8 Rekomendasi Tempat Olahraga Selain Gym

Untuk memiliki tubuh yang sehat, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat dan menyempatkan waktu untuk berolahraga. Memang tidak sedikit orang yang memilih olahraga di tempat gym. Namun, jika Anda terlalu sibuk mungkin sedikit susah mengatur waktu untuk olahraga di gym. Anda tidak perlu khawatir, karena masih banyak tempat olahraga selain gym.

Berolahraga di gym juga menuntut Anda merogoh kocek lebih dalam. Jika tidak menginginkan hal tersebut, Anda bisa mencoba berbagai tempat lainnya untuk berolahraga.

Tempat olahraga selain gym antara lain taman, pantai dan rumah

Tempat Olahraga Selain Gym

Beberapa rekomendasi tempat olahraga yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

  1. Rumah

Siapa bilang olahraga tidak bisa dilakukan dirumah? Padahal, banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan selama dirumah saja. Anda juga tidak membutuhkan alat-alat tertentu untuk melakukan olahraga dirumah.

Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan dirumah adalah yoga, push up, sit up, dan pull up. Selain itu, Anda juga bisa melakukan senam aerobik dengan mengikuti video di internet.

  1. Lapangan kompleks

Jika disekitar lingkungan Anda ada lapangan, maka Anda bisa berolahraga sendiri atau bersama kerabat di lapangan tersebut.

Meskipun ukurannya tidak sebesar lapangan umum, Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk sekedar berlari, olahraga skipping, atau bermain badminton.

  1. Taman

Jika ingin olahraga dengan suasana baru dan tentunya gratis, Anda bisa coba berolahraga di taman kompleks atau taman kota. Jika memilih berolahraga di taman kompleks, Anda bisa melakukan jogging, tai chi, yoga, atau freeletics.

Saat ini, banyak taman kota yang menyediakan fasilitas untuk berolahraga dengan peralatan tertentu seperti alat fitnes outdoor. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas ini sambil menghirup udara segar di ruang hijau.

  1. Trek sekitar rumah

Jogging tidak selalu harus dilakukan di tempat khusus lari. Anda bisa mengelilingi sekitar perumahan sambil menggunakan aplikasi olahraga yang bisa memantau seberapa jauh Anda bergerak.

  1. Pantai

Jika Anda tinggal disekitar pantai atau sedang liburan di pantai, Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori. 

Anda bisa berjalan atau berlari di pasir pantai sambil menikmati keindahan pemandangan. Berlari di atas pasir pantai akan membakar banyak kalori karena Anda harus bekerja lebih keras untuk melewati pasir tersebut.

Anda juga bisa bermain volly pantai dengan kerabat atau berenang. Namun, jika berenang di pantai, pastikan Anda tetap waspada dan tidak terlalu ke tengah, ya.

  1. Mall

Selain sebagai tempat berbelanja, Anda juga bisa memanfaatkan mall sebagai tempat berolahraga. Berjalan kaki mengelilingi mall bisa membantu Anda membakar kalori. Hal ini juga dapat membuat Anda untuk menahan tidak banyak jajan makanan saat sedang berada di mall.

  1. Gunung atau bukit

Apabila rumah Anda berada di sekitar gunung atau perbukitan, Anda bisa memanfaatkannya untuk berolahraga dan melatih otot. Anda bisa mendaki gunung atau bukit tersebut sambil menikmati keindahan alam yang menyegarkan pikiran.

  1. Kantor

Terlalu sibuk di kantor hingga tidak bisa olahraga? Jangan khawatir, Anda tetap bisa membakar kalori selama berada di kantor. 

Lakukanlah stretching tangan, leher, dan badan bagian atas, sehingga tubuh tetap fleksibel. Duduk seharian di kantor atau berada di posisi yang sama terlalu lama dapat membuat Anda merasakan sakit kepala, sakit punggung, hingga gangguan saraf. Maka dari itu, pastikan Anda tetap bergerak selama berada di kantor.

Itu tadi 8 rekomendasi tempat olahraga selain gym yang bisa Anda coba. Pastikan Anda tetap berolahraga secara rutin dan teratur dimana pun itu agar tubuh tetap sehat dan bugar, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *