Terapkan Cara Menggosok Gigi yang Benar Agar Gigi Selalu Sehat

Terapkan Cara Menggosok Gigi yang Benar Agar Gigi Selalu Sehat

Seringkali orang mengira bahwa dengan menyikat gigi saja sudah cukup. Padahal jika Anda menyikat gigi dengan cara yang salah malah dapat membuat gigi bermasalah. Untuk itu, Anda perlu menyikat gigi dengan cara yang benar. Belum lagi jika Anda malas untuk menyikat gigi, tentu akan timbul berbagai masalah kesehatan terutama yang berhubungan dengan gigi dan mulut. Oleh karena itu, betapa pentingnya menerapkan cara menggosok gigi yang benar dan melakukannya dengan teratur.

Gangguan mulut akibat malas menggosok gigi

Banyak masalah pada mulut yang akan muncul karena malas menggosok gigi. Berikut merupakan beberapa gangguan mulut akibat malas menggosok gigi.

  • Karang gigi

Gangguan mulut yang banyak dialami adalah munculnya karang gigi akibat malas menggosok gigi. Karang gigi terbentuk akibat menumpuknya plak gigi yang mengeras. Plak gigi sendiri dapat muncul jika sisa makanan dan protein bercampur dengan bakteri mulut tidak dibersihkan.

  • Bau mulut

Jika Anda malas menggosok gigi, maka hal yang pasti terjadi adalah bau mulut. Gangguan ini tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga bisa mengganggu orang lain. Orang akan merasa tidak nyaman ketika berdekatan dengan Anda karena bau mulut yang muncul. Penyebab bau mulut adalah interaksi bakteri pada gigi kotor sehingga muncul senyawa volatile sulfur compund.

  • Gigi berlubang

Gangguan mulut lainnya yang muncul karena malas menggosok gigi adalah gigi berlubang. Anda dapat merasa nyeri pada bagian gigi yang berlubang terutama jika hal ini dibiarkan dalam waktu lama. Gigi berlubang dapat terjadi karena kuman bersarang pada sisa makanan yang menempel di gigi terus menerus.

  • Gingivitis

Gingivitis adalah radang gusi karena tumpukan karang gigi. Bakteri pada karang gigi ini akan membuat gusi terinfeksi yang semakin lama bisa semakin parah. Beberapa kondisi dapat meningkatkan risiko gingivitis seperti kurang vitamin, merokok, menggosok gigi terlalu kuat, serta memakai gigi palsu.

Cara menggosok gigi yang benar

Menggosok gigi dengan benar perlu dijadikan kebiasaan agar terhindar dari berbagai gangguan mulut. Berikut ini cara menggosok gigi yang benar.

  • Awali pada bagian geraham

Saat menyikat gigi, Anda perlu mengawali pada bagian geraham. Sikat bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi dan gigi dengan gerakan memutar. Lakukan hal tersebut 20 detik. Setelahnya, gosok gigi geraham dari atas ke bawah selama 20 detik juga. Kedua gearakan tersebut diulang paa semua sisi geraham yaitu atas, bawah, dalam, dan luar.

  • Sikat bagian depan

Bagian selanjutnya adalah gigi bagian depan yang luar. Lakukan gerakan memutar 20 detik. Setelah itu pindah gigi depan dalam dan lakukan seperti gerakan mencangkul yaitu dengan vertikal ke atas dan ke bawah.

  • Sikat area untuk mengunyah

Area untuk mengunyah juga perlu disikat. Anda dapat melakukan gerakan memutar. Area ini penting untuk dibersihkan sebab banyak sisa makanan yang menempel di sana.  

  • Sikat area lidah

Selain gigi, area lidah juga perlu dibersihkan. Anda dapat menyikat lidah menggunakan sikat gigi atau alat khusus untuk menggosok lidah. Bagian dalam pipi dan gusi juga perlu dibersihkan sama seperti Anda membersihkan lidah. Lakukan secara perlahan agar tidak melukai area ini.

  • Akhiri pada bagian sela gigi

Setelah selesai menyikat gigi dan bagian mulut lainnya, Anda dapat memberi perhatian pada bagian sela gigi. Anda dapat menggunakan benang gigi khusus untuk mengangkat sisa makanan yang menyelip di area ini.

Faktor penyebab gigi tidak sehat

Meski sudah menerapkan cara menggosok gigi yang benar, gangguan mulut tetap dapat terjadi akibat beberapa faktor lain. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang menyebabkan gigi tidak sehat.

  1. Salah memilih sikat gigi dan pasta gigi
  2. Kebiasaan merokok
  3. Konsumsi soda berlebihan
  4. Kebiasaan mengunyah es batu
  5. Sering menggigit makanan yang terlalu keras
  6. Terlalu banyak konsumsi makanan manis
  7. Minuman dan makanan mengandung asam

Guna menjaga kesehatan gigi, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Selain itu, karang gigi juga perlu dibersihkan secara berkala sehingga tidak menyebabkan penyakit gigi lain yang lebih serius. Agar gigi senantiasa sehat, penting juga selalu menggosok gigi dengan teratur serta memperhatikan faktor yang dapat berpengaruh pada gigi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *