5 Makanan di Indonesia dengan Kalori Tinggi

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga dianugerahi berbagai jenis makanan yang punya ciri khas di setiap daerahnya. Makanan-makanan Indonesia ini sudah pasti pernah kamu cicipi. Sebagai contoh martabak manis. Kalori martabak manis ini bisa dikatakan cukup tinggi lho.

Martabak Manis | Resep dari Dapur KOBE

Seperti diketahui, makanan yang tinggi kalori cenderung menambah berat badan. Ini mungkin tidak begitu masalah bagi orang-orang yang masih punya berat badan ideal maupun underweight. Namun, bagi yang kelebihan berat badan? Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori justru bisa membuat berat badan semakin naik yang tentunya bisa mempengaruhi kesehatan. Terlebih jika makanan-makanan ini sering dikonsumsi. 

Setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan berat badannya. Melansir dari laman NHS, wanita dewasa umumnya membutuhkan 2.000 kalori per hari dan pria dewasa membutuhkan 2.500 kalori per hari. Lebih dari itu, kalori berlebih yang kamu konsumsi bisa disimpan menjadi lemak. 

Jika kamu tidak ingin mendapat kalori tambahan, sebaiknya ketahui kandungan kalori dari makanan Indonesia yang mungkin sering kamu konsumsi berikut ini:

1. Nasi Padang

Siapa sih yang tidak tahu nasi Padang? Makanan khas Sumatera Barat ini terkenal kaya akan bumbu rempah-rempahnya. Selain itu, lauk-pauk nasi Padang juga sering menggunakan bahan baku jeroan atau organ dalam sapi. Perlu kamu ketahui bahwa jeroan umumnya mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi. Di antara berbagai macam lauk nasi Padang, rendang adalah salah satu pilihan lauk yang paling terkenal.

Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama berbagai macam rempah hingga berjam-jam sampai teksturnya menjadi lembut. Di balik kenikmatan rendang, ternyata makanan yang satu ini mengandung 376 kalori saat belum disandingkan dengan nasi serta teman-temannya. Nah, ketika dicampur bersama nasi, sayur nangka, daun singkong, dan sambal hijau, satu porsi nasi padang dengan rendang ini mengandung setidaknya 664 kalori. 

2. Sate Kambing

Sate kambing adalah salah satu makanan khas dari Jawa Tengah. Sate kambing yang lezat biasanya berbahan baku kambing muda yang tekstur dagingnya masih sangat lembut. Satu porsi sate kambing biasanya terdiri dari 10 tusuk sate. Nah, 10 tusuk sate ini kira-kira mengandung 353 kalori. Kalori tersebut belum termasuk dengan bumbunya. Jika kamu memilih bumbu kacang, kalorinya bisa bertambah sebanyak 130 kalori. Sedangkan kalau pakai bumbu kecap biasa, kalorinya mungkin bertambah 60 kalori. 

3. Martabak 

Martabak adalah makanan khas Bangka yang kini mudah ditemui di berbagai daerah. Penjual martabak umumnya menjual dua jenis, yakni martabak telur dan martabak manis. Tahukah kamu kalau satu potong martabak telur bebek yang berisi daging cincang dan potongan daun bawang itu mengandung setidaknya 350 kalori. Belum lagi kalori martabak manis. Bayangkan jika kamu mengambil lebih dari satu potong, sudah terbayang bukan berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu sekaligus?

Sedangkan satu potong martabak manis biasa mengandung 270 kalori. Jumlah kalori martabak manis ini tentu bisa bertambah jika topping yang kamu pilih lebih beraneka ragam.

4. Gorengan

Orang Indonesia tidak akan bisa lepas dari yang namanya gorengan. Gorengan ini bisa berupa tempe goreng, tahu goreng, bakwan, cireng, singkong goreng, ubi goreng, dan lain-lain. Gorengan sangat cocok dijadikan camilan, karena dapat mengganjal rasa lapar dalam sekejap Walaupun kelihatannya ringan, proses memasak gorengan yang menggunakan banyak minyak membuat kudapan yang satu ini mengandung kalori yang cukup tinggi. 

Kira-kira, sebuah gorengan mengandung setidaknya 95 kalori. Jumlah ini tentu bisa bertambah jika kamu makan lebih dari satu atau disandingkan bersama makanan lain, ya! Salah satu menu makanan yang sering disandingkan dengan gorengan adalah nasi uduk. Nah, satu bungkus nasi uduk biasanya mengandung 414 kalori. Kalau ditotal bersama gorengan, jumlahnya bisa mencapai 600 kalori. 

5. Nasi Goreng

Satu lagi makanan Indonesia yang ternyata mengandung kalori cukup tinggi, yaitu nasi goreng. Sebenarnya nasi goreng bukanlah makanan khas Indonesia, karena menu yang satu ini juga ada di berbagai negara. Kamu perlu tahu nih kalau satu porsi nasi goreng setidaknya mengandung 740 kalori. Namun, jumlah kalori tersebut baru nasinya saja, ya! Jumlah kalori dalam nasi goreng bisa bertambah kalau kamu menambahkan berbagai macam topping. 

Demikian penjelasan jenis-jenis makanan dengan kalori tinggi, salah satunya ialah martabak. Kalori martabak manis bisa dikatakan cukup tinggi. Yang penting, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *