Yuk Ketahui Apa Saja Teknik Permainan Bola Kasti

Jenis permainan bola kasti seringkali dimainkan terutama ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Selain termasuk permainan yang mudah dimainkan, olahraga ini juga bisa melatih ketangkasan dan kerja sama tim. 

Anda bisa memainkan bola kasti di lapangan seluas 70 x 40 meter dan 10 meter untuk bagian ruang tunggunya. Sama seperti olahraga permainan lain, harus ada 1 wasit yang memimpin dan biasanya dibantu 3 orang penjaga garis, dan 1 orang pencatat waktu. 

Permainan bola kasti terdiri dari dua babak yang masing-masing berdurasi 20 – 30 menit dengan jeda istirahat 15 menit.

Tertarik bermain bola kasti? Yuk simak tekniknya dulu, berikut ini: 

Teknik Melempar Bola Kasti 

Teknik melempar bola kasti penting Anda ketahui agar bisa mematikan lawan dari regu penjaga saat menjadi tim pemukul.

Cara melempar bola kasti yang benar yaitu dengan memegang bola erat dalam posisi jari-jari tangan terbuka menghadap ke atas.

Dalam permainan bola kasti, ada 3 teknik melempar bola, yaitu:

Lemparan Melambung

Lemparan melambung dilakukan oleh seorang pelambung. Anda dapat melakukan lemparan bola melambung jika ingin mengoper bola kepada teman yang berada cukup jauh jaraknya dari posisi Anda.  

Jika ingin melambungkan bola, posisi badan perlu dicondongkan ke belakang sebelum melempar. Sambil mengarahkan pandangan kepada lawan, lemparkan bola ke atas agar bola melambung mengenai target lemparan.

Lemparan bola lurus 

Jenis lemparan ini digunakan untuk mengenakan bola dengan pelari atau pemukul yang menjadi lawan tim Anda. Posisi melempar ini perlu dilakukan berulang agar nantinya bisa mengenai sasaran dengan tepat. 

Cara melakukan lemparan dengan mengarahkan pandangan ke target, dan posisikan tubuh dalam kondisi tegak. Lemparkan bola ke arah mendatar dengan menggunakan tangan kanan.

Anda tidak boleh mengarahkan bola pada bagian dada ke atas (terutama leher, wajah, dan tempurung kepala) karena akan sangat berbahaya.

Lemparan Bola ke Bawah

Sama seperti teknik sebelumnya, badan harus diposisikan tegak agar arah lemparan sempurna. Pegang bola kasti dengan tangan kanan, lalu lemparkan ke arah bawah sambil memusatkan pandangan ke arah target (lawan).

Teknik Memukul Bola Kasti

Anda harus mengetahui teknik memukul yang benar. Arahkan bola agar tidak menguntungkan lawan.

Berikut ini jenis memukul dalam permainan bola kasti yang harus Anda kuasai: 

Pukulan Mendatar

Untuk melakukan pukulan mendatarkan mulailah dengan sikap awal tegak sambil memegang erat pemukul. 

Perhatikan arah datangnya bola, lalu pukul keras ke arah mendatar saat bola mengenai pemukul.

Pukulan Melambung

Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola yang dilempar oleh pelempar. Jaga posisi tubuh agar tetap tegak sambil menggenggam erat tongkat pemukul. 

Saat bola menghampiri Anda, pukulah ke arah atas agar bola melambung tinggi.

Pukulan ke Arah Bawah

Untuk mengarahkan bola ke bawah, Anda bisa membidik bola ke arah bawah. Sebelum itu, tetap perhatikan sikap tubuh dalam posisi tegak untuk memukul bola dengan tongkat pemukul.

Teknik menangkap bola kasti

Cara menangkap bola ini sendiri sangat bervariasi, tergantung arah datangnya bola. Adapun penjelasannya berikut ini: 

Tangkapan Bola Mendatar

Ketika lawan melempar bola secara mendatar, Anda harus menangkapnya dengan cara harus langsung memfokuskan pandangan ke arah datangnya bola.

Bengkokkan siku tangan di hadapan dada dengan posisi berdiri tegak dengan kaki kanan di depan.

Tangkapan Bola Melambung

Bola yang dilempar secara melambung bisa Anda tangkap dengan memusatkan tubuh dalam posisi tegak dengan kaki kanan di arah depan. 

Kemudian pusatkan ke arah datangnya bola dengan posisi siku yang dibengkokkan sambil meregangkan telapak dan jari-jari tangan, siap menangkap bola.

Tangkapan Bola Arah Bawah

Untuk menangkap bola arah bawah, pastikan sikap tubuh dalam posisi tegak dengan kaki kiri di depan. 

Arahkan pandangan dari datangnya bola, tekuk kaki kiri dengan posisi lutut kanan menempel ke tanah.

Teknik Berlari

Yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui dalam teknik permainan bola kasti yaitu teknik berlari. Dalam permainan bola kasti, para pemain tidak hanya harus cepat, tapi juga tepat. 

Pasalnya, seorang pemain baru bisa berlari meninggalkan base setelah bola dipukul, itupun dengan terlebih dahulu membaca situasi bola. Jika bola dipukul jauh, Anda bisa berlari ke ruang kosong atau melewati banyak base. Namun jika bola dipukul pelan, sesuaikan jaraknya agar tidak dikenai bola oleh tim yang bertahan.

Bagaimana, sudah semakin siap bermain permainan bola kasti? Saat ingin bermain, jangan lupa siapkan perlengkapan tongkat pemukul, bola tenis, dan bendera atau tiang untuk memberikan penanda di setiap sudut lapangan. Selamat bermain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *