Alasan Flek Bisa Berwarna Coklat Saat Hamil

Semua orang tahu tanda-tanda klasik kehamilan, melewatkan menstruasi, payudara menjadi lembut, dan Anda lelah sepanjang waktu. Tetapi masih banyak gejala, seperti munculnya flek coklat saat Anda hamil.

flek coklat

Kehamilan menyebabkan perubahan pada keputihan atau flek, yang dapat bervariasi dalam warna, tekstur, dan volume. Peningkatan ini seringkali merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Beberapa perubahan warna juga normal, sementara yang lain mungkin mengindikasikan infeksi atau masalah lain.

Keluar cairan pada berbagai tahap siklus menstruasi dan selama kehamilan adalah hal yang wajar. Volume cairan meningkat selama kehamilan untuk mengurangi resiko infeksi vagina dan uterus.

Jika Anda mengalami flek coklat saat hamil, Anda tidak perlu khawatir. Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Flek yang biasanya berwarna coklat dikarenakan darah lama keluar dari tubuh Anda. Hal ini biasa terjadi dan bisa menjadi gejala awal kehamilan.  Keputihan selama kehamilan umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

Beberapa darah di rahim Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar, dan seiring bertambahnya usia, akan berubah menjadi coklat. Hal itu berarti Anda akan mendapatkan flek coklat atau cairan berwarna kecoklatan.

Penyebab paling umum dari flek atau keputihan adalah iritasi. Lonjakan hormon dan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh Anda saat hamil membuat serviks menjadi super sensitif, sehingga menghasilkan sedikit kotoran coklat atau bercak ringan.

Jika Anda mendekati akhir kehamilan, keputihan atau flek juga bisa menjadi tanda bahwa persalinan Anda sudah dekat.

Mengalami flek atau keputihan saat hamil bisa mengganggu, dalam banyak kasus hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda mengalami flek berwarna coklat tua saat ditengah kehamilan, Anda harus segera menghubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *