Tips Memilih Snack Bar yang Sehat dan Lezat

snack bar

Snack bar menjadi kudapan sehat yang mengandung banyak bahan-bahan alami yang baik untuk tubuh, seperti oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering. Selain itu, terdapat banyak nutrisi dan vitamin di dalamnya yang bisa kita dapatkan.

Akan tetapi tidak semua snack bar yang dijual mengandung bahan-bahan menyehatkan. Beberapa produk menambahkan bahan-bahan artifisial, seperti perasa buatan, pengawet, dan pemanis buatan yang tentunya tidak sehat untuk tubuh.

Cara Memilih Snack Bar yang Sehat

Penting bagi Anda untuk bisa memilih snack bar yang sehat agar menghindari tambahan kalori yang tidak diinginkan. Snack bar yang sehat memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 100-150 kalori per bar
  • Gula: 5-10 gram per bar, atau kurang dari 10 gram tiap 100 gram
  • Serat: lebih dari 3 gram per sajian
  • Sodium/garam: kurang dari 120 mg per 100 gram
  • Protein: 10 gram per 100 gram
  • Lemak jenuh: kurang dari 2 gram per 100 gram

Kemudian, perhatikan juga tiga hal krusial ini sebelum memilih snack bar:

1. Kandungan protein

Protein di dalam makanan dapat mengenyangkan perut kita. Ada beberapa makanan yang dikonsumsi dalam jumlah banyak namun tak lama kemudian membuat kita cepat lapar, itu berarti makanan tersebut kurang kandungan protein.

Sehingga sangat penting untuk mencari kandungan protein yang tinggi dalam snack bar. Sesuai dengan daftar di atas, carilah snack bar dengan kandungan protein 5-10 gram per 100 gram. 

Jika ada snack bar yang mengandung protein lebih banyak daripada itu, kemungkinan besar berasal dari suplemen atau bubuk protein. Secara umum, Anda tidak memerlukan protein terlalu banyak, apalagi berasal dari sumber tersebut.

2. Serat

Serat memiliki banyak manfaat sehat, seperti membantu mengatur gula darah. Sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga mencegah terjadinya sembelit. 

Pilihlah snack bar yang memenuhi kandungan nutrisi tersebut di atas. Lebih penting lagi untuk melihat kandungan serat yang tinggi, sebab serat membantu kita kenyang lebih lama dan menyehatkan sistem pencernaan. 

Pilih yang mengandung serat lebih dari 3 gram per bar. Akan tetapi tidak disarankan untuk memilih yang mengandung lebih dari 10 gram, sebab kemungkinan besar sumbernya dari bahan artifisial.

3. Gula tambahan

Menyoal gula, sebenarnya tidak ada angka penentu yang tepat. Buah-buahan kering di dalam snack bar sendiri sudah mengandung gula alami, berarti Anda tidak perlu lagi mencari tambahan gula yang tinggi.

Meski begitu, tetap perhatikan bahan tambahan lainnya yang bisa menyumbang gula. Seperti cokelat, madu, atau gula asli atau bahkan gula dari pemanis buatan.

Sebaiknya, pilih snack bar dengan gula tambahan yang kurang lebih sama atau kurang dari jumlah total serat. Jadi, jika ada 6 gram serat, maka pilih yang mengandung gula tambahan sebanyak 6 gram atau kurang.

Jangan pilih snack bar yang mengandung gula tinggi. Disarankan tidak lebih dari 5-10 gram per bar, karena jumlah tersebut sudah setara dengan 1-2 sendok teh gula. Sama seperti gula, carilah kandungan sodium atau garam yang rendah. 

Untuk lemak, jangan terburu-buru menyingkirkan snack bar yang memiliki kandungan lemak tinggi. Cek terlebih dahulu jenis lemak yang terkandung, pilih yang mengandung lemak tak jenuh monounsaturated dan polyunsaturated.

Selain kandungan nutrisi, lihat juga bahan-bahan makanan yang digunakan. Misalnya seperti biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, buah, dan madu.

Semakin banyak kacang dan biji-bijian di dalamnya dibandung kandungan minyak, berarti semakin tinggi kandungan lemak tak jenuh yang sehat.

Apabila Anda melihat tulisan polydextrose, maltitol, dan sucralose, jangan pilih snack bar tersebut. Itu berarti terdapat kandungan pemanis buatan di dalamnya, yang tentu tidak sehat untuk tubuh.

Pemanis buatan dapat merangsang rasa lapar untuk datang lebih cepat. Tentu tidak efektif karena umumnya mengonsumsi snack bar dengan tujuan untuk mengenyangkan. 

Oleh karena itu, memilih snack bar yang lebih banyak mengandung kacang-kacang dan oat akan lebih mengenyangkan ketimbang yang banyak mengandung kacang dan buah.

Cara Membuat Snack Bar Sendiri

Apabila Anda tidak terlalu yakin untuk mengonsumsi snack bar yang dijual di pasaran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Bahkan Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana.

Anda cukup mencampurkan bahan-bahan berikut ini:

  • 312 gram oat
  • 200 gram kacang-kacangan (almon, walnut, kacang tanah, mede yang dihaluskan)
  • 220 gram kurma, haluskan di blender
  • 65-130 gram selai kacang apapun, 
  • 60 ml madu atau sirup mapel (opsional)
  • campuran buah-buahan kering, parutan kelapa kering, atau kepingan cokelat hitam

Campurkan dan hangatkan selai kacang dengan madu atau sirup mapel sebelum dicampurkan dengan bahan lain. Setelah dicampur, aduk perlahan kemudian ratakan di atas loyang kue yang sudah dialasi kertas roti. 

Diamkan di freezer selama 20-25 menit. Keluarkan, lalu potong-potong sesuka selera. Anda bisa langsung menikmatinya atau simpan untuk 5 hari ke depan.

Memilih snack bar yang sehat memang susah-susah gampang, namun sebenarnya pilihlah yang menurut Anda cukup baik untuk Anda konsumsi. Opsi membuat snack bar sendiri tentunya lebih sehat dan ekonomis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *