Cara Memilih Body Scrub Terbaik untuk Kulit Mulus

Saat musim kemarau, kulit membutuhkan perawatan ekstra, dan di sinilah eksfoliasi berperan. Mencari body scrub terbaik memang tidak mudah, sehingga Anda harus mengetahui berbagai tips supaya mendapatkan hasil yang diharapkan. Body scrub memiliki fungsi menghilangkan sel-sel kulit mati, merangsang pembentukan sel-sel baru dan membuat kulit Anda terasa lebih lembut dari sebelumnya. Namun, jenis scrub mana yang tepat untuk Anda? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pentingnya menggunakan body scrub

Sederhananya, body scrub membantu Anda mendapatkan kulit yang halus. Selain membersihkan tubuh, scrub juga merangsang sirkulasi darah dan memberi Anda energi baru. 

1. Mengencangkan kulit

Penggunaan scrub secara rutin minimal satu kali dalam seminggu dapat membantu Anda memiliki lebih sedikit kerutan atau selulit. Proses penuaan, membuat kulit Anda kehilangan kemampuannya untuk memperbarui atau mengangkat sel-sel kulit mati. Ketika sel-sel ini menumpuk, kerutan dan benjolan bisa terbentuk di kulit. Eksfoliasi menghilangkan sel-sel ini dan membantu menunda proses penuaan.

2. Membuat kaki lebih mulus

Anda akan mencukur kaki yang kulitnya terkelupas. Namun sebelum melakukannya, Anda harus melakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Dengan begitu, tidak akan ada sel kulit mati yang menyumbat atau menumpulkan pisau cukur Anda. 

3. Membantu menyerap krim secara efektif

Jika Anda menggunakan krim, lotion, atau produk lain untuk kulit Anda, body scrub akan sangat membantu untuk melakukan eksfoliasi. Gunakan sekali atau dua kali seminggu agar kulit Anda menyerap produk dengan lebih baik.

Tips memilih body scrub terbaik

Sekarang setelah Anda tahu semua tentang bagaimana scrub dapat bermanfaat bagi tubuh, inilah saatnya untuk mencari tahu jenis mana yang terbaik untuk kulit Anda. Lulur dengan garam? Atau yang berbahan dasar gula? Setiap scrub memiliki manfaat dan efek yang berbeda pada kulit. Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan jenis kulit dan kondisinya saat ini.

1. Kulit kering 

Body scrub bisa Anda dapatkan tidak hanya melalui produk yang sudah jadi, tetapi juga bisa membuatnya sendiri. Anda dapat menggunakan scrub garam. Anda dapat mengombinasi dengan minyak zaitun atau minyak almond – yang kaya akan vitamin E – untuk meremajakan kulit. 

Garam memiliki efek restoratif dan desinfektan, merangsang pembaruan sel kulit, membantu meratakan warna kulit, bekerja sebagai agen detoksifikasi, pelembut dan memungkinkan krim dan minyak yang dioleskan setelahnya menembus lebih dalam ke dalam kulit. 

2. Kulit sensitif 

Jika kulit Anda sensitif, lebih baik memilih scrub berbahan dasar gula. Jenis scrub ini lebih lembut, karena partikel gula kurang kasar daripada partikel garam dan karenanya lebih lembut di kulit. Bangsa Romawi kuno sering membasuh diri dengan campuran gula, madu, dan susu. 

Dengan menggunakan scrub gula, Anda memperbaharui kulit dengan cara alami terutama bila dikombinasikan dengan minyak. Body scrub dapat mengikis sel-sel kulit mati dan membuat kulit Anda selembut sutra dan bercahaya. 

3. Kulit normal 

Anda dapat mencoba semua formula lembut di kulit dan dibuat dengan bahan-bahan murni yang bermanfaat untuk kulit. Namun ingat, sebanyak mungkin Anda menikmati rutinitas menggosok, penting untuk membatasinya hingga 1-2 kali per minggu. Jika tidak, Anda mungkin secara aktif mengiritasi kulit.

4. Kulit kering dan kusam

Beberapa scrub memiliki bahan yang kurang umum, seperti beras, bambu, elemen herbal atau bahan pengelupas alami seperti serat buah, kulit kacang tanah atau biji. Ini cenderung penuh dengan manfaat antioksidan dan pelembab, sehingga sangat cocok untuk kulit yang terlalu kering atau rusak. 

Cara menggunakan body scrub terbaik

– Pastikan scrub dioleskan pada kulit yang lembab dan bersih. 

– Diamkan scrub mengering di kulit selama sekitar 5 hingga 10 menit.

– Pijat kulit dengan gerakan memutar yang lembut  selama 5 hingga 10 menit lagi.

– Bilas kulit Anda dengan air hangat atau mandi lama untuk kulit yang lebih lembut.

– Kunci kelembapan dengan krim atau lotion yang menghidrasi setelah menggunakan body scrub terbaik pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *