4 Tips Memilih Buku Parenting yang Sesuai dengan Anda

Menjadi orangtua yang terbaik bagi anak adalah keinginan semua ayah dan ibu. Maka dari itu, banyak orangtua saat ini mempelajari tentang parenting.

Parenting merupakan segala hal yang berhubungan erat dengan bagaimana cara mendidik dan mengasuh anak sehingga anak tumbuh dewasa serta memegang nilai-nilai tertentu yang diwariskan oleh orangtuanya.

Menurut Asosiasi Psikologi Amerika (APA) parenting memiliki tiga tujuan utama, yakni mencakup kesehatan dan keselamatan anak, mempersiapkan mereka agar menjadi produktif, dan menurunkan nilai-nilai budaya.

Oleh karena itulah penting halnya bagi orangtua mengetahui segala sesuatu tentang buah hati mereka, mulai dari mengetahui proses perkembangan, kebutuhan, dan keunikan masing-masing anak. Dengan begitu, orang tua akan membantu mereka membentuk karakter baik ketika mereka dewasa nanti, dan banyak manfaat lainnya.

Buku parenting yang bagus

Saat ini, mempelajari hal-hal parenting menjadi semakin mudah karena banyaknya fasilitas yang telah disediakan, seperti sekolah parenting, seminar dengan tema parenting, hingga buku parenting yang sangat mudah untuk didapatkan.

Akan tetapi, tentulah tidak semua buku parenting harus Anda baca, sebab tidak menutup kemungkinan akan terjadi beberapa hal yang berlawanan antara buku satu dengan buku lainnya. Karena pada dasarnya kebanyakan buku parenting merupakan cerita pengalaman seseorang.

Jadi, sebelum Anda membeli buku parenting, Anda bisa membaca cara memilih buku parenting terlebih dahulu.

Cara memilih buku parenting

Membaca buku parenting adalah cara paling mudah untuk mempelajari tentang hal-hal parenting. Maka, perhatikan beberapa tips di bawah ini sebelum Anda membeli buku parenting. 

  1. Sesuaikan dengan gaya pengasuhan Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan buku dengan gaya pola asuh Anda. Sebab, gaya pengasuhan yang berbeda akan memberikan cara-cara yang berbeda pula dalam mengasuh. Misalnya:

  • Parenting sesuai dengan ajaran agama

Sebagai warga negara yang beragama, Anda mungkin ingin menerapkan pola asuh sesuai dengan agama yang Anda ajarkan, maka Anda bisa memilih buku parenting Islami atau Kristiani.

Biasanya, buku parenting dengan tema agama seperti ini akan dilengkapi dengan ayat-ayat Kitab sebagai penguat.

Tentunya, dengan menerapkan gaya parenting yang selalu mengaitkan dengan nilai-nilai agama, maka anak akan mengetahui kewajibannya sebagai anak dan juga sebagai hamba Tuhan Maha Esa.

  • Modern parenting

Modern parenting ini lebih mengutamakan keterbukaan dan saling menghargai satu sama lain. Jika dibandingkan dengan pola pengasuhan zaman dahulu, orangtua cenderung akan memaksakan kehendak mereka pada anak-anak. Maka, dengan munculnya gaya parenting yang lebih terbuka ini, anak tidak lagi dijadikan sebagai ‘boneka’ yang selalu diatur dalam semua aspek.

Salah satu ciri keluarga yang memiliki gaya pengasuhan ini adalah memahami bahwa setiap anak memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing. Sehingga, mereka selalu mencari cara bagaimana membangun hubungan positif dan tetap erat dengan semua perbedaan tersebut.

Jadi, jika Anda sangat cocok dengan gaya pengasuhan ini, Anda bisa mencari-cari buku parenting yang membahas tentang modern parenting.

  1. Memilih tema parenting yang ingin dipelajari

Cara selanjutnya adalah pilihlah tema parenting yang ingin Anda pelajari, sebab pada dasarnya buku parenting terbagi menjadi dua, yakni umum dan spesifik.

Buku parenting umum biasanya akan membahas segala hal mengenai anak Anda dengan tahap kemampuan dasar yang disesuaikan untuk Anda yang sedang mempersiapkan diri menjadi orangtua.

Sedangkan buku parenting khusus akan membahas suatu hal secara spesifik, seperti bagaimana cara mengatasi anak yang tantrum atau cara membatasi screen time agar anak tidak kecanduan gadget. Dengan memilih buku parenting khusus ini, maka pembahasan yang akan dijelaskan akan lebih mendetail dan menjawab semua pertanyaan seputar masalah pengasuhan Anda.

  1. Sesuaikan dengan kondisi keluarga

Tidak semua buku parenting akan cocok dengan kondisi keluarga Anda. Sebab, cara pengasuhan bayi hingga anak-anak akan berbeda dengan cara mengasuh anak yang mulai beranjak remaja hingga remaja akhir.

Selain itu, bagi orangtua single parent maka akan memiliki cara pola asuh yang berbeda pula. Maka dari itu, jangan lupa untuk memperhatikan poin ini sebelum Anda membeli buku parenting.

  1. Perhatikan penulis dan gaya penulisan

Hal terakhir yang tetap harus Anda perhatikan adalah siapa penulis dan bagaimana cara penulisan buku tersebut.

Anda bisa memilih buku parenting yang ditulis atau memasukkan pendapat para praktisi yang ahli di bidangnya, seperti psikolog, konsultan, atau dokter anak.

Atau jika Anda mempunyai role model dalam pengasuhan anak, dan mereka mengeluarkan sebuah buku, maka Anda bisa mencontoh pola pengasuhannya.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah memperhatikan bagaimana cara penulisan buku tersebut. Sebab, di beberapa buku parenting akan berbeda dalam cara penyampaian, mulai dari tanya jawab, esai, kumpulan artikel, dan lainnya.

Dengan mengetahui tips memilih buku parenting di atas diharapkan bisa membantu Anda untuk menentukan buku parenting yang sangat cocok dengan Anda. Sebab, bagaimanapun pola asuh pada masa anak-anak akan mempengaruhi kehidupan dewasanya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *