Tips Terhindar dari Penyebab Kecelakaan Kerja

Dalam bekerja, tiap orang tentunya ingin merasakan keamanan dan keselamatan yang terjamin. Hanya saja, harapan tersebut kerap tidak selaras dengan yang terjadi di lapangan. Banyak penyebab kecelakaan kerja yang masih sering diabaikan sehingga berujung fatal pada kondisi kesehatan sampai nyawa pekerja.

Kecelakaan kerja jelas merugikan bagi pekerja itu sendiri maupun pihak yang memberi kerja. Pekerja bisa menjadi terhambat untuk melakukan tugasnya karena keterbatasan akibat kecelakaan tersebut. Di sisi lain, pemberi kerja memiliki risiko harus menanggung semua biaya pengobatan dan ganti rugi dari kejadian tersebut.

Karena itu, diperlukan upaya terbaik guna menghindari berbagai penyebab kecelakaan kerja. Tujuannya jelas agar pekerja maupun pemberi kerja sama-sama memiliki ketenangan dan keamanan dalam mengerjakan proyek tugasnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang mesti diperhatikan guna bisa terhindari dari kecelakaan di tempat kerja Anda.

  1. Berpakaian Tepat

Jangan remehkan pakaian saat bekerja. Pasalnya, pakaian yang salah sangat mungkin menjadi penyebab kecelakaan kerja yang fatal! Ini mengingat beberapa pekerjaan memerlukan pakaian khusus yang dilengkapi dengan alat pelindung diri mumpuni. Jika alat pelindung tersebut tidak digunakan, bisa jadi Anda justru mendapat kecelakaan tidak terduga di tempat bekerja. Beberapa tempat kerja yang memerlukan pakaian khusus, misalnya pekerja proyek, petugas medis, juga pekerja sarana dan prasarana umum.

  • Pemeriksaan Fisik

Sering terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelalaian manusia. Kelalaian tersebut umumnya berhubungan dengan kondisi fisik yang bersangkutan ketika kecelakaan itu terjadi. Bukan hanya membahayakan pekerja, kondisi fisik yang tidak fit nyatanya juga berisiko mencelakakan konsumen sampai pemberi kerja. Karena itu, sangat dianjurkan untuk dilakukan pemeriksaan fisik bagi pekerja. Pemeriksaan fisik bisa dilakukan sebelum penempatan kerja diberikan. Dalam beberapa profesi, pemeriksaan fisik bahkan mesti dipantau terus-menerus secara berkala.

  • Pemasangan Rambu

Pengingat untuk menghindari berbagai penyebab kecelakaan kerja perlu dipasang di lokasi kerja. Tujuannya agar para pekerja yang bersangkutan bisa lebih berhati-hati ketika bertindak dalam lokasi yang memiliki rambu-rambu khusus. Pemasangan rambu baiknya memenuhi prosedur keselamatan yang berlaku secara khusus, terkait ukuran, warna, maupun tanda-tanda.

  • Pelatihan Berkala

Tiap pekerja memiliki hak dan kewajiban untuk mengetahui tindakan apa yang mesti dilakukan jika terjadi suatu insiden di wilayah kerja mereka. Karena itu, menjadi sangat penting bagi manajemen kantor pemberi kerja guna menyediakan pelatihan berkala. Pelatihan yang dibuat dengan serius akan memberikan pandangan luas kepada pekerja guna menanggapi suatu kejadian yang tidak diingini di wilayah kerja mereka. Dengan begitu, terjadinya kecelakaan kerja bisa diminimalkan.

  • Pembersihan Area Kerja

Percaya atau tidak bahwasanya penyebab kecelakaan kerja juga bisa berasal dari ruang kerja yang kotor dan tidak tertata? Ini karena dengan kondisi yang berantakan, para pekerja akan sulit mengambil tindakan darurat ketika suatu insiden terjadi. Alhasil, korban kecelakaan di area kerja yang tidak diharapkan menjadi berlimpah. Jadi, manajemen mesti selalu memastikan bahwa area kerja selalu dalam keadaan bersih dan tertata guna pekerja bisa melakukan maneuver darurat jika sewaktu-waktu diperlukan.

  • Penyediaan Kebutuhan Keamanan

Manajemen yang baik adalah manajemen kantor yang menyediakan berbagai kebutuhan keamanan kerja yang diperlukan. Kebutuhan keamanan minimal di area kerja, seperti alat pemadam, kotak obat, sampai oksigen. Dalam beberapa bidang kerja, dibutuhkan kebutuhan keamanan yang lebih lengkap guna menjadi tameng jika terjadi suatu kecelakaan yang tidak diinginkan.

Penyebab kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja di area kerja. Penyiapan peralatan dan pelatihan secara matang dapat menjadi kunci agar para pekerja terhindar dari risiko terburuk saat kondisi yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *