Simak 7 Cara Menghilangkan Sifat Egois Pasangan yang Bikin Kesal

Simak 7 Cara Menghilangkan Sifat Egois Pasangan yang Bikin Kesal

Perasaan egois merupakan bentuk ketidakmampuan yang disembunyikan agar pasangan tetap terlihat tetap kuat dan dominan. Pasangan yang memiliki sifat egois seringkali tidak mengenali diri sendiri dengan baik dan tidak menyadari sifat buruknya tersebut. Anda pun akan merasakan dampaknya, seperti pendapat yang sering diabaikan, menginginkan keputusan di dalam hubungan sesuai dengan keinginannya pribadi, hingga akhirnya hubungan Anda menjadi renggang. Berikut ini 7 tips untuk menghilangkan sifar egois pasangan:

  • Cari tahu alasan di balik sifat egoisnya

Selain keinginan untuk terlihat hebat, terkadang sifat egois juga terjadi untuk melindungi atau mencapai keinginan pripadi. Orang egois akan melakukan sedikit usaha untuk orang lain demi mendapatkan keuntungan banyak bagi dirinya sendiri. Perhatian yang diberikan juga harus disertai imbalan untuk mencapai tujuan indvidu.

  • Beri tahu perasaan Anda terhadap sifat egoisnya

Pasangan mungkin tidak menyadari sifat egoisnya yang perlahan membuat Anda terluka. Ajak pasangan berbicara dengan tulus dan penuh kesadaran. Tunjukkan segala aktivitas yang menunjukkan dampak dari sifat egoisnya yang berpengaruh terhadap kesehatan mental dan hubungan Anda. Hal ini mungkin akan membuatnya kembali ke kenyataan dan memikirkan kebaikan hubungan kalian.

  • Berhenti membenarkan kesalahannya

Apabila Anda tidak menginginkan adanya konflik dan pertengkaran, bukan berarti Anda bisa membenarkan kesalahannya. Bicarakan dengan teguran bernada halus di momen yang tepat. Anda bisa perkirakan untuk membahasnya di saat pasangan dalam suasana hati yang tepat. Mencintai pasangan bukan berarti bisa memberikan pemakluman untuk sifat buruknya.

  • Membuat batasan toleransi

Tentukan batas-batas yang sanggup Anda toleransi dan sikap mana yang tidak bisa diterima. Penting untuk mengetahui apa saja yang dapat dikompromikan dalam sebuah hubungan. Pasangan juga harus menerima keputusan yang Anda buat. Misalnya, ketika Anda meminta pasangan menjemput namun ditolak, Anda merasa dapat bersikap toleran. Akan tetapi, jika pasangan marah besar kepada Anda di muka umum, maka Anda berhak menegur sifat egoisnya tersebut.

  • Minta pasangan berprasangka baik

Seseorang yang egois selalu memikirkan kemungkinan buruk yang dilakukan orang lain sehingga hasil keputusannya selalu mengutamakan diri sendiri di atas kepentingan orang lain. Ubah pola pikir tersebut dan minta pasangan Anda untuk memandang sisi positifnya. Sadarkan bahwa prasangka buruk yang ada di benaknya nyatanya tidak terbukti secara nyata. 

  • Ajak pasangan belajar lapang dada dan terbuka       

Beri pengertian bahwa tidak semua yang diinginkan harus selalu dikabulkan. Penting untuk seseorang membuka diri dan menerima kejadian yang menimpa dirinya, baik ataupun buruk. Saran yang Anda berikan tidak dapat teraplikasikan di kehidupan sehari-hari jika pasangan Anda tidak mampu membuka diri dan selalu merasa dirinya paling benar.

  • Putuskan apakah pasangan layak untuk Anda atau tidak

Jika cara-cara di atas tidak dapat mengubah sifat egoisnya dan Anda merasa tidak sanggup lagi menghadapinya, maka Anda harus menerima kenyataan bahwa pasangan memang tidak bisa mengubah sifat tersebut sama sekali. Inilah saatnya Anda memikirkan dan menentukan keberlanjutan hubungan. Jangan ragu untuk meninggalkan hubungan yang hanya akan mengganggu kesehatan mental Anda.

Serangkaian cara menghilangkan sifat egois pasangan tersebut memang tidak mudah dilakukan, terlebih jika sifat tersebut telah mengakar sejak kecil. Akan tetapi, sebaiknya Anda tetap mencobanya sampai titik dimana Anda merasa bahwa sifatnya tidak dapat diubah dan justru akan berdampak negatif bagi hubungan Anda kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *