Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Infused Water Semangka

Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Infused Water Semangka

Buah semangka seringkali dianggap sebagai buah yang menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Ada banyak cara konsumsi semangka yang bisa Anda coba, salah satunya dengan mengolahnya menjadi infused water semangka. 

Infused water adalah air yang telah ditambahkan rasa dari buah-buahan segar, sayuran, dan rempah-rempah. Air ini berbeda dengan jus yang diolah langsung dari buah-buahan karena mayoritas masih didominasi oleh kandungan air. 

Dibandingkan dengan jus, infused water memiliki kadar kalori yang lebih rendah namun nutrisi yang menyehatkan. 

Mengenal manfaat infused water semangka

Pada dasarnya, infused water memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ditambah lagi, infused water semangka juga mengandung nutrisi yang berasal dari buah semangka. Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar lagi dengan mengonsumsi ini.

Keuntungan konsumsi infused water semangka antara lain:

  • Menghidrasi kulit

Infused water terdiri atas bahan utama air. Sama seperti air pada umumnya, infused water mampu menghidrasi kulit dengan lebih baik dengan rasa yang lebih enak, yaitu rasa semangka. 

Melalui konsumsi infused water, sel dan jaringan di dalam tubuh Anda juga bisa lebih terpelihara dengan baik. Dengan begitu, kulit Anda pun ikut terhidrasi dengan baik, bahkan membantu juga dalam memperlambat proses penuaan. 

Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mengonsumsi infused water dengan rutin dan secara berkala, seperti mengonsumsi air mineral. 

  • Menurunkan berat badan

Banyak orang mengganti air mineral dengan infused water saat sedang menjalani proses diet. Salah satu buah yang cukup umum digunakan untuk infused water saat berdiet adalah semangka. 

Salah satu manfaat dari infused water adalah kemampuannya untuk menurunkan berat badan. Kemampuan ini didapatkan dari kandungan dalam infused water yang bekerja dengan membakar lemak lebih banyak dan memberikan rasa kenyang yang lebih cepat. 

Jadi, bila Anda meminum infused water satu jam sebelum makan, konsumsi makanan Anda akan berkurang, sehingga berkontribusi dalam menurunkan berat badan. 

  • Kaya akan antioksidan

Tubuh manusia memerlukan antioksidan untuk bisa menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi sel dan jaringan dalam tubuh. Antioksidan dalam infused water semangka berasal dari berbagai kandungan mineral, seperti magnesium dan kalium. 

Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan yang lebih besar lagi apabila infused water semangka dicampurkan juga dengan tambahan buah lainnya, seperti lemon, jeruk nipis, dan mint

  • Melancarkan pencernaan

Kemampuan infused water untuk memperlancar pencernaan juga menjadi salah satu faktor yang berkontribusi dalam mengendalikan berat badan ketika diet. Infused water yang ditambahkan dengan jahe secara khusus akan sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.

Anda bisa meminum segelas infused water semangka dalam keadaan perut kosong di pagi hari. Hal ini akan membantu mempertahankan gerakan usus yang teratur sepanjang hari, menghindari rasa sakit perut. 

  • Meningkatkan energi 

Dehidrasi bisa mengakibatkan suasana hati yang buruk serta penurunan level konsentrasi dan energi. Karena itu, konsumsi infused water bisa membantu mengatasi dehidrasi sekaligus mengembalikan energi Anda. 

Orang-orang yang lebih banyak minum cenderung merasa lebih bahagia dan penuh energi. Kadar cairan yang rendah dalam tubuh bisa menimbulkan gejala penyakit tertentu, seperti sakit kepala dan kelelahan. Anda bisa meminum infused water semangka dengan tambahan buah lainnya untuk mendapatkan sensasi yang lebih segar. Namun, sekedar menggunakan semangka saja sudah bisa membawa manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *