Penyebab Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Penyebab Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Sakit gigi adalah salah satu penyakit umum yang sering dialami oleh semua orang. Penyebab sakit gigi bisa dikarenakan akibat kebiasaan hidup yang kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Pada dasarnya, sakit gigi adalah rasa sakit di dalam atau di sekitar gigi. Berikut beberapa hal yang umumnya menjadi penyebab sakit gigi:

  • Gigi berlubang

Gigi yang berlubang disebabkan oleh kerusakan pada gigi akibat makan-makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, nasi, sereal, susu, soda, buah-buahan, kue, atau permen yang menetap ada gigi Anda. Bakteri dalam mulut dapat mengubah sisa makanan tersebut menjadi asam. Kombinasi bakteri, asam, sisa makanan, dan air liur menyebabkan pembentukan plak yang menempel pada gigi. Asam di plak tersebut larut dalam enamel sehingga membuat gigi berlubang.

  • Abses gigi

Abses gigi merupakan kantung berisis nanah yang terbentuk di akar pada gigi yang mengalami infeksi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh gigi berlubang atau kerusakan gigi, penyakit gusi, atau gigi retak. Jika tidak segera ditangani, infeksi ini dapat membunuh saraf dan menyebabkan abses gigi sehingga sakit gigi bisa terjadi.

  • Fraktur gigi

Fraktur gigi merupakan kondisi gigi yang retak atau patah. Kondisi ini dapat menimbulkan sakit gigi dan pembengkakan, tergantung pada tipe fraktor yang dialami. Jenis fraktur gigi, antara lain retakan berupa garis halus, patah di mahkota gigi, gigi retak seluruhnya, gigi patah menjadi dua, dan fraktur gigi vertikal.

  • Tambalan gigi yang rusak

Tambalan gigi digunakan untuk mengganti struktur gigi yang rusak. Tambalan ini akan membantu gigi kembali berfungsi dengan normal selama beberapa tahun. Namun, jika tambalan gigi sewaktu-waktu dapat rusak dan kondisi ini tidak dapat dihindari. Jika tambalan gigi yang rusak tidak diperbaiki, bakteri dapat masuk pada sela-sela gigi yang sebelumnya diisi oleh tambalan sehingga menyebabkan sakit gigi.

  • Infeksi gusi

Bakteri dari plak gigi yang menggunung dapat menyebabkan gusi menjadi meradang dan mudah berdarah saat menyikat gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi gusi dan jika tidak segera ditangani, infeksi gusi dapat menyebabkan sakit gigi dan gigi mengendur dari gusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *