Gatal Karena Alergi? Atasi dengan Obat Gatal Kulit Ini

Beberapa dari Anda mungkin memiliki alergi terhadap beberapa zat tertentu. Ada beberapa reaksi yang bisa muncul saat alergi sedang kambuh, salah satunya gata-gatal di kulit. Apabila hal ini terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat gatal kulit khusus alergi.

Memilih obat gatal untuk mengatasi alergi harus disesuaikan dengan lokasi rasa gatal. Gatal yang dirasakan di kulit bisa diatasi baik dengan obat dokter ataupun obat alergi di apotek.

Penyebab gatal-gatal di kulit

Reaksi alergi berupa gatal di kulit bisa timbul apabila Anda melakukan kontak langsung dengan faktor pemicu. Selain itu, rasa gatal juga bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  • Pilek atau flu
  • Gigitan serangga
  • Kulit kering
  • Penyakit kulit, seperti eksim
  • Kontak dengan zat kimia berbahaya
  • Kontak dengan tumbuhan beracun
  • Infeksi jamur dan bakteri
  • Ruam kulit

Sebelum memilih obat gatal kulit, sebaiknya ketahui lebih dulu faktor penyebab gatal. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat menentukan jenis obat yang paling cocok untuk meredakan rasa gatal di kulit Anda.

Jenis obat gatal kulit akibat alergi

Secara khusus, ada beberapa obat alergi yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal di kulit. Obat-obat tersebut antara lain:

  • Antihistamines

Jenis obat yang satu ini sebenarnya tidak hanya dapat mengobati rasa gatal di kulit, tetapi juga reaksi alergi lainnya seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, mata berair, dan lain sebagainya. Beberapa obat alergi antihistamines yang cukup populer adalah Claritin, Benadryl, Allegra, dan lain sebagainya.

Obat alergi antihistamines biasanya bisa Anda dapatkan langsung dengan membelinya di apotek. Akan tetapi, apabila obat jenis ini kurang ampuh dalam mengatasi gatal di kulit Anda, Anda mungkin perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

  • Hydrocortisone

Hydrocortisone merupakan jenis obat gatal kulit untuk menenangkan rasa gatal akibat alergi. Obat ini berbentuk krim atau salep yang bisa dioleskan langsung ke bagian-bagian kulit yang terasa gatal.

Krim antigatal biasanya mengandung hydrocortisone setidaknya 1%. Jumlah ini merupakan jumlah yang standar untuk mengobati gatal pada kulit. Sebaiknya, batasi pemakaian ini hanya dalam waktu singkat dan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

  • Obat antijamur

Dalam beberapa kasus, rasa gatal mungkin timbul karena adanya pertumbuhan jamur pada sel kulit Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menggunakan obat antijamur khusus.

Obat antijamur biasanya hadir dalam bentuk salep dan shampo. Obat ini juga dapat hadir dalam bentuk pil, tapi biasanya hanya diberikan untuk penderita yang mengalami reaksi alergi cukup parah.

Beberapa jenis obat antijamur yang umum digunakan untuk mengatasi gatal di kulit meliputi Terbinafine dan Lamisil.

  • Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan obat yang digunakan untuk menambah kadar hormon steroid. Obat ini umumnya hadir dalam bentuk obat oral, namun juga tersedia dalam bentuk salep atau krim untuk mengatasi rasa gatal.

Salep dengan kandungan kortikosteroid secara khusus diberikan pada penderita gatal yang bukan sekedar alergi, tetapi juga mengalami penyakit kulit tertentu seperti eksim. Salep ini juga bisa Anda jadikan obat gatal kulit apabila rasa gatal akibat alergi terasa tak tekendali.

Jika Anda memiliki alergi yang menimbulkan reaksi berupa gatal di kulit, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter mengenai obat yang cocok untuk dikonsumsi. Kulit yang sensitif bisa saja mengalami reaksi yang makin parah setelah menggunakan obat gatal kulit tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *