Bukan Cuma Enak, Ini Manfaat Buah Leci

Buah leci memiliki beragam manfaat salah satunya adalah sebagai anti tumor

Sebagian besar dari Anda tentu tidak asing dengan buah leci. Buah leci merupakan salah satu buah yang cukup sering diolah ke dalam minuman serta produk makanan dalam kemasan. Ada banyak sekali manfaat buah leci yang bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya dengan rutin. 

Buah leci pada dasarnya merupakan jenis buah yang masih satu golongan dengan buah longan dan rambutan. Leci termasuk sebagai buah tropikal yang umumnya bisa ditemukan di negara-negara tropis, seperti di Indonesia. 

Mengenal manfaat buah leci bagi kesehatan

Ketika Anda mengonsumsi leci, akan ada banyak manfaat yang dirasakan. Berikut ini beberapa manfaat tersebut: 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah leci dipercaya bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan mencegah Anda dari berbagai penyakit. Hal ini bisa terjadi karena buah leci dianggap mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Ketika Anda mengonsumsi leci secara rutin, Anda akan mendapatkan asupan vitamin C yang memadai. Vitamin C ini merupakan vitamin yang memiliki peran sangat penting dalam membangun imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. 

  • Mengendalikan tekanan darah

Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali. Seiring bertambahnya usia, Anda pun semakin rentan terhadap tekanan darah tinggi.

Untungnya, salah satu manfaat buah leci adalah mengendalikan kadar tekanan dalam darah. Kemampuan ini berasal dari kandungan kalium di dalam buah leci yang bekerja dengan membantu tubuh untuk mengendalikan kadar cairan dan menurunkan natrium. 

  • Memperlancar sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar memungkinkan berbagai organ di dalam tubuh Anda untuk mendapatkan asupan darah dan oksigen dengan memadai. Buah leci mengandung tembaga yang memiliki peran serupa dengan zat besi, yaitu menjaga kesehatan sel darah merah. 

Asupan tembaga memungkinkan tubuh Anda untuk membentuk sel darah merah dengan baik. Inilah manfaat buah leci yang juga bisa Anda rasakan terhadap kesehatan Anda. 

  • Sebagai antioksidan

Tubuh setiap orang rentan terhadap paparan radikal bebas. Radikal bebas yang terlalu berlebih di dalam tubuh akan memengaruhi kinerja sel-sel dan organ dalam tubuh. Untuk itu, tubuh akan memerlukan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas berlebih.

Ketika mengonsumsi leci, Anda akan mendapatkan manfaat ini. Buah leci bisa dijadikan sebagai sumber antioksidan. Ketika Anda mendapatkan antioksidan yang memadai, tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat secara keseluruhan, sehingga Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit. 

  • Sifat antiinflamasi

Buah leci juga dipercaya memiliki sifat antiinflamasi. Antiinflamasi merupakan sifat yang mampu mencegah tubuh mengalami peradangan. Sifat antiinflamasi pada buah leci akan menghindarkan Anda dari peradangan di bagian tubuh mana saja. 

  • Mampu mencegah potensi kanker

Manfaat buah leci lainnya adalah kemampuan untuk menurunkan risiko terkena kanker. Kemampuan ini berasal dari kandungan polifenol yang ada pada buah leci. 

Polifenol merupakan senyawa yang bisa berperan sebagai antioksidan sekaligus memiliki sifat antikanker. Ketika Anda mendapatkan asupan polifenol dari buah leci, tubuh Anda akan terhindar dari risiko perkembangan sel kanker.

Itulah beragam manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda mengonsumsi leci secara rutin. Tentunya, Anda tidak akan bisa merasakan manfaat tersebut hanya dengan satu kali konsumsi saja. 

Jika ingin merasakan manfaat buah leci secara maksimal, pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin, namun dengan tidak berlebihan. Agar tidak bosan, cobalah membuat kreasi makanan atau minuman dari buah leci yang bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *