Alpara Sirup, Obat dengan Paracetamol untuk Atasi Flu

Alpara Sirup, Obat dengan Paracetamol untuk Atasi Flu

Anda mungkin familiar dengan paracetamol, suatu jenis obat yang umum digunakan untuk meredakan nyeri dan demam. Salah satu paracetamol yang bisa digunakan oleh anak-anak adalah obat Alpara sirup. 

Obat ini bekerja dengan meringankan berbagai macam gejala yang terjadi ketika anak menderita flu. Ini meliputi gejala demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, serta batuk. 

Kapan waktu yang tepat mengonsumsi Alpara sirup?

Sebagai obat yang ditujukan untuk meringankan gejala flu, waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat ini adalah ketika Anda merasakan adanya gejala flu. 

Saat gejala flu menyerang, jangan menunda untuk mendapatkan pengobatan. Apalagi jika ini terjadi pada anak Anda. Menunda pengobatan hanya akan memperparah gejalanya.

Karena itu, segera atasi gejala flu dengan menggunakan obat, misalnya obat yang mengandung paracetamol seperti Alpara sirup. Obat Alpara ini boleh digunakan oleh anak-anak usia 6-12 tahun. 

Jika Anda tidak tahu seperti apa gejala flu yang mungkin dialami anak Anda, coba kenali dulu tanda-tandanya berikut ini: 

  • Kelelahan parah
  • Merasa sakit¬†
  • Sakit kepala
  • Menggigil dan keringat dingin
  • Hidung tersumbat atau bahkan meler
  • Suhu tubuh tinggi atau demam selama 3-4 hari

Meskipun gejala di atas merupakan tanda dari flu, bukan berarti Anda akan merasakan seluruh gejala tersebut. Pada setiap orang, gejala dari flu mungkin berbeda-beda. Ini dipengaruhi oleh banyak faktor. 

Terkadang, pada sebagian anak, flu juga bisa membuat mereka kehilangan nafsu makan. Jika hal ini terjadi, Anda patut mencurigai anak menderita flu dan berusaha mengatasinya dengan memberikan obat flu. 

Penggunaan paracetamol pada obat flu

Sebagian besar obat yang efektif meringankan gejala flu mengandung paracetamol di dalamnya. Hal ini juga berlaku pada obat Alpara sirup yang mengandung paracematol sebanyak 125 mg. 

Paracetamol, atau acetaminophen, adalah obat pereda nyeri dan pereda demam. Karena demam menjadi salah satu gejala utama flu, obat ini juga efektif meringankan kondisi flu pada anak Anda. 

Ketika mengonsumsi obat paracetamol, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini hal-hal tersebut:

  • Dosis obat

Perlu diperhatikan, jangan konsumsi obat dengan dosis yang melebihi anjuran pemakaian. Hal ini bisa berdampak fatal bagi kesehatan anak Anda. 

Konsumsi obat dengan dosis berlebih bisa menyebabkan Anda mengalami kerusakan hati. Apalagi jika konsumsinya dilakukan dalam jangka panjang.

Ikuti petunjuk pemakaian pada label kemasan produk obat sebelum menggunakannya. Anda juga bisa meminta saran dari dokter mengenai cara pemakaian yang tepat. Untuk anak-anak, dosisnya adalah 10 ml sekali minum, dengan intensitas tiga kali sehari. 

  • Jaga tangan tetap bersih

Ketika akan meminum obat, pastikan dulu tangan Anda sudah dicuci dan dibersihkan dengan baik. Meskipun Anda akan menggunakan sendok untuk konsumsi Alpara siru, tetap perhatikan kebersihan tangan Anda.

Hal ini penting, karena virus, bakteri, dan kuman bisa masuk ke dalam tubuh Anda melalui mulut. Gunakanlah obat dengan cara yang benar.

  • Jangan pakai untuk jangka panjang

Perlu diperhatikan, paracetamol hanya dianjurkan untuk dikonsumsi sampai 7 hari. Setelah melewati 7 hari dan Anda masih merasa sakit, maka segera ganti obat Anda. 

Setelah mengonsumsi obat, apabila demam tak kunjung membaik sampai lebih dari tiga hari, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi obat paracetamol seperti Alpara sirup. Jangan minum obat secara berlebihan dan ikuti dosis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *