Suara Hujan Memiliki Manfaat Tersendiri

Kenapa kita sangat ingin tidur saat hujan? Beberapa peneliti telah mempelajari fenomena dan manfaat suara hujan.

Saat hujan, terdapat batasan aktivitas yang Anda lakukan. Banyak kegiatan di luar ruangan yang tidak bisa Anda lakukan. Bagi beberapa orang, tidur mungkin adalah pilihan yang baik karena semua orang pada dasarnya menyukai keadaan nyaman, dan tidur merupakan sejenis kenikmatan.

Oleh karena itu, cukup banyak orang menjadi ngantuk karena hujan dan suaranya. Suara hujan memberikan manfaat dalam tingkat kenyamanan individu. Berikut beberapa alasan manfaat hujan dan suara hujan pada alam bawah sadar:

  • Peningkatan kandungan ion negatif di udara

Kandungan ion negatif di udara meningkat saat hujan. Petir dan gesekan antara hujan dan udara dapat menghasilkan ion negatif dalam jumlah besar di hari hujan. Peningkatan ion negatif secara signifikan dapat meningkatkan sistem saraf manusia, sistem kardiovaskular, sistem darah, dan sistem pernapasan. Sehingga ketika mendengar suara hujan, Anda akan merasa lebih nyaman. Terlebih lagi, ion negatif memiliki efek menenangkan dan hipnosis.  Hal ini termasuk salah satu faktor yang membantu orang tertidur dengan mudah.

  • Suara hujan menjadi lagu pengantar tidur

Suara hujan adalah suara detak ritmis, yang terdengar seperti lagu pengantar tidur yang dapat membantu orang tertidur dengan cepat.

Penelitian telah menemukan bahwa ketika suara hujan memasuki otak manusia, secara tidak sadar otak menjadi rileks dan menghasilkan gelombang alfa, yang sangat dekat dengan keadaan otak saat manusia tidur.

Suara hujan biasanya antara 0 dan 20 kHz.  Sebaliknya, suara hujan memiliki manfaat dalam membuat orang nyaman. Namun, jika tiba-tiba ada suara guntur di tengah suara hujan, hal ini akan membuat Anda stres karena di saat yang sama, kadar kortisol dalam tubuh Anda akan tinggi.

  • Kandungan oksigen di udara menurun

Oksigen dapat menstimulasi otak dan membuat Anda merasa segar. Saat hujan, ada lebih banyak uap air di udara, hal ini menyebabkan tekanan udara lebih rendah dan kandungan oksigen relatif menurun.  Dalam situasi seperti ini, otak mulai mengendur, dan Anda akan merasa mengantuk.

Peningkatan sekresi melatonin

Otak manusia dapat mengeluarkan hormon yang berhubungan dengan tidur, melatonin, yang disekresikan dalam gelap atau saat terang gelap. Pada saat hujan, awan gelap menghalangi matahari, dan lingkungan menjadi redup. Saat ini, melatonin yang disekresikan oleh otak meningkat, membuat Anda mengantuk.

Pada saat yang sama, protein yang berhubungan dengan tidur juga diproduksi oleh mata. Menarik bahwa semakin terang cahayanya, semakin sedikit protein yang akan disintesis. Sebaliknya, semakin gelap cahayanya, semakin banyak protein yang akan disintesis. Sudah pasti bahwa rasa kantuk akan segera datang.

Suara hujan dan hujan itu sendiri memiliki manfaat yang membuat Anda tertidur, tentu saja, hal yang seringkali berlawanan dengan yang lain. Bagi banyak orang, hujan dan unsur-unsur yang menyertainya angin, guntur, dan kilat dapat memicu kecemasan dan perasaan tidak berdaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *