Folaplus dan Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Folaplus dan Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada ibu hamil banyak mudaratnya. Kurangnya sel darah merah bisa membuat tumbuh kembang janin menjadi tidak optimal. Belum lagi risiko anemia bisa menyebabkan pendarahan pada persalinan yang membahayakan keselamatan ibu dan anak. 

Karena alasan inilah, dokter atau bidan kerap meresepkan suplemen zat besi, asam folat, maupun vitamin B12 untuk mencegah Anda terkena anemia. Tidak jarang tenaga kesehatan menyederhanakannya dalam suplemen khusus seperti Folaplus

Namun sejatinya, upaya lain tetap perlu dilakukan untuk mencegah anemia menghampiri Anda selama masa kehamilan. Berikut ini adalah beberapa cara pencegahan anemia pada ibu hamil yang sebenarnya mudah untuk dilakukan. 

Konsumsi Sumber Zat Besi 

Perbanyaklah asupan zat besi selama masa kehamilan. Anda bisa memperolehnya dari makanan-makanan kaya zat besi yang dapat dikonsumsi tiap hari. Contohnnya saja, daging sapi maupun salmon kareng merupakan sumber makanan dengan kandungan zat besi tinggi yang layak Anda pilih. 

Vitamin C Jangan Lupa 

Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Soalnya, buah-buahan cenderung memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jenis vitamin yang satu ini punya peran penting mencegah anemia karena mampu meningkatkan penyerapan zat besi yang masuk ke tubuh. 

Tidur Cukup 

Kondisi hamil memang membuat Anda kurang nyaman untuk tidur. Namun, tahukah Anda bahwa kurang tidur bisa menyebabkan anemia? Biasakanlah untuk tetap tidur minimal 6—8 jam sehari. Tidur malam yang cukup sangat penting untuk ibu hamil. Namun, tidur siang 1—2 jam pun tidak kalah penting untuk mencegah anemia menyerang. 

Dukung dengan Folaplus 

Mengonsumsi kaplet Folaplus juga bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Suplemen ini mengandng asam folat, vitamin B6, juga vitamin B12 yang dapat melindungi ibu hamil dan menyusii dari risiko anemia megaloblastik. Ini merupakan jenis anemia yang terjadi karena kurangnya jumlah sel darah merah akibat tubuh memproduksi sel darah merah berukuran terlalu besar atau belum matang.

Jauhi Kafein 

Sebaiknya Anda membatasi asupan kafein selama masa kehamilan. Jika meman tidak terlalu penting, jangan mengonsumsi makanan atauminuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, maupun cokelat. Pasalnya, kafein dapat menghambat penyerapan zat besi pada tubuh sehingga berisiko membuat terjadinya anemia karena kekurangan zat besi. 

Lakukan Olahraga Ringan 

Jangan malas untuk berolahraga selama masa kehamilan. Nyatanya, berolahraga ringan tiap hari bisa membantu ibu hamil terhindar dari risiko anemia. Namun ingat, jangan olahraga yang berat-berat. Berjalan kaki maupun berenang menjadi olahraga terbaik yang cukup aman bagi ibu hamil. 

Hindari Cedera 

Cedera bisa menyebabkan pendarahan dan memar yang pada akhirnya akan menaikkan produksi sel darah putih dan menurunkan produksi sel darah merah pada tubuh. Alhasil, Anda pun lebih berisiko mengalami anemia. Karena itu selama masa kehamilan, upayakan pula untuk tidak mengalami cedera. 

Buat Pikiran Rileks 

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa kondisi anemia yang dialami oleh seseorang juga bisa terpicu oleh pikiran yang stres. Karena itu, mengelola pikiran dengan baik dan bijak sangat penting dilakukan oleh ibu hamil untuk meminimalkan risiko anemia. Anda bisa mengelola pikiran supaya rileks, dengan dibantu lewat aktivitas meditasi, mendengarkan musik, ataupun mengobrol bersama teman-teman kesayangan. 

Ibu hamil harus tetap sehat agar janin dalam kandungan pun kuat dan berkembang optimal. Untuk urusan anemia, mengonsumsi Folaplus tiap hari sesuai saran dokter dan menjauhi penyebab anemia pun menjadi sangat penting. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/folaplus-kaplet-1-strip-10-kaplet
https://www.fairview.org/Patient-Education/Articles/English/c/o/p/i/n/Coping_with_Anemia_Low_Red_Blood_Cells_520523
https://food.ndtv.com/health/7-best-home-remedies-for-anaemia-1655479
https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=117312
https://newsinhealth.nih.gov/2014/01/avoiding-anemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *