Apa itu Granola dan Manfaatnya Bagi Tubuh?

Apa itu Granola dan Manfaatnya Bagi Tubuh?

Ketika Anda pergi ke minimarket, Anda mungkin melihat bungkusan granola di deretan oat dan produk sejenisnya. Granola adalah sebutan untuk sereal yang terdiri dari gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, dan lainnya. 

Namun granola mengandung pemanis, seperti coklat dan sirup, yang mungkin mengandung banyak gula tambahan. Hal inilah yang menjadikan granola kontroversi, apakah benar-benar menyehatkan seperti klaimnya atau ternyata memiliki dampak buruk tersembunyi. 

Kandungan pada granola

Granola adalah sereal gandum dengan tambahan seperti kacang dan biji-bijian, mentega, buah kering, dan pemanis seperti gula, madu, atau coklat. Granola padat kalori dan menyediakan nutrisi yang beragam, mulai dari protein, serat, zat besi, dan vitamin. 

Namun kandungan nutrisinya tergantung pada bahan yang digunakan. Ada granola yang rendah lemak dan kalori tapi tinggi karbohidrat dan gula, sementara yang lainnya tinggi lemak dan kalori tapi juga tinggi protein dan serat. 

Manfaat dan kelebihan granola

Hingga kini masih sedikit sekali penelitian mengenai granola. Tapi bahan-bahan dalam granola memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Berikut ini kelebihan granola dibandingkan sereal sarapan lainnya:

  1. Kaya protein dan serat

Sebagian besar granola kaya akan protein dan serat. Protein mempengaruhi hormon kenyang yaitu ghrelin dan GLP-1. Sementara makanan yang tinggi serat telah terbukti dapat membuatmu kenyang lebih lama sekaligus mengendalikan nafsu makan. 

Sumber protein pada granola antara lain almond, kenari, kacang mete, biji rami, dan wijen. Sedangkan seratnya berasal dari gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

  1. Mudah dibawa bepergian

Granola cenderung dikemas dalam kemasan kecil sehingga mudah dibawa kemanapun dan bisa disimpan dalam waktu lama. Granola juga tersedia dalam snack bar, yang lebih praktis. Namun, granola bar diproses lebih tinggi dan sarat akan gula, minyak, dan zat aditif. 

  1. Memiliki potensi kesehatan

Apabila dilihat dari kandungan utamanya, maka granola memiliki beragam potensi kesehatan mulai dari mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, mengontrol gula darah, dan meningkatkan kesehatan usus. Granola juga mengandung bahan yang kaya akan antioksidan, seperti kelapa, biji chia, dan kacang Brazil.

Kekurangan granola

Meskipun granola bisa termasuk sereal yang menyehatkan, granola bisa tinggi kalori, lemak, dan gula. Hal ini kembali lagi ke bahan-bahan yang digunakan. 

Departemen Penelitian AS (USDA) merekomendasikan untuk membatasi asupan gula hingga 10% dari total kalori harian, atau setara dengan 12 sendok teh (50 gram) untuk 2.000 kalori. 

Sedangkan beberapa granola mengandung hampir 4 sendok teh (17 gram) gula dalam satu porsi. Karena itu mengonsumsi granola tertentu dan lebih dari porsi yang ditentukan bisa menyebabkan kenaikan berat badan, meningkatkan risiko obesitas dan penyakit metabolik, gigi berlubang, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Tips memilih granola

Untuk meminimalisir gula dan kalori dari granola, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

  1. Periksa kandungan gula. Pemanis mungkin bukan ditulis dengan sebutan gula atau sirup jagung fruktosa tinggi, tapi bisa dengan nama lain yang lebih sehat seperti sirup beras merah, molase, dan jus tebu. Pilih granola yang mengandung maksimal 8 gram per porsi.
  1. Perhatikan kalori. Granola yang sehat memiliki kurang dari 200-400 kalori per porsi. Selain itu perhatikan juga lemak dan sumber minyak. 
  1. Konsumsi granola dalam porsi kecil. Makan granola seperempat atau sepertiga cangkir, dan konsumsi granola dengan makanan sehat lainnya seperti yogurt atau oatmeal Yunani. 

Chia-Yo Homemade Granola merupakan salah satu granola yang mengandung kalori yang pas, rendah lemak, dan rendah gula. Produk ini terbuat dari bahan alami yang sehat dan segar, seperti oats, biji-bijian, buah kering, madu, dan kacang almond. 

Chia-Yo Homemade Granola cocok dijadikan sebagai pengganti makan atau cemilan, termasuk dikonsumsi bersama susu hangat/dingin atau yogurt, atau dijadikan sebagai topping es krim atau smoothies

Dengan Chia-Yo Homemade Granola, Anda tak perlu takut untuk mengonsumsi granola kapan saja. 

Catatan

Granola adalah sereal sarapan yang sehat, namun Anda harus berhati-hati dalam memilih granola agar mendapatkan manfaat yang sesuai. Salah satu rekomendasi granola yang menyehatkan adalah Chia-Yo Homemade Granola yang aman dikonsumsi kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *