Alter Ego

Alter Ego

Sebagian orang berpikir bahwa alter ego merupakan penyelamat bagi diri mereka dalam berbagai situasi, namun tidak demikian. Alter ego juga dapat menimbulkan bahaya yang serius jika dibiarkan untuk menguasai kepribadian manusia.

Apa Yang Dimaksud Dengan Alter Ego?

Dalam dunia psikologi, alter ego merupakan kepribadian lain yang ada pada diri manusia dimana hal tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan sifat aslinya. Alter ego biasanya diciptakan sendiri oleh orang yang mengalaminya.

Pada dasarnya, alter ego seperti memiliki saudara kembar, namun cenderung memiliki kepribadian yang buruk seperti merasa sombong, dan hanya muncul di dalam diri manusia pada suatu waktu.

Setiap orang dapat menciptakan alter ego di dalam dirinya, baik disengaja maupun tidak disengaja. Ketika Anda menciptakan alter ego, Anda merasa seolah-olah alter ego tersebut nyata dan dapat diajak untuk berinteraksi.

Apa Dampaknya Jika Seseorang Memiliki Alter Ego?

Orang-orang yang memiliki alter ego biasanya mengalami tekanan dan merasa tidak dapat melakukan apa yang dia inginkan. Oleh karena itu, alter ego muncul untuk membantu mendapatkan hal tersebut.

Alter ego juga memiliki tujuan hidup yang sama dengan sifat asli seseorang, namun menggunakan cara yang berbeda, dan tentunya dengan cara yang buruk. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki alter ego, namun banyak juga orang yang menyadari akan hal tersebut.

Mungkin sebagian orang merasa bahwa memiliki alter ego adalah hal yang mengganggu karena memiliki kepribadian ganda. Walaupun alter ego dideskripsikan sebagai lebih dari satu kepribadian, hal tersebut belum tentu merupakan gangguan psikologis. Alter ego juga berbeda dengan kepribadian ganda yang digolongkan sebagai kelainan identitas disosiatif.

Pada kelainan identitas disosiatif, orang yang memiliki kepribadian ganda cenderung merasa ada kepribadian lain di luar kontrol tubuhnya yang selalu bersama dengan dirinya. Ketika kepribadian tersebut menguasai tubuhnya, penderita tidak akan menyadari hal tersebut.

Sebagian orang yang memiliki alter ego percaya bahwa hal tersebut dapat memberikan manfaat. Manfaat yang diperoleh adalah mampu melengkapi dirinya. Mereka yang dapat melengkapi dirinya cenderung menjadi seseorang yang berbeda di hadapan banyak orang. Misalnya, A merasa tangguh di depan B, namun A merasa lembut di depan C.

Efek Negatif Dari Alter Ego

Meskipun demikian, pemilik alter ego harus mampu menguasai dirinya dan alter ego yang dimiliki. Jika tidak terkontrol dengan baik, pemilik alter ego akan mengalami dampak negatif pada dirinya yang meliputi:

  • Pengaruh yang besar terhadap diri

Alter ego yang tidak terkontrol dengan baik dapat menguasai kepribadian asli manusia sehingga dapat mengganggu aktivitas manusia secara keseluruhan.

  • Perubahan pada kepribadian utama

Jika manusia memiliki alter ego yang sempurna, maka kepribadian utama mereka juga akan mengalami penurunan.

  • Merusak hubungan dengan orang-orang tertentu

Alter ego juga dapat merusak hubungan orang-orang yang Anda kenal karena perbedaan sifat yang dimiliki.

Psikolog atau Psikiater

Jika Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang memiliki alter ego, Anda sebaiknya hubungi psikolog atau psikiater. Psikolog atau psikiater adalah orang yang dapat membantu menangani masalah yang berkaitan dengan kepribadian seseorang. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan psikolog atau psikiater untuk mengatasi masalah yang dihadapi, salah satunya termasuk menganalisa kondisi mental yang dialami.

Kesimpulan

Alter ego merupakan salah satu masalah kepribadian yang perlu diwaspadai, karena hal tersebut dapat mempengaruhi pikiran pemilik alter ego sehingga dapat mempengaruhi hubungannya dengan orang lain. Cara yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah membawanya ke psikolog atau psikiater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *