Cara Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit Anda secara alami memperbarui dirinya sendiri setiap 30 hari atau lebih. Proses ini terjadi ketika lapisan luar kulit, atau epidermis, melepaskan sel-sel mati dan menggantinya dengan yang baru. Namun, siklus pergantian sel tidak selalu begitu jelas. Terkadang, sel kulit mati tidak terkelupas sepenuhnya. Lalu bagaimana cara mengangkat sel kulit mati?

Terkadang, sel kulit mati tidak terkelupas sepenuhnya, menyebabkan kulit terkelupas, bercak kering, dan pori-pori tersumbat. Anda dapat membantu kulit Anda melepaskan sel-sel mati ini melalui pengelupasan atau eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dengan zat atau alat yang disebut exfoliator. Eksfoliator tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari perawatan kimia hingga kuas.

Meskipun ada banyak produk yang tersedia untuk mengangkat sel kulit mati, Anda tidak perlu menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami yang tersedia di lemari dapur Anda akan membantu Anda menghilangkan kulit kusam dan mengembalikan kilau wajah Anda. Berikut cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah:

  • Gunakan scrub kopi

Bubuk kopi dapat digunakan sebagai exfoliator yang baik untuk menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, kopi kaya akan flavonoid, yang bila digunakan langsung pada kulit akan memperbaiki tekstur kulit dan menjaga kulit Anda tetap bercahaya.

  • Gunakan scrub oatmeal

Tekstur kasar dari bahan oatmeal bisa berfungsi sebagai pengelupas kulit yang bagus. Tekstur oatmeal yang kasar dan berbutir bekerja dengan baik pada semua jenis kulit sebagai salah satu cara mengangkat sel kulit mati. Oatmeal tidak hanya akan menghilangkan penumpukan kulit mati tetapi juga sebum berlebih dan kotoran lainnya sehingga membuat kulit lembab.

  • Gunakan kulit jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan sebagai exfoliator yang sangat baik, yang harus Anda lakukan adalah menyimpan kulit jeruk dan mengeringkannya di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Giling menjadi bubuk dan simpan dalam wadah kedap udara. Menggunakan scrub kulit jeruk tidak hanya akan membantu mengangkat sel kulit mati tetapi juga kotoran, dan membantu meremajakan kulit Anda.

  • Gula dan minyak zaitun

Anda bisa menggunakan campuran gula dan minyak zaitun, karena partikel gula akan mengangkat sel kulit mati sekaligus minyak zaitun akan berfungsi sebagai pelembab yang bagus. Anda juga bisa menggunakan ini di bibir Anda untuk menghilangkan bibir yang menggelap.

  • Menyikat kering

Menyikat kering adalah cara efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Menyikat kering secara efektif dapat mengelupas penumpukan sel mati di kulit dan membuka pori-pori. Dengan melakukan ini Anda tidak hanya akan dapat menghilangkan sel-sel kulit mati tetapi juga mengencangkan kulit Anda dan meningkatkan teksturnya.

Eksfoliator diatas merupakan cara alami dan aman yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda. Sebelum memilih eksfoliator, penting juga untuk mengetahui jenis kulit yang Anda miliki. Perlu diingat bahwa jenis kulit Anda bisa berubah seiring bertambahnya usia, perubahan cuaca, dan faktor gaya hidup, seperti merokok.

Eksfoliasi merupakan cara efektif dalam mengangkat kulit mati dari wajah Anda, sehingga akan membuat kulit Anda lebih halus dan lembut. Jika Anda memakai riasan, perhatikan juga bahwa eksfoliasi membantunya lebih merata. Perlu diingat bahwa Anda selalu harus menggunakan pelembab dan tabir surya untuk kulit yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *