat dengan mudah dibuka tutup ketika akan menyusui adalah salah satu hal yang paling bermanfaat saat menggunakan bra menyusui. Anda tidak perlu repot membuka bra secara keseluruhan ketika akan menyusui. 
  • Kenyamanan. Selain mudah, menggunakan bra menyusui dapat memberi kenyamanan data menyusui. 
  • Untuk kesehatan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bra berkawat memberikan tekanan yang terlalu besar pada payudara yang umumnya tidak sehat untuk payudara menyusui. Hal ini karena tekanan tersebut dapat menyebabkan saluran ASI tersumbat sehingga bisa menimbulkan nyeri. 
  • Kesehatan bayi. Bra berkawat dapat menyebabkan infeksi payudara seperti mastitis yang dapat menular ke bayi Anda. Bra menyusui lebih lembut dan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebabkan infeksi payudara. 
  • Tanpa gangguan. Jika terjadi infeksi payudara, bayi Anda tidak akan dapat menyusu sampai infeksi mereda. Bahkan sebaliknya, Anda akan menemukan bahwa menyusu bayi dengan bra menyusui dapat lebih cepat tanpa gangguan apa pun.
  • Fleksibel. Bahkan setelah melahirkan Anda akan terus melihat perubahan pada bentuk tubuh Anda terutama payudara. Bra menyusui dirancang untuk perubahan tersebut.
  • Penopang. Meskipun ukuran payudara Anda mungkin bertambah, bra biasa dengan tali tipis tidak akan dapat membantu Anda. Tali bahu lebar pada bra menyusui akan lebih nyaman di bahu Anda saat menopang payudara. 
  • Bentuk. Salah satu perhatian dari menyusui adalah hal tersebut dapat membuat payudara kendur, itulah sebabnya bra dengan kawat lebih disukai. Namun, hal ini ternyata keliru. Karena kawat dapat membuat jaringan menumpuk dan membuat bentuk payudara berbeda. 

Kesimpulannya, Anda tidak bisa membeli bra menyusui secara acak atau sembarangan. Pasalnya, ada beberapa fitur atau fungsi yang harus ada pada bra khusus menyusui. Jika beberapa fitur tersebut ada pada bra yang Anda beli, seperti di atas, maka menyusui pun akan menjadi hal yang menyenangkan untuk Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *