Mengenal Kaligata Kronis dan Obat Kaligata

Kaligata adalah bilur merah dan gatal pada kulit yang disebabkan oleh reaksi alergen. Alergen merupakan hal-hal yang dapat menimbulkan terjadinya alergi. Kondisi ini disebut dengan nama kaligata kronis apabila bilur merah muncul dalam waktu lebih dari 6 bulan dan terus terjadi berulang kali selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Penyebab kaligata kronis sering tidak diketahui. Kaligata kronis dapat terasa tidak nyaman dan mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari. Bagi kebanyakan orang, antihistamine dan obat anti gatal menjadi obat kaligata yang efektif.

Gejala dan penyebab

Tanda dan gejala kaligata kronis di antaranya adalah bercak atau bilur kemerahan pada kulit yang dapat muncul di bagian tubuh manapun; bilur memiliki beragam ukuran, dapat berubah bentuk, dan muncul/hilang secara berulang; bercak kemerahan terasa gatal; pembengkakan pada bibir, kelopak mata, dan bagian tenggorokan yang menyakitkan; gejala dapat berubah menjadi lebih parah ketika terpapar panas dan stres; dan gejala muncul selama lebih dari 6 bulan dan dapat muncul kembali tiba-tiba selama bertahun-tahun. Hubungi dokter apabila Anda menderita kaligata kronis yang terus ada setelah berhari-hari. Dokter akan melakukan pemeriksaan, diagnosa, dan memberikan pilihan obat kaligata yang sesuai dengan kondisi Anda. Kaligata kronis tidak menempatkan Anda memiliki risiko lebih tinggi menderita reaksi alergi yang serius (anaphylaxis). Namun, apabila kaligata muncul sebagai bagian dari reaksi alergi serius, cari bantuan kegawatdaruratan medis secepatnya. Tanda dan gejala anaphylaxis adalah pusing, kesulitan bernapas, dan pembengkakan pada bibir, kelopak mata, dan lidah.

Bilur yang disebabkan karena kaligata muncul ketika beberapa sel-sel tertentu melepaskan histamine dan zat kimia lain di aliran darah Anda. Dokter sering tidak bisa mengidentifikasi alasan kenapa kaligata kronis terjadi, atau mengapa kaligata akut terkadang berubah menjadi gangguan kesehatan jangka panjang. Reaksi kulit tersebut dapat dipicu oleh obat-obatan penghilang rasa sakit, parasite atau serangga, infeksi, luka, panas atau dingin, stres, cahaya matahari, latihan atau olahraga, alkohol atau makanan, dan tekanan pada kulit. Dalam beberapa kasus tertentu, kaligata kronis dapat berhubungan dengan kondisi penyakit tertentu, seperti penyakit thyroid dan kanker.

Perawatan

Dokter biasanya akan merekomendasikan Anda merawat gejala kaligata menggunakan obat kaligata home remedies, seperti antihistamine OTC. Apabila perawatan diri tidak efektif, diskusikan dengan dokter agar mendapatkan obat kaligata yang diresepkan.

Meminum pil antihistamine yang tidak menyebabkan kantuk setiap hari dapat membantu menghambat pelepasan histamine yang dapat memproduksi gejala kaligata. Apabila antihistamine tidak bekerja dengan baik, dokter dapat meningkatkan dosis dan atau mencoba antihistamine tipe lain seperti doxepin dan hydroxyzine pamoate. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila Anda ingin mencoba obat-obatan tersebut, terutama apabila Anda sedang hamil, menyusui, memiliki kondisi medis kronis, atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Jika obat kaligata antihistamine saja tidak cukup dalam mengurangi gejala yang ditimbulkan, obat lain seperti penghambat histamine (H2) dapat membantu. Obat-obatan anti peradangan, seperti prednisone (kortikosteroid oral), dapat membantu mengurangi pembengkakan, tanda-tanda kemerahan, dan gatal-gatal. Obat anti peradangan ini biasanya hanya digunakan untuk pengobatan jangka pendek kaligata kronis atau angioedema, karena obat kaligata jenis ini dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain obat kaligata tersebut, perubahan gaya hidup seperti menghindari alergen, memakai tabir surya sebelum keluar rumah, dan memakai pakaian yang longgar perlu dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *