Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Aman?

Bagi beberapa orang, memiliki anak yang gemuk mungkin suatu hal yang menggemaskan. Namun, tahukah Anda bahwa kelebihan pada anak Anda pun dapat berbahaya bagi kesehatannya, dan jika tidak diimbangi dengan asupan makanan yang sehat maka berat badan anak bisa terus bertambah. 

Meski si kecil harus menurunkan berat badannya, namun bagaimana cara menurunkan berat badan anak yang aman. Pasalnya, memaksakan hal yang membuat anak tersiksa pun akan berakibat buruk bagi anak. Nah, berikut beberapa cara menurunkan berat badan yang aman. 

Pola makan yang baik dapat mencegah anak gemuk berlebihan

Cara menurunkan berat badan anak

Cara berikut dapat Anda coba lakukan untuk menurunkan berat badan anak.

  • Libatkan keluarga

Untuk membantu menurunkan berat badan si kecil, libatkan keluarga dalam proses ini untuk memberikan bantuan dan dukungan. Tujuannya adalah supaya anak dapat melakukan pola makan atau gaya hidup yang tentunya juga dapat bermanfaat tidak hanya untuk anak tapi baik bagi seluruh keluarga juga. Remaja atau anak yang mendapat dukungan dari keluarganya cenderung memiliki hasil yang lebih baik. 

  • Perhatikan minuman 

Kurangi mengonsumsi minuman bersoda atau minuman kalengan. Perbanyak konsumsi air putih atau minuman bebas gula lainnya untuk membuat anak tetap terhidrasi dan jauhi juga jus buah yang banyak mengandung gula. Anak pun dapat memilih susu tanpa lemak atau rendah lemak. 

  • Mulailah dari yang kecil

Perubahan kecil jauh lebih mudah dilakukan daripada perubahan drastis. Misalnya, hentikan minum soda atau kurangi porsi makan si kecil. Jika berat badan sudah turun, Anda dapat membuat perubahan lain, seperti memperkenalkan makanan yang jauh lebih sehat dan olahraga. 

  • Berhenti makan saat sudah kenyang

Perhatikan saat anak makan dan berhentilah saat ia merasa kenyang. Makan lebih lambat lebih baik, karena otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menerima pesan bahwa Anda sudah kenyang. Cobalah untuk tidak makan saat anak sedang kesal atau bosan, carilah hal lain untuk dilakukan. 

  • Jadwalkan waktu makan dan kudapan secara teratur

Anda dapat mengelola rasa lapar dengan baik saat Anda memiliki jadwal makan yang dapat diprediksi. Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan makan berlebihan pada jam makan berikutnya. Menambahkan 1 atau 2 camilan sehat sehat ke dalam tiga kota Anda dapat membantu mengurangi rasa lapar. 

Jadi, untuk rencana makan, lebih tinggi protein dan rendah daging dan gula akan terlihat seperti beberapa saran menu berikut:

  • Sarapan: Oatmeal dengan irisan apel dan kayu manis
  • Snack: Buah ditambah 10 almond
  • Makan siang: Salad segar dengan sayuran di atasnya seperti brokoli, paprika, zucchini, ayam (bisa sebagai pilihan)
  • Snack: Yogurt tawar dengan buah di dalamnya
  • Makan malam: Telur orak arik dengan tumis sayuran seperti jamur dan bawang
  • Sebelum tidur: Smoothie shake dengan buah, bayam, dan yogurt berprotein tinggi

Beberapa menu di atas hanyalah saran yang bisa Anda buat untuk menu diet anak. Pun, menu tersebut dapat Anda ubah sesuai kesukaan anak namun tetap sehat. 

  • Rajin bergerak

Cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari bersepedah, hingga lari. Bagi anak atau remaja, aktivitas fisik adalah kuncinya. Jalan-jalan setiap hari dengan anak Anda, temani ia dalam melakukan olahraga. 

Selain beberapa cara di atas, salah satu cara menurunkan berat badan anak adalah dengan memberikan dukungan sepenuhnya untuk mereka. Jangan pernah memaksakan diet yang berlebihan pada anak, tetap konsultasikan program tersebut pada dokter atau ahli gizi Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *