Bingung Atasi Penyebab Gatal di Kulit? Pilsida Jawabannya!

Bingung Atasi Penyebab Gatal di Kulit? Pilsida Jawabannya!

Rasa gatal pada kulit merupakan hal yang wajar dirasakan siapapun. Tak jarang, sulit menahan keinginan untuk menggaruk kulit. Mulai dari area tubuh yang mudah dijangkau tangan, hingga yang sukar seperti punggung. Seiring bertambahnya usia, hal ini juga menjadi lebih umum. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan Pilsida sebagai obatnya.

Pilsida adalah obat herbal yang mengandung ekstrak bahan alami, seperti daun sambiloto, daun beluntas, dan kayu bidara laut. Pilsida digunakan untuk membantu meredakan gatal-gatal pada kulit. Gatal-gatal di kulit sering kali disebabkan oleh alergi, iritasi, atau gigitan serangga. Selain itu, ada beberapa kondisi atau penyakit lain yang juga dapat menimbulkan keluhan gatal di kulit.

  1. Penyakit kulit

Beberapa jenis penyakit kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal adalah eksim, kudis atau scabies, cacar, kurap atau infeksi jamur, psoriasis, folikulitis, biduran dan prurigo. Rasa gatal tersebut bisa dirasakan hanya di area kulit tertentu atau berbagai bagian tubuh. Selain rasa gatal, penyakit kulit tersebut juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti iritasi kulit dan kemerahan atau bintik-bintik pada kulit.

  1. Kulit kering

Pemilik tipe kulit kering sering kali merasakan gatal di kulitnya. Kulit yang kering biasanya terjadi karena kekurangan minyak alami atau sebum yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Kulit kering bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti sering menggunakan sabun atau produk perawatan kulit berbahan kimia keras, udara kering, sering mandi terlalu lama atau mandi dengan air panas, dan terlalu lama terpapar AC. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya eksim atau dermatitis.

  1. Gangguan saraf

Kulit gatal yang tidak kunjung sembuh atau menetap dalam waktu lama bisa disebabkan oleh gangguan saraf. Beberapa jenis penyakit saraf yang bisa menyebabkan gatal-gatal adalah neurodermatitis, herpes zoster, multiple sclerosis, dan neuropati. Selain itu, komplikasi diabetes seperti neuropati diabetik, juga bisa menyebabkan gatal-gatal.

  1. Penyakit sistemik

Gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh penyakit atau gangguan di organ tubuh atau penyakit sistemik tertentu. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan keluhan kulit gatal.

  • Penyakit pada hati, seperti hepatitis dan sirosis
  • Gangguan pada aliran empedu atau kolestasis
  • Penyakit celiac
  • Anemia defisiensi besi
  • Gagal ginjal
  • Gangguan tiroid, misalnya hipertiroidisme
  • Diabetes
  • Kanker, seperti leukemia dan limfoma
  • Penyakit autoimun
  1. Reaksi alergi atau iritasi terhadap bahan tertentu

Alergi merupakan salah satu penyebab umum munculnya keluhan gatal-gatal di kulit. Reaksi alergi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap benda atau zat tertentu yang menjadi pencetus alergi (alergen). Faktor pencetus alergi bisa bermacam-macam, mulai dari bahan kimia dalam sabun atau kosmetik, polusi, debu, asap rokok, hingga makanan atau obat-obatan tertentu, termasuk obat herbal.

  1. Perubahan hormon saat hamil

Saat hamil, sebagian wanita merasakan gatal di bagian perut, lengan, paha, dan payudara karena perubahan hormon. Rasa gatal ini umumnya akan reda dengan sendirinya setelah melahirkan. Selain beberapa hal di atas, kondisi seperti menopause juga bisa menimbulkan rasa gatal di kulit. Hal ini dikarenakan hormon yang berubah saat seseorang memasuki masa menopause. Selain itu, kondisi psikologis tertentu seperti stres berat, depresi, atau gangguan kecemasan juga bisa menimbulkan rasa gatal di kulit.

Nah, untuk mengatasi rasa gatal yang sangat mengganggu, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan pereda gatal yang dijual bebas, seperti pilsida atau bedak antigatal. Gatal-gatal di kulit memang bisa terasa mengganggu, tetapi hal ini biasanya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Pilsida diproduksi oleh PT. Dami Sariwana dalam bentuk sediaan pil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *