Manfaat dan Cara Pakai Obat Mata Cendo Xitrol

Manfaat dan Cara Pakai Obat Mata Cendo Xitrol

Mata menjadi salah satu anggota tubuh yang rentan terkena penyakit dan infeksi. Beberapa obat tetes mata sering digunakan untuk mengatasinya, salah satunya obat mata Cendo Xitrol.

Meskipun berbentuk obat tetes, Cendo Xitrol tidak sama dengan obat tetes mata lainnya yang dijual di pasaran. Obat ini khusus digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada mata dan tidak bisa digunakan untuk penyebab lainnya, seperti infeksi mata karena jamur, virus, atau parasit. 

Manfaat Obat Mata Cendo Xitrol

Cendo Xitrol adalah obat tetes mata yang mengandung bahan aktif polymyxin dan neomycin, yaitu antibiotik yang berguna mencegah pertumbuhan bakteri. Bahan lain yang terkandung di dalamnya adalah deksametason yang berfungsi mengurangi terjadinya pembengkakan.

Sehingga obat mata Cendo Xitrol sangat tepat untuk mengatasi penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri. Perlu diketahui bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras yang harus menggunakan resep dokter.

Selain itu, penggunaannya juga harus diperhatikan dengan benar dan tidak boleh melebihi dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. Sebelum menggunakan Cendo Xitrol, pastikan ketahui terlebih dahulu penyebab infeksi mata yang Anda alami. 

Cara Pakai Obat Mata Cendo Xitrol

Cara memakai obat mata ini sama seperti obat tetes mata pada umumnya, yakni dengan cara meneteskannya ke mata yang mengalami infeksi bakteri. Akan tetapi, sebaiknya Anda memakainya dengan benar, sebab jika tidak bisa membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi tersebut.

Jika memungkinkan, hanya gunakan obat ini setelah berkonsultasi dengan dokter serta telah diberikan resep dan petunjuk pemakaian yang sesuai dengan keterangan di label kemasan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk cara pakai obat mata Cendo Xitrol yang benar:

  • Cuci bersih tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes
  • Jika Anda menggunakan lensa kontak, pastikan lensa kontak sudah terlepas sebelum memakai obat ini
  • Kocok terlebih dahulu botol obat Cendo Xitrol
  • Pastikan tubuh Anda dalam posisi nyaman: angkat kepala dan lihat ke atas, tarik kelopak mata bawah
  • Posisikan botol tepat di atas mata dan tekan satu tetes ke mata
  • Arahkan kepala ke bawah dan tutup mata perlahan selama 1-2 menit
  • Taruh satu jari di sudut mata dekat hidung dan tekan secara lembut untuk mencegah obat tetes keluar mata
  • Coba untuk tidak berkedip saat meneteskan obat dan jangan menggosok mata
  • Simpan botol di tempat yang bersih dan kering, jauhkan dari sinar matahari langsung.

Untuk orang dewasa, pemakaian obat disesuaikan dengan anjuran dokter atau sebanyak 4-6 kali per hari dengan dosis 1-2 tetes tiap penggunaan. Sementara untuk anak-anak, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis aman pemakaian obat mata Cendo Xitrol pada anak-anak. 

Efek Samping Obat Mata Cendo Xitrol

Semua obat pasti memiliki manfaat dan juga efek samping, tak terkecuali Cendo Xitrol. Meski tidak semua efek samping bisa timbul, namun ketika timbul bisa saja membutuhkan penanganan medis.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah:

  • Mata perih atau terbakar
  • Pandangan buram
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri berdenyut di area mata
  • Kulit gatal
  • Bengkak
  • Kemerahan di mata

Dalam kondisi serius, Cendo Xitrol juga bisa menimbulkan reaksi alergi, terutama jika memiliki alergi tertentu pada salah satu bahan yang ada di dalamnya. Gejala alergi yang bisa timbul seperti ruam, gatal, bengkak di wajah, lidah, dan tenggorokan, sesak napas, dan pusing.

Penggunaan jangka panjang dan berulang juga bisa menyebabkan infeksi mata baru dan dapat meningkatkan risiko terkena masalah mata lainnya, misal glaukoma dan katarak.

Tiap pasien mungkin merasakan gejala efek samping yang berbeda-beda setelah menggunakan Cendo Xitrol. Jika reaksi efek samping yang dirasakan mengkhawatirkan atau mengganggu aktivitas Anda, segera konsultasi dan periksakan ke dokter. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Selain efek samping dan juga cara pakai, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda perhatikan terkait penggunaan obat mata Cendo Xitrol. Meskipun boleh digunakan untuk pasien dewasa dan anak-anak, namun hindari penggunaan obat ini pada ibu hamil maupun menyusui.

Meskipun belum terbukti secara klinis, Cendo Xitrol diketahui termasuk dalam obat kategori D. Artinya, obat ini terbukti bisa menyebabkan risiko tertentu bagi kondisi kehamilan atau janin.

Kemudian, jika Anda mempunyai riwayat penyakit mata sebelumnya, pastikan Anda memberi tahu dokter saat konsultasi. Selain itu, dokter juga wajib untuk mengetahui apakah Anda rutin mengonsumsi vitamin, obat herbal, atau suplemen tertentu.

Karena bisa menimbulkan efek samping yang menyebabkan pandangan jadi buram, sebaiknya Anda tidak melakukan kegiatan yang memerlukan konsentrasi dan fokus tinggi, seperti berkendara, setelah menggunakan obat ini.  

Ikuti semua petunjuk dan panduan baik dari dokter maupun yang tertera di kemasan. Selama Anda tetap disiplin dalam menggunakan obat mata Cendo Xitrol, maka infeksi mata akibat bakteri yang Anda alami bisa disembuhkan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *