Mengenal Jenis-Jenis Tes di Laboratorium Terdekat

Mengenal Jenis-Jenis Tes di Laboratorium Terdekat

Berbagai pemeriksaan kesehatan tidak hanya dilakukan di rumah sakit, tetapi bisa juga di laboratorium. Anda bisa mencari laboratorium terdekat dari tempat tinggal Anda untuk menjalani pemeriksaan dengan lebih mudah.

Ada banyak sekali tes yang bisa dilakukan di laboratorium. Setiap laboratorium mungkin menetapkan prosedur serta biaya yang berbeda-beda. Karena itu, Anda perlu melakukan riset sebelum melakukan pemeriksaan di sana.

Apa yang terjadi di laboratorium?

Laboratorium pada dasarnya menjadi tempat bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini dapat berupa pemeriksaan melalui darah, urin, jaringan tubuh tertentu, dan lain sebagainya.

Hasil dari tes ini nantinya akan membantu dokter untuk melakukan diagnosa. Dengan begitu, dokter bisa menentukan apa kira-kira penyebab serta upaya pengobatan yang tepat bagi kondisi Anda. 

Macam-macam tes di laboratorium terdekat

Umumnya, laboratorium memberikan layanan pemeriksaan kesehatan untuk membantu mengenali kondisi kesehatan Anda. Hasil tes bisa dibawa saat melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter nantinya bisa memberikan diagnosa berdasarkan hasil tes tersebut.

Sebelum mengunjungi laboratorium terdekat, kenali dulu jenis-jenis tes di laboratorium, yaitu:

  • Tes serologi

Tes serologi merupakan tes darah yang digunakan untuk mencari antibodi dalam darah Anda. Tes ini biasanya digunakan untuk mendiagnosa berbagai jenis penyakit.

Seluruh jenis tes serologi memiliki persamaan, yaitu berfokus pada protein yang dibentuk oleh sistem kekebalan tubuh Anda. Protein ini dibentuk saat sistem kekebalan tubuh Anda sedang berupaya melawan serangan dari pemicu infeksi tertentu.

Karena tes ini merupakan tes darah, maka prosedurnya melibatkan pengambilan sampel darah melalui jarum suntik. Pengambilan darah ini cukup cepat, dan efek samping yang ditimbulkan pun cenderung ringan.

  • Tes biokimia

Tes biokimia dilakukan untuk mengidentifikasi spesies bakteri pada tubuh Anda. Cara kerjanya dengan membedakan bakteri berdasarkan aktivitas biokimia.

Ada banyak jenis bakteri yang bisa diuji melalui tes biokimia. Proses identifikasi bakteri ini akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti metabolisme karbohidrat, perbedaan metabolisme protein dan lemak, produksi enzim, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis tes yang termasuk sebagai tes biokimia adalah tes oksidasi, tes katalase, dan tes indole.

  • Tes hematologi

Ketika mengunjungi laboratorium terdekat, Anda mungkin akan melihat adanya pilihan jenis tes hematologi. Jenis tes yang satu ini melibatkan proses diagnosa dan pengobatan pada pasien yang mengalami kelainan pada fungsi darah dan sumsum tulang.

Hasil dari tes jenis ini akan mempengaruhi proses diagnosa serta upaya perawatan yang tepat bagi pasien. Kondisi ini bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.

Beberapa kondisi yang berhubungan dengan masalah hematologi berupa anemia, thalasemia, thrombosis, kanker darah, gangguan pendarahan, dan lain sebagainya.

  • Tes X-ray

X-ray merupakan salah satu jenis tes pencitraan yang umum dilakukan untuk mendeteksi kondisi di bagian dalam tubuh. Ketika berkunjung ke laboratorium terdekat, Anda mungkin akan melihat adanya pilihan layanan tes X-ray.

Tes ini biasanya dilakukan di area yang dirasa mengalami gejala atau terkena kondisi tertentu. Hasil X-ray bisa membantu dokter untuk melihat bagian dalam tubuh Anda tanpa perlu melakukan pembedahan.

Prosedur tes jenis ini dilakukan dengan berdiam dalam satu posisi, sementara alat mengambil gambar tubuh Anda melalui sensor dari beberapa sisi. 

Setiap laboratorium memberikan layanan pemeriksaan yang berbeda-beda. Hubungi laboratorium terdekat di tempat tinggal Anda untuk mencari tahu jenis pelayanan yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *