Cara Buat Ramuan Obat Tradisional Sakit Ulu Hati di Rumah

Beberapa bahan seperti jahe, daun mint, kunyit, dan teh chamomile dipercaya bisa mengatasi nyeri pada ulu hati. Kita bahkan bisa membuat ramuan obat tradisional sakit ulu hati dari bahan-bahan tersebut di rumah.

Sakit ulu hati biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada bagian perut tengah atas yang juga disertai dengan rasa mual. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya gangguan pencernaan seperti tukak lambung, tukak usus 12 jari, hingga gangguan pada pankreas. 

Berikut ini cara mudah membuat ramuan obat tradisional sakit ulu hati di rumah yang bisa kita coba. 

Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya efektif meredakan sakit ulu hati. Hal ini karena jahe mengandung antioksidan dan senyawa fenolat yang bisa meredakan iritasi pada lambung, yang menyebabkan munculnya nyeri di ulu hati.

Namun, khasiat jahe untuk meredakan masalah ulu hati masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut karena studi yang sudah dilakukan baru sebatas meneliti khasiat jahe untuk meredakan sakit asam lambung saja. 

Namun, jika kamu ingin mencoba alternatif ini, bisa-bisa saja. Kamu bisa langsung mengonsumsi jahe dengan cara mengunyahnya langsung atau menyeduhnya dengan campuran air hangat dan madu. 

Sebaiknya konsumsi ramuan jahe dalam jumlah yang sedikit dulu, ya. Sebab, jika jumlahnya terlalu banyak juga bisa menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan penyakit maag. Apabila kamu merasa ada perubahan, kamu bisa meneruskan pengobatan ini secara rutin. 

Temulawak

Tanaman temulawak juga dipercaya efektif meredakan masalah pada saluran pencernaan dan hati. Beberapa manfaat temulawak yakni untuk mengatasi iritasi pada pencernaan, mengatasi perut kembung, nyeri ulu hati, mual, dan juga mengatasi gangguan pada lambung. 

Apabila ingin mencoba ramuan temulawak untuk mengatasi nyeri ulu hati boleh-boleh saja, namun sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka panjang, maksimal dikonsumsi selama 18 minggu. 

Sebab, apabila temulawak dikonsumsi berlebihan juga bisa menyebabkan efek yang kurang baik untuk pencernaan. 

Untuk membuat ramuan ini, cuci bersih temulawak dan iris, kemudian rebus irisan temulawak tersebut dan minum air rebusan satu kali sehari hingga rasa nyeri pada ulu hati mulai menghilang. 

Kunyit

Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit dipercaya efektif mengatasi beberapa masalah seperti tukak lambung yang menimbulkan nyeri pada ulu hati.

Diketahui jika kurkumin memiliki sifat anti radang, antioksidan, antivirus, antibakteri, dan anti kanker yang efektif mengatasi masalah pada lambung. 

Perlu diperhatikan apabila mengonsumsi kunyit juga tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti gangguan jantung, alergi gangguan hati, dan juga pencernaan. 

Rekomendasi dosis penggunaan kunyit untuk mengatasi masalah lambung adalah ½ sendok teh bubuk kunyit per hari. Kamu bisa menyeduhnya bersama campuran air dan minum hingga perut terasa lebih nyaman. 

Daun mint

Daun mint juga dipercaya bisa mengatasi masalah pada pencernaan, seperti nyeri ulu hati, sakit perut, mual, muntah, kram perut, kembung, sulit BAB, dan meningkatnya produksi gas di lambung. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 diketahui sebanyak 75% penderita gangguan lambung yang mengonsumsi daun mint selama 4 minggu kondisinya semakin membaik. 

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, seduh daun mint dengan air dan teh dan minum secara teratur hingga nyeri pada ulu hati mulai mereda. 

Itu dia beberapa ramuan obat tradisional sakit ulu hati yang bisa dicoba di rumah. Selalu perhatikan dosis penggunaannya, ya.

Apabila nyeri ulu hati tak kunjung reda, sebaiknya segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *