Cara Menghentikan Pendarahan dan Perawatan Luka Besar

Perawatan luka besar maupun kecil sangat penting dilakukan dengan maksimal untuk menghindari infeksi. Tak jarang luka terbuka kembali mengalami pendarahan, dan sebagian besar orang menjadi panik karenanya. 

Ketika menghadapi kondisi seperti demikian, diperlukan sikap tenang agar perawatan luka tidak dilakukan secara asal. Apabila pendarahan semakin parah maka dibutuhkan perhatian medis dengan segera. 

Jenis-jenis luka

Luka besar terbagi dalam dua jenis, yaitu terbuka dan tertutup. Luka terbuka berarti jaringan internal terpapar ke lingkungan, dan cenderung mengeluarkan darah. Pada luka tertutup, kerusakan dan pendarahan terjadi di bawah kulit sehingga menghasilkan memar. 

Luka terbuka bisa terjadi karena jatuh, trauma benda tumpul, dan pasca-operasi. Beberapa jenis luka terbuka antara lain:

  • Abrasi, terjadi ketika kulit bergesekan dengan permukaan kasar. Contohnya lecet krn terjatuh di jalan
  • Laserasi atau kulit robek
  • Avulsi, kulit dan jaringan di bawah kulit robek. Dpat terjadi akibat insiden kekerasan, seperti ledakan, serangan hewan, atau kecelakaan kendaraan bermotor
  • Luka tusuk
  • Luka irisan atau sayatan, bisa karena kecelakaan yang melibatkan benda tajam atau pasca prosedur bedah

Cara menghentikan pendarahan pada luka terbuka

Luka terbuka ringan atau akut, seperi lecet tidak memerlukan perawatan khusus. Anda bisa memberishkan dan mengobatinya di rumah. Pada luka besar parah yang mengeluarkan banyak darah, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahan. 

Berikut cara menghentikan pendarahan pada luka terbuka:

  1. Beri tekanan lembut pada luka secara langsung dengan kain bersih, tisu, atau kain kasa sampai pendarahan berhenti
  2. Jika darah merembes melalui kain, jangan singkirkan material tersebut. Tambahkan lebih banyak kain di atasnya dan terus berikan tekanan
  3. Jika luka terletak di lengan atau tungkai, angkat tungkai di atas jantung jika memungkinkan untuk membantu memperlambat pendarahan
  4. Cuci kembali tangan Anda setelah memberi pertolongan pertama dan sebelum membersihkan serta membalut luka
  5. Jangan memasang torniket kecuali pendarahannya parah dan tidak bisa dihentikan dengan tekanan langsung

Setelah pertolongan pertama, segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

Cara merawat luka besar dengan benar

Jika pendarahan tidak terlalu parah, perawatan luka besar bisa ditangani sendiri. Penting untuk membersihkan luka dengan benar untuk mencegah luka terpapar bakteri atau kotoran yang dapat memicu infeksi. 

Berikut ini lima langkah mudah perawatan luka besar:

  1. Mencuci tangan

Sebelum membersihkan luka, cuci tangan dengan sabun lalu kenakan sarung tangan sekali pakai sebagai ekstra perlindungan. Tangan yang bersih membantu luka terhindar dari infeksi.

  1. Menekan luka dengan lembut

Jika luka mengalami pendarahan, lakukan tindakan penhentian pendarahan seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika pendarahan tidak kunjung berhenti, segera hubungi dokter untuk meminta pertolongan medis.

Lewati langkah ini jika luka tidak atau hanya sedikit mengeluarkan darah.

  1. Bilas luka dengan air

Bersihkan luka dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Gunakan kain lembut dan sabun untuk membersihkan area di sekitar luka, lalu bilas hingga bersih untuk mencegah iritasi. 

Buang sisa kotoran yang masih menempel di sekitar luka dengan penjepit yang telah dicuci dengan isopropil alkohol. Jangan congkel kotoran di area yang terluka atau membersihkannya dengan hidrogen peroksida atau yodium karena dapat merusak jaringan kulit. 

  1. Lindungi luka

Oleskan krim antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi. Anda bisa menggunakan antibiotik kulit dijual bebas, namun konsultasikan penggunaannya dengan apoteker terlebih dahulu. 

Setelah itu balut luka dengan perban. Ganti perban setiap hari untuk menjaga luka tetap bersih dan kering. 

Jika Anda masih kesulitan melakukan perawatan luka besar, Anda bisa meminta bantuan dokter untuk diajarkan cara perawatannya dengan tepat. Tanyakan cara merawat dan membersihkan luka kepada dokter melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Download sekarang di App Store atau Google Play Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *