Ini Penyebab Ketiak Gatal dan Menghitam

Ada beberapa penyebab ketiak gatal yang bisa terjadi

Munculnya rasa gatal pada ketiak bisa menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman, kondisi ini bahkan bisa mengganggu konsentrasi pada saat seseorang tersebut menjalani aktivitas sehari-hari. Ketiak gatal pada umumnya bisa diatasi dengan cara sederhana, namun sebelum itu ada baiknya seseorang perlu mengetahui penyebab munculnya kondisi ini.

Mengetahui penyebab munculnya rasa gatal pada ketiak bisa menjadi acuan atau dasar seseorang dalam memilih cara dalam mengatasinya. Kondisi ini memang mudah muncul dan terjadi karena ketika merupakan salah satu area tubuh dengan kondisi sangat lembab dan hangat. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena ketiak yang kurang bersih.

Penyebab Ketiak Gatal

Beberapa kondisi khusus seperti misalnya infeksi jamur atau bakteri juga dapat memicu kondisi yang membuat ketiak terasa gatal. Kondisi ini bahkan memerlukan penanganan tersendiri dengan obat, selain itu tak hanya rasa gatal. Keadaan demikian bahkan bisa memunculkan kondisi lain seperti munculnya ruam dan bengkak, berikut beberapa penyebab yang perlu diketahui.

  • Bekas Mencukur

Khusus bagi perempuan, salah satu menjaga ketiak bisa dengan cara mencukur rambut atau juga biasa disebut dengan bulu ketiak. Aktivitas ini bisa mengikis sedikit kulit yang terdapat di bagian terluar hingga menyebabkan iritasi, selain itu bisa juga memunculkan rasa gatal jika terus menerus dilakukan bahkan membuat ketiak menghitam.

  • Deodorant Antiperspirant

Deodorant dan antiperspirant adalah dua jenis yang berbeda, fungsi deodorant adalah agar membuat keringat tidak bau dan menyengat. Sementara itu antiperspirant menjaga agar ketiak tidak mengeluarkan keringat, keduanya memiliki bahan yang bisa membuat reaksi iritasi dan alergi pada kulit dan membuatnya menjadi terlihat gelap.

  • Baju Terlalu Kasar

Menggunakan baju berbahan kasar dan terlalu ketat bisa menyebabkan ketiak terasa gatal, hal ini disebabkan karena terdapat bagian ketiak yang tipis dan sensitif. Baju yang berbahan kasar bisa menyebabkan rasa gatal, selain itu baju yang ketat jug akan menggesek kulit ketiak sehingga menimbulkan rasa gatal hingga munculnya iritasi.

  • Sabun dan Pewangi

Selain karena fungsinya bisa membuat wangi pakaian, sabun mandi dan pewangi deterjen yang terlalu wangi justru menyebabkan rasa gatal di ketiak. Iritasi bisa muncul pada bagian kulit yang sensitif, sangat disarankan untuk menggunakan deterjen dan sabun mandi dengan wangi yang tidak terlalu menyengat.

  • Infeksi Bakteri dan Jamur

Kulit pada ketiak sangat bisa mengalami infeksi jamur dan bakteri, hal ini terjadi ketika cuaca panas dan lembab. Kondisi tersebut mengakibatkan keringat berkumpul di lipatan kulit, di mana merupakan suatu kondisi yang ideal bagi bakteri maupun jamur untuk dapat berkembang dan hidup. Untuk mengatasi kondisi, salah satu cara yang bisa dilakukan gunakan sabun antibakteri.

  • Malas Mandi

Pada umumnya, seseorang setelah melakukan aktivitas sehari-hari akan mandi untuk menghilangkan keringat dan kuman di tubuh. Ketiak menjadi salah satu tempat yang paling bagus bagi bakteri dan jamur untuk berkembang, jika seseorang tidak mandi setelah beraktivitas seharian. Hal ini juga bisa menjadi penyebab munculnya gatal pada ketiak.

  • Acanthosis

Merupakan kondisi di mana kulit menjadi tebal dan gelap pada lipatan kulit ketiak, hal ini sering terjadi pada orang yang menderita penyakit diabetes, hipotiroidisme dan orang yang menggunakan alat kontrasepsi oral hingga orang yang mengalami penyakit Addison. Ketiak gatal juga bisa disebabkan karena kondisi ini selain bisa membuatnya menjadi menghitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *