7 Manfaat Telur Angsa yang Ternyata Menakjubkan

Orang Indonesia memang belum terlalu terbiasa mengonsumsi telur angsa dibandingkan jenis telur unggas yang lain, seperti ayam ataupun bebek. Padahal, telur angsa merupakan salah satu super food yang menyajikan banyak khasiat jika Anda mengonsumsinya. 

Telur unggas yang satu ini mengandung asam folat tinggi. Di samping itu, kadar protein dan nutrisi dari telur ini juga tidak kalah dibandingkan telur ayam ataupun bebek. Beragam manfaat telur angsa yang menakjubkan pun bisa Anda peroleh ketika rutin mengonsumsi sumber protein hewani yang satu ini. 

Penasaran apa saja manfaat telur angsa? Berikut ini beberapa contoh khasiat dari telur angsa yang sangat mungkin membuat Anda segera mencari jenis telur unggas yang satu ini. 

  1. Meningkatkan Imunitas

Telur angsa memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh. Telur unggas ini tinggi akan protein, kalium, zat besi, juga asam folat. Kombinasi berbagai nutrisi tersebut membuat Anda akan lebih terlindungi dari berbagai paparan virus maupun bakteri yang menyebabkan penyakit. 

  1. Membantu Pertumbuhan Otak 

Jika Anda sedang mencari makanan apa yang mampu meningkatkan pertumbuhan otak, khususnya bagi-anak-anak, telur angsa adalah jawabannya. Telur angsa memiliki kadar asam folat yang tinggi sehingga membantu kinerja otak lebih baik dan mendukung pertumbuhan otak seseorang. Karena manfaat telur angsa yang luar biasa ini, anak-anak usia 1-3 tahun dan ibu hamil sangat disarankan rutin mengonsumsi telur unggas yang satu ini. 

  1. Menyingkirkan Jerawat 

Telur angsa juga memiliki khasiat untuk mempercantik diri. Anda yang sedang uring-uringan karena masalah jerawat layak menjajal penggunaan telur angsa sebagai masker wajah. Tidak Masker dari telur angsa tidak hanya mampu menyingkirkan jerawat yang mengganggu. Manfaat telur angsa untuk kecantikan semakin paten karena mampu mengendalikan minyak wajah sehingga menghindarkan Anda dari masalah jerawat yang berulang. Jika ingin menggunakan telur angsa sebagai obat jerawat, Anda cukup menggunakan bagian putih telurnya, ya. 

  1. Mencegah Anemia 

Kandungan zat besi pada telur angsa mencapai 20 persen dari kebutuhan harian yang dianjurkan. Angka ini sangat tinggi, bukan? Tingginya kandungan zat besi ini pun dapat membantu meningkatkan sel darah merah Anda sehingga terhindar dari masalah anemia. Penderita anemia pun direkomendasikan mengonsumsi telur angsa guna meningkatkan tekanan darah dan hemoglobin supaya lebih baik. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Kombinasi kalium dan zat besi pada telur angsa juga bermanfaat cukup besar bagi organ-organ vital di dalam tubuh. Salah satunya, telur angsa bisa bermanfaat menjaga kesehatan jantung Anda. Pasalnya, kalium yang besar pada telur angsa mampu mengendalikan fungsi saraf dan otot, tidak terkecuali otot jantung. Kalium juga bermanfaat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh sehingga tekanan darah lebih terkontrol, yang akhirnya berimbas positif bagi kinerja jantung. 

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat telur angsa yang lain adalah mempercepat penyembuhan luka yang Anda miliki. Telur angsa memiliki kemampuan membentuk eritrosit sehingga regenerasi sel cepat terjadi. Luka dan bekas luka pun bisa lebih cepat pulih karena alasan yang satu ini. 

  1. Menghindarkan dari Osteoporosis 

Telur angsa memiliki kandungan vitamin D yang cukup banyak. Kandungan ini berfungsi baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tulang yang sehat pun akan mencegah Anda dari masalah pengapuran tulang maupun osteoporosis. Jadi jika tidak ingat terkena osteoporosis pada masa tua, rajin-rajinlah mengonsumsi telur angsa, ya. 

Manfaat telur angsa tidak kalah dibandingkan khasiat dari telur bebek ataupun ayam, bukan? Namun mesti diingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi jenis telur yang satu ini, khususnya di bagian kuning telurnya. Bagaimanapun, pengonsumsian yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol secara drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *