Kenali Ciri-Ciri Payudara yang Baik dan Sehat

Kenali Ciri-Ciri Payudara yang Baik dan Sehat

Setiap wanita pasti mendambakan payudara yang sehat. Payudara yang sehat bisa dibilang adalah sebuah sinyal yang menunjukkan bahwa seorang wanita bebas dari penyakit payudara yang mengancam. Pada banyak kasus, penyakit payudara masih juga sering merenggut nyawa, dan ini kadang terjadi akibat keterlambatan mengetahui penyakit yang timbul pada payudara penderita. 

Inilah sebabnya mengapa wanita penting bagi wanita untuk mengetahui ciri-ciri payudara baik dan sehat. Hal ini dilakukan agar jika terdapat beberapa gejala janggal pada payudara, wanita dapat mengetahuinya dengan cepat. Jika pada payudara Anda terdapat ciri-ciri berikut, berbahagialah karena bisa dikatakan Anda memiliki payudara yang baik dan sehat.

Ciri-Ciri Payudara yang Baik dan Sehat

1. Ukuran payudara sedikit berbeda

Perbedaan ukuran pada payudara ini disebut asimetris. Asimetris umumnya mulai terjadi saat wanita mulai memasuki masa pubertas. Ciri-ciri adalah terdapat perbedaan kecil pada payudara kiri kanan. Kondisi ini sangat umum terjadi pada payudara yang sehat dan normal. 

2. Tidak terdapat benjolan pada sekitar payudara dan ketiak

Payudara yang bebas benjolan juga merupakan salah satu ciri payudara yang sehat. Saat Anda merasa adanya benjolan pada sekitar payudara dan ketiak, lebih baik Anda langsung memeriksakannya pada dokter. Banyak penyakit payudara yang awal indikasinya ditandai dengan adanya benjolan disekitar payudara seperti tumor dan kanker.

3. Terdapat rambut halus di sekitar puting

Ciri ciri payudara yang baik dan sehat selanjutnya selanjutnya adalah terdapat rambut-rambut halus pada sekitar puting payudara. Biasanya rambut halus disekitar puting mulai terlihat saat wanita pubertas, dan ini sangat normal terjadi. 

4. Payudara hanya sakit dan nyeri saat menstruasi

Sakit dan nyeri payudara saat menjelang siklus menstruasi sangat normal terjadi. Namun saat payudara terasa nyeri dan sakit diluar siklus menstruasi dan ini terjadi dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Ciri-ciri payudara yang baik dan sehat umumnya tidak memiliki gejala sakit dan nyeri pada payudara dalam waktu yang lama. Ditakutkan hal ini adalah tanda bahwa payudara mengalami masalah.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan payudara yang baik dan sehat?

1. Pertahankan berat badan ideal

Penting bagi wanita untuk terus menjaga berat badan agar terhindar dari resiko-resiko penyakit yang muncul. Wanita gemuk dipercaya lebih rentan terkena masalah penyakit payudara seperti kanker. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah konsumsi makanan bergizi serta rutin berolahraga agar berat badan dapat terus ideal.

2. Rutin olahraga

Payudara yang baik dan sehat juga dapat didukung oleh aktivitas olahraga. Beberapa olahraga yang baik untuk payudara adalah:

  • Push-up

Anda dapat memulai dengan memosisikan badan dengan telungkup, kemudian buka tangan selebar bahu. Posisikan badan dengan lurus dan kaki harus saling berdekatan. Turunkan badan kebawah hingga hampir menyentuh lantai. Lakukan secara berulang dan beri jeda untuk istirahat sebentar. Anda dapat melakukannya berulang sesuai kesanggupan.

  • Dumbbell bench press

Berbaringlah pada kursi dengan tangan lurus ke atas, pegang dumbbell pada kedua tangan kemudian turunkan perlahan hingga mendekati sisi dada dan balikan ke posisi awal. Anda dapat lakukan gerakan ini berulang untuk membentuk payudara.

  • Dumbbell fly

Pada gerakan dumbbell fly tangan tetap diangkat keatas sambil memegang dumbbell kemudian gerakkan tangan ke arah samping dengan perlahan. Lakukan gerakan berulang sampai dirasa cukup.

3. Hindari minuman beralkohol

Wanita yang sering meminum minuman beralkohol dipercaya akan rentan mendapati resiko penyakit payudara seperti kanker. Maka dari itu untuk mendapatkan payudara yang baik dan tetap sehat sebaiknya hindari penggunaan minuman beralkohol. 

4. Konsumsi vitamin yang baik bagi payudara

Untuk terus menjaga kesehatan payudara, Anda dapat memenuhi asupan dengan menambahkan vitamin yang baik bagi payudara. Vitamin D dipercaya dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan serta mencegah penyakit kanker payudara pada wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *