Mengenali Ketoasidosis Alkoholik lewat Gejala-gejala Ini

Mengenali Ketoasidosis Alkoholik lewat Gejala-gejala Ini

Pernahkah Anda tiba-tiba merasa lemas dan tidak bertenaga? Kondisi ini umumnya terjadi karena kurangnya glukosa pada darah sehingga tidak ada yang bisa lemak maupun gula yang bisa dibakar oleh tubuh untuk menjadi energi. Kondisi ini salah satunya dipicu jika Anda menderita ketoasidosis alkoholik. 

Ketoasidosis alkoholik merupakan penumpukan salah satu zat asam atau keton dalam darah yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Penyebab dari munculnya masalah ini umumnya karena pengonsumsian minuman beralkohol berlebihan dalam jangka panjang yang pada akhirnya memicu malnutrisi. Kondisi ini bisa berbahaya bagi keselamatan Anda jika tidak ditangani terus-menerus sehingga pergi ke dokter dan memperoleh penanganan medis merupakan langkah yang bijak. 

Anda mungkin ragu apabila rasa lemas dan tidak bertenaga Anda digolongkan sebagai ketoasidosis alkoholik dan mesti ke dokter atau tidak. Supaya lebih yakin, perhatikan gejala-gejala lain dari ketoasidosis alkoholik, seperti di bawah ini, yuk!

  1. Lelah Berlebih 

Rasa lelah yang muncul pada diri Anda memang tidak serta-merta langsung digolongkan ke kondisi ketoasidosis alkoholik. Lelah yang timbul akibat kelebihan zat asam atau keton karena penggunaan alkohol ini umumnya lebih parah daripada lelah ketika Anda terlalu banyak kegiatan. Lelah yang berlebih dari ketoasidosis alkoholik pun tidak bisa hilang, walaupun Anda sudah beristirahat banyak. Bahkan ketika bangun tidur pun, Anda dapat merasa lelah yang sangat membebani. 

  1. Linglung 

Kurangnya glukosa dalam darah tidak hanya membuat Anda merasa lelah. Anda pun akan mudah merasa gelisah ketika mengalami kondisi ini. Penderita-penderita ketoasidosis alkoholik bahkan mengaku kerap merasa linglung ketika harus melakukan kegiatan. Kelinglungan ini paling sering muncul ketika hendak melakukan suatu keputusan. 

  1. Sakit Perut

Jangan meremehkan sakit perut. Apabila sakit perut timbul dengan frekuensi cukup sering dan tanpa penyebab salah makan, bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala dari ketoasidosis alkoholik. Terganggunya produksi dan penyerapan glukosa karena masalah pankreas dari penyakit tersebut memang kerap membuat  perut tidak nyaman dan terasa nyeri. 

  1. Gerakan Melambat 

Gejala yang cukup khas dari kondisi ketoasidosis alkoholik adalah melambatnya gerakan pada bagian tubuh Anda. Anda mungkin tiba-tiba tidak bisa berlari dengan cepat ataupun memerlukan usaha ekstra untuk sekadar memalingkan kepala. Gejala ini terjadi karena glukosa yang kurang ikut berpengaruh ke respons otak sehingga membuat gerakan bagian tubuh melambat. Semakin lambannya gerakan yang Anda alami, kondisi ketoasidosis alkoholik yang Anda alami mesti semakin diwaspadai. 

  1. Masalah Pernapasan 

Penderita ketoasidosis alkoholik juga cenderung mengalami gejala gangguan pernapasan. Masalah pernapasan yang kerap dirasakan adalah napas yang mendadak tidak teratur. Kebanyakan penderita ketoasidosis alkoholik mengalami napas yang cepat dan dalam sehingga terlihat seperti terengah-engah. 

  1. Dehidrasi 

Gejala lainnya yang sangat mengarah ke kondisi ketoasidosis alkoholik adalah dehidrasi. Anda bisa sangat merasa pening dan pusing karena merasa kehausan. Namun persoalannya, dehidrasi yang menimpa Anda akan sangat mudah terjadi, meskipun Anda sudah mengonsumsi banyak cairan. Anda akan sering merasa kehausan tanpa sebab. 

  1. Kehilangan Nafsu Makan 

Tidak bekerjanya pankreas dengan baik sehingga menimbulkan masalah pencernaan pun akan turut membuat Anda tidak berselera makan. Ketoasidosis alkoholik akan membuat penderitanya malas untuk makan sehingga membuat gejala lain bertambah berat.

  1. Mual dan Muntah 

Anda juga bisa mengalami mual dan muntah akibat ketoasidosis alkoholik. Gejala ini terjadi sebagai imbas masalah pencernaan yang ditimbulkan dari penyakit ini. Mual dan muntah akan semakin sering Anda alami karena perut kosong akibat hilangnya nafsu makan. 

*** 

Jangan ragu untuk segera ke dokter jika mendapati gejala ketoasidosis alkoholik pada diri Anda. Penanganan cepat akan menghindarkan Anda dari komplikasi lain yang mungkin timbul akibat kondisi ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *