6 Obat Maag & Asam Lambung Murah dan Ampuh di Apotek

Maag atau sering juga disebut dengan penyakit asam lambung adalah kondisi yang umum dialami. Maag ditandai dengan nyeri pada perut hingga uluh hati, serta kembung atau begah. 

Ada banyak jenis obat maag dan asam lambung yang dijual bebas. Setiap jenis memiliki fungsi dan efektivitas yang berbeda. Pada kasus yang parah, maag hanya bisa diredakan dengan obat resep dokter. 

Jenis-jenis obat maag

Obat maag dan asam lambung yang dijual bebas biasanya memiliki dosis yang lebih rendah dibandingkan obat resep dokter. Terkadang, Anda bisa menemukan keduanya di beberapa apotek.

Berikut beberapa jenis obat asam lambung:

  1. Proton pump inhibitor (PPI)

Obat PPI berfungsi mengurangi asam lambung dengan menghambat sel tubuh yang memproduksi asam lambung. Beberapa obat lambung yang termasuk dalam kategori proton pump inhibitor antara lain pantoprazole, lansoprazole, dan omeprazole.

  1. Antasida

Antasida adalah salah satu jenis obat maag dan asam lambung yang banyak dijual bebas. Antasida bekerja cepat dengan menetralkan asam lambung sehingga meredakan nyeri akibat meningkatnya asam lambung.

Beberapa obat antasida mengandung alginate yang berfungsi melindungi dinding lambung. Antasida dengan alginate sebaiknya dikonsumsi setelah makan, sedangkan obat tanpa alginate bisa dikonsumsi kapan saja termasuk saat Anda mengalami gejala maag.

  1. Penghalang histamin (H2 receptor blocker)

H2 receptor blocker berguna untuk mengurangi jumlah produksi asam lambung serta mengurangi nyeri akibat maag. Obat asam lambung jenis ini biasanya tidak menimbulkan efek samping. 

Beberapa contoh obat lambung penghalang histamin yaitu ranitidine, cimetidine, nizatidine, dan famotidine.

  1. Antibiotik

Infeksi bakteri H. pylori merupakan penyebab umum masalah pencernaan, terutama maag dan asam lambung. 

Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan dua macam obat antibiotik yang harus dikonsumsi dua kali sehari selama dua minggu. Pilihan antibiotik yang umum diberikan yaitu amoxicillin, tetracycline, tinidazole, levofloxacin, clarithromycin, dan metronidazole.

  1. Promotility agents

Obat lambung jenis ini digunakan untuk mengobati gejala penyakit GERD. Promotility agents membantu menstimulasi otot di saluran pencernaan agar asam lambung mengalir turun ke usus, dan mencegahnya naik kembali dalam waktu lama. 

Rekomendasi obat maag yang murah dan efektif

Obat maag dan asam lambung berikut mungkin memiliki efektivitas yang berbeda pada setiap orang. Namun jika digunakan dengan benar, obat maag akan bekerja dengan maksimal. 

  1. Polysilane Sirup

Polysilane mengandung kombinasi aluminum hidroksida dan magnesium hidroksida yang efektif mengatasi berbagai permasalahan asam lambung dan gejala seperti nyeri di ulu hati, mual, muntah, dan perut kembung.

  1. Waisan Bitang Toedjoe

Waisan mengandung bahan aktif hidrotalsit, magnesium hidroksida. dan simetikon yang membantu menurunkan kelebihan asam lambung serta meredakan gejala maag dan asam lambung seperti kembung, mual, dan muntah.

Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Promag Double Action Tablet

Promag Double Action Tablet meredakan gejala yang berkaitan dengan peningkatan asam lambung, gastritis, dan tukak usus 12 jari seperti mual, nyeri dan panas pada lambung dan ulu hati (heartburn), serta kembung. 

Dengan kandungan magnesium hidroksida, kalsium karbonat, dan famotidin, Promag Double Action efektif mengatasi rasa begah atau penuh pada lambung yang tidak bisa diatasi dengan antasida.

  1. Mylanta Tablet

Mylanta tablet telah bersertifikasi halal dan ampuh mengatasi gejala maag dan asam lambung, serta mencegah iritasi lambung. 

Obat ini mengandung bahan aktif simetikon, magnesium hidroksida, dan alumunium hidroksida  yang juga meredakan rasa tidak nyaman akibat meningkatnya asam lambung. 

Mylanta tablet boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, namun sesuai dengan petunjuk dan saran dokter.

  1. Antasida Doen Tablet

Antasida Doen berkhasiat untuk menetralkan asam lambung berlebih yang disebabkan oleh stres dan gaya hidup yang tidak sehat. Saat mengonsumsi obat ini sebaiknya imbangi dengan pola makan dan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. 

  1. Sanmag Suspensi

Sanmag Suspensi adalah obat cair yang efektif mengatasi maag dan asam lambung serta gejala yang berkaitan dengan penyakit tersebut.

Obat ini hanya boleh digunakan setiap hari berturut-turut hingga maksimal dua minggu. Anak-anak dan pasien yang sedang melakukan diet fosfor tidak disarankan untuk meminum Sanmag Suspensi.Setiap obat memiliki efek samping, sehingga penting untuk membaca petunjuk dan peringatan pada label kemasan. Temukan obat maag dan asam lambung berkualitas di toko kesehatan SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *