Mengapa Kepala Terasa Berat?

Mengapa Kepala Terasa Berat?

Beberapa jenis kondisi dapat menyebabkan sensasi kepala terasa berat, tegang, dan penuh tekanan di kepala. Sensasi tersebut memiliki tingkat intensitas yang beragam, mulai dari ringan hingga parah. Kebanyakan kondisi yang menyebabkan tekanan pada kepala tidak perlu menimbulkan kekhawatiran. Beberapa penyebab umum di antaranya adalah tension headache atau sakit kepala tegang, sebuah kondisi yang memengaruhi sinus, serta infeksi telinga. Namun, tekanan kepala parah atau tidak normal juga dapat menjadi sebuah tanda adanya gangguan medis serius, seperti aneurysm dan tumor otak. Namun, kedua kondisi tersebut jarang dijumpai. 

Kepala terasa berat atau adanya tegangan di kepala memiliki banyak penyebab. Sakit kepala tegang dan sakit kepala sinus merupakan dua kondisi yang paling sering menyebabkan kepala terasa berat

Sakit kepala tegang atau tension headache

Rasa nyeri akibat sakit kepala tegang biasanya bersifat ringan hingga sedang. Beberapa orang akan mendeskripsikan kondisi ini seperti adanya gelang karet yang meremas kepala. Dikenal pula dengan istilah tension-type headache (TTH), sakit kepala tegang merupakan sebuah kondisi sakit kepala paling umum dijumpai. Kondisi ini memengaruhi sekitar 42 persen dari populasi dunia. Namun, penyebab pasti kondisi ini tidak dipahami dengan baik. Beberapa penyebabnya di antaranya adalah stres, kecemasan, depresi, dan postur tubuh yang buruk. 

Sakit kepala sinus dan kondisi sinus lainnya

Kondisi ini terasa seperti adanya tekanan terus menerus di belakang dahi, mata, pipi, rahang dan hidung. Anda juga dapat menderita gejala lain, seperti hidung tersumbat. Ketika sinus meradang, sinus akan memproduksi lendir berlebih, yang dapat menyebabkan tekanan kepala. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan sakit kepala sinus. Penyebabnya adalah alergi, demam dan flu, dan infeksi sinus. 

Kondisi telinga

Kondisi telinga terasa seperti adanya tekanan konstan di telinga, rahang, dan sisi kepala. Kondisi telinga dapat memengaruhi satu atau kedua sisi kepala. Infeksi telinga dan penyumbatan kotoran telinga merupakan kondisi telinga yang paling umum dijumpai, dan dapat menyebabkan tekanan kepala ataupun sakit telinga. Penyebabnya adalah barotrauma telinga, infeksi telinga, penyumbatan kotoran telinga, labyrinthitis, gendang telinga yang pecah, dan infeksi telinga bagian luar. 

Migraine

Rasa nyeri migraine biasanya dideskripsikan sebagai sesuatu yang berdenyut. Kondisi ini biasanya terjadi pada salah satu sisi kepala, dan dapat bersifat sangat intens sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Migraine biasanya ditemani dengan gejala tambahan seperti mual dan muntah, serta sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Migraine merupakan jenis sakit kepala yang lazim dijumpai. Kondisi ini biasanya pertama muncul pada saat awal remaja, dan sering kambuh kembali saat seseorang beranjak dewasa. Penyebab migraine tidak dimengerti secara pasti, namun faktor lingkungan dan genetik berperan dalam terjadinya kondisi ini. 

Tumor otak

Kepala terasa berat juga dapat disebabkan karena tumor otak. Kondisi ini awalnya akan terasa seperti leher atau kepala yang terasa berat. Tumor otak dapat menyebabkan sakit kepala parah dan sering ditemani dengan gejala lain, seperti gangguan ingatan, gangguan penglihatan, dan kesulitan berjalan. Tumor otak terjadi ketika sel tumbuh dan berkembang biak untuk membentuk masa tidak normal di otak. Tumor otak merupakan sebuah kondisi yang jarang dijumpai. 

Penyebab kepala terasa berat yang paling sering dijumpai adalah sakit kepala tegang dan sakit kepala sinus. Kedua kondisi ini mudah diatasi dengan perawatan yang cepat dan tepat. Dalam kasus yang langka, kepala terasa berat dapat menjadi tanda adanya kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti tumor otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *