Kegunaan Obat Piperazine dan Efek Sampingnya

Kegunaan Obat Piperazine dan Efek Sampingnya

Cacingan memang kondisi yang kadang muncul tanpa disadari. Tidak hanya menginfeksi orang dewasa tapi juga anak-anak. Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya bisa dengan mengonsumsi obat. Salah satu obat untuk mengatasi infeksi cacing adalah piperazine.

Obat yang stau ini dapat digunakan untuk menangani infeksi cacing gelang, maupun cacing kremi. Cara kerjanya adalah dengan melumpuhkan cacing kemudian akan dikeluarkan bersama feses.

Mengenal Obat Piperazine

Obat piperazine ini termasuk dalam obat anthelmintics, yaitu obat untuk mengobatan infeksi cacing. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter.

Obat ini bisa diminum dengan atau tanpa makanan, alias bisa dalam kondisi perut kosong atau berisi. Akan tetapi, jika dokter memberikan instruksi tertentu, tentu arahan dokter harus diikuti dengan persis.

Penting juga untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang ditentukan oleh dokter. Jangan minum dengan dosis yang melebihi anjuran dokter. Hal ii menimbulkan efek samping yang mungkin saja serius.

Konsumsi obat untuk orang dewasa dan anak-anak tentu saja berbeda. Pastikan agar berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Efek Samping Piperazine

Seperti kebanyakan obat pada umumnya, obat ini juga memiliki efek samping tertentu yang sifatnya individual. Namun, jika efek samping yang dirasakan berlebihan, maka harus segera ditangani oleh dokter.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi, namun jarang, adalah mual, sakit perut, muntah, sakit kepala, diare, pusing, kebingungan, hingga ruam kulit.

Ada pula efek samping yang serius yang mungkin disebabkan oleh obat cacing ini. Jika beberapa kondisi ini dirasakan, segera cari bantuan medis. Adapun efek samping serius tersebut seperti:

  • Kesemutan
  • Penglihatan kabur
  • Adanya gangguan gerakan tubuh
  • Terasa nyeri sendi
  • Mengalami ruam kulit atau gatal
  • Wajah, lengan, kaki dan bagian lainnya terasa seperti dipelintir
  • Mengalami demam

Atau ada juga mungkin efek samping yang tidak disebutkan di atas, namun jika terasa segeralah konsultasikan ke dokter.

Peringatan Sebelum Menggunakan Piperazine

Tentu saja ada berbagai risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan obat ini. Jadi penting untuk memberitahukan dokter terkait kondisi kesehatan pasien. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Alergi

Jika Anda memiliki berbagai reaksi alergi terhadap obat ini maupun obat lainnya, tentu Anda harus memberitahu dokter terlebih dahulu. Ceritakan pula jika Anda memiliki alergi terhadap makanan, alergi hewan, atau pewarna dan sebagainya. Jika obat tanpa resep, Anda bisa membaca informasi lebih lengkap pada label kemasan obat.

  • Lansia

Sebenarnya hingga kini belum ada penelitian yang membahas mengenai masalah khusus pada lansia akibat konsumsi obat ini. Akan tetapi, pasien berusia lanjut mungkin saja mengalami halusinasi seperti melihat, merasa, atau bahkan mendengar. Sehingga perlu berhati-hati saat mengonsumsinya.

  • Anak-anak

Anak-anak juga mungkin sangat sensitif terhadap efek dari piperazine ini. Hal ini karena ada berbagai kemungkinan terkait efek samping yang dirasakan selama pengobatan.

  • Ibu Hamil dan Menyusui

Sedangkan pada ibu hamil dan menyusui, belum ada informasi yang memadai terkait keamanan menggunakan obat ini. Oleh sebab itulah, jika ibu hamil atau menyusui perlu untuk mengonsumsi obat piparezine ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait manfaat dan risikonya.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa ada beberapa kondisi medis yang tidak disarankan mengonsumsi obat ini, yaitu pasien yang mengalami gangguan ginjal berat, kehamilan, dan epilepsi.

Interaksi obat juga mungkin saja terjadi ketika obat ini dikonsumsi bersamaan dengan beberapa obat lain. Penting sekali untuk diingat bahwa selalu berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakannya dan hal-hal apa yang dilakukan selama pengobatan. Anda juga dilarang mengurangi dosis atau mengganti obat ini dengan alternatif obat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *