Tips Memilih Cara Ampuh Menghilangkan Stres

Tips Memilih Cara Ampuh Menghilangkan Stres

Stres dapat menyerang siapa saja. Mulai dari masalah pekerjaan, keluarga, bahkan hal yang terlihat sepele dapat memicu stres. Sebenarnya stres adalah hal yang baik karena dapat meningkatkan kewaspadaan, namun jika kondisi ini terjadi secara terus menerus akan membuat Anda kelelahan.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencari cara ampuh menghilangkan stres.

Pentingnya mengelola stres

Stres merupakan hal yang baik jika terjadi sesekali. Tapi jika Anda mengalami tingkat stres yang tinggi, berbagai aspek dalam hidup Anda akan terpengaruh. Stres menghalangi Anda dalam menikmati hidup, berpikir secara jernih, dan berfungsi secara efektif.

Dengan mengelola stres, Anda akan kembali mendapatkan kebahagiaan dalam hidup, merasa lebih sehat secara fisik dan mental, dan jadi lebih produktif. Cara ini juga membantu Anda agar bisa lebih bertahan di bawah tekanan dan menghadapi tantangan langsung.

Itulah alasan pentingnya memilih cara ampuh menghilangkan stres.   

Cara ampuh menghilangkan stres

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi stres. Menurut Profesor Cary Cooper, pakar kesehatan kerja di Universitas Lancaster, kunci manajemen stres yang baik adalah membangun kekuatan emosional, mengendalikan situasi, memiliki jaringan sosial yang baik, dan mengadopsi pandangan yang positif.

Namun hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengetahui dengan jelas apa penyebab stres yang Anda alami. Membuat jurnal stres membantu Anda mengidentifikasi penyebab stres yang biasa terjadi.

Setiap kali Anda merasa stres, catatlah di jurnal Anda. Tuliskan hal apa yang menyebabkan Anda stres, bagaimana perasaan Anda pada saat itu dan tindakan yang dilakukan, serta apa yang dilakukan untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Selanjutnya Anda bisa mencoba teknik sederhana untuk mengelola stres berikut ini:

  • Melakukan self-talk positif

Berbicara sendiri mungkin terlihat aneh, tapi sebenarnya kebanyakan dari kita pernah melakukannya. Berbicara sendiri tak hanya dilakukan dengan suara keras tapi bisa juga dengan bercakap-cakap di dalam kepala.

Self-talk bisa positif atau negatif. Misalnya, “saya bisa melakukan hal ini” atau “semua akan baik-baik saja” termasuk pembicaraan positif. Sedangkan self-talk negatif seperti “saya sangat bodoh”.

Dengan melakukan pembicaraan positif, Anda akan lebih tenang dan mampu mengendalikan stres. Praktikkan self-talk positif setiap hari untuk menghindari pikiran negatif.

  • Melakukan berbagai kegiatan

Melakukan hal yang disukai adalah cara alami untuk menghilangkan stres dan menemukan kembali kebahagiaan Anda. Bahkan ketika Anda merasa tertekan, Anda mungkin merasa rileks dengan melakukan hal kecil seperti berjalan-jalan, bertemu teman, atau membaca buku.

Ketika Anda stres, lakukan suatu hal yang membuat Anda merasa lebih baik meski hanya selama 10 hingga 15 menit. Beberapa aktivitas yang bisa dicoba antara lain:

  • Melakukan kegiatan seni, seperti menggambar, mewarnai, bernyanyi, atau bermain alat musik
  • Mendekorasi memo atau lembar foto
  • Membaca buku atau majalah
  • Bertemu dengan teman dan berjalan-jalan untuk sekedar makan atau minum kopi
  • Melakukan olahraga kesukaan, seperti bulu tangkis atau bola basket. Lari atau berseda juga bisa membantu Anda menjernihkan pikiran
  • Bermain dengan anak-anak atau hewan peliharaan. Jika memungkinkan Anda bisa melakukan kegiatan ini di luar ruangan
  • Mendengarkan musik atau menonton film
  • Mandi santai atau pergi ke spa untuk relaksasi
  • Bermeditasi atau yoga

Pertolongan pertama ketika merasa stres

Anda bisa merasakan stres kapan saja, dan bisa jadi strategi manajemen stres yang Anda rencanakan tak bisa dijalankan pada waktu tersebut. Berikut beberapa cara ampuh menghilangkan stres di situasi darurat:

  1. Hitung hingga 10 atau ambil napas beberapa kali sampai Anda merasa tenang sebelum berbicara atau bereaksi.
  2. Jalan-jalan di sekitar ruangan untuk meredakan ketegangan dan menjernihkan pikiran.
  3. Bagi masalah menjadi bagian yang lebih kecil. Selesaikan masalah tersebut secara perlahan-lahan, jangan sekaligus.
  4. Mendengarkan musik atau podcast yang menginspirasi untuk membantu mengatasi kemarahan.
  5. Berinteraksi dengan teman atau orang yang dicintai. Misalnya, berkirim pesan dengan kekasih di sela-sela kegiatan Anda.

Catatan

Jika Anda merasa tanda-tanda stres, segeralah cari cara ampuh menghilangkan stres. Membiarkan stres menumpuk membawa dampak negatif pada tubuh. Anda bisa mendiskusikan mengenai gejala stres dan cara mengatasinya dengan dokter di aplikasi kesehatan SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *