Ibu Melahirkan Sendiri di Rumah Membutuhkan Perhatian Lebih

Ibu Melahirkan Sendiri di Rumah Membutuhkan Perhatian Lebih

Ibu melahirkan sendiri di rumah atau di mobil ketika Anda berencana untuk melahirkan di rumah sakit atau pusat bersalin bisa sangat menakutkan. Terlepas dari apa yang Anda lihat di drama medis TV, ini sangat jarang terjadi di kehidupan nyata. Tetapi ada hampir 9.000 kelahiran per tahun yang terjadi di rumah dan tidak direncanakan atau tanpa pengawasan. Jika Anda mendapati diri Anda melahirkan sendirian di rumah atau di tempat lain, inilah cara melahirkan bayi Anda seaman mungkin.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ada sekitar 35.000 kelahiran di rumah di Amerika Serikat setiap tahun, dan 8.750 di antaranya terjadi di rumah secara tidak terduga. Itu kurang dari 1 persen kelahiran di Amerika Serikat.

Sangat tidak mungkin bahwa Anda akan menemukan diri Anda tiba-tiba melahirkan di rumah atau di kursi belakang taksi, tetapi itu bisa terjadi. Jika Anda tidak mengalami gejala persalinan atau hanya kontraksi sebentar-sebentar dan tiba-tiba merasakan dorongan yang luar biasa untuk mengejan, ini mungkin menandakan bahwa bayi Anda akan segera lahir.

Jika Anda pernah mengalami persalinan sebelumnya yang cepat (persalinan cepat), penting untuk secara khusus menyesuaikan diri dengan tanda-tanda persalinan. Bersiaplah untuk pergi ke rumah sakit atau pusat bersalin, karena persalinan berikutnya bisa berjalan lebih cepat.

Tetapi jika Anda merasa tidak akan berhasil dan Anda mendapati diri Anda di rumah dengan kontraksi yang datang dengan cepat dan kuat atau dorongan yang tiba-tiba untuk mengejan, langkah-langkah berikut dapat memandu Anda saat Anda menunggu keadaan darurat. tim untuk tiba.

Sudah sejak dahulu kala melahirkan di rumah merupakan hal biasa.terjadi. Saat tahun 1900-an, mulai banyak wanita yang melahirkan di rumah sakit. Namun, karena pemahaman kita tentang anatomi, pengobatan modern, mekanisme persalinan, dan teknologi telah meningkat secara signifikan, lebih banyak wanita yang bersedia mempertimbangkan pilihan untuk melahirkan di rumah.

Memilih dalam melibatkan bidan serta perawat yang terlatih pada kehamilan sehat serta dan berisiko rendah. Makin banyaknya seorang wanita hamil yang ingin melahirkan di rumah, maka juga akan terus bertambah berbagai penelitian ilmiah tentang hal itu agar pemahaman yang lebih banyak lagi tentang risiko serta manfaat terkait. 

Mungkinkah melahirkan di rumah tepat untuk saya?

Melahirkan di rumah dapat untuk di pilih untuk Anda apabila : 

  • Anda mempunya kehamilan sehat serta berisiko rendah
  • Anda menghindari episiotomi, operasi caesar, epidural, dan intervensi atau hal lainnya
  • Anda ingin berbagi pengalaman dengan keluarga dan teman
  • Anda mau melakukan banyak hal seperti bergerak, berganti posisi, mandi, dan makan atau minum dengan bebas disaat melakukan persalinan
  • Anda ingin menikmati kenyamanan rumah Anda dan lingkungan yang akrab

Kelahiran di rumah bukan untuk Anda jika:

  • Anda penderita diabetes
  • Anda mempunyai tekanan darah tinggi kronis, maupun toksemia
  • Anda yang mengalami persalinan prematur pada waktu yang lalu maupun  berisiko mengalami persalinan prematur saat ini
  • Suami Anda tidak mendukung penuh untuk keputusan Anda melahirkan di rumah 

Mengapa saya membutuhkan rumah sakit pendukung?

Mayoritas wanita diharuskan menghadiri setidaknya satu pertemuan antenatal dengan dokter kandungan di rumah sakit pendukung mereka. Ini biasanya di pertengahan kehamilan Anda dan bidan Anda akan mengatur janji ini untuk Anda. Pendekatan kolaboratif ini membantu memastikan perawatan terbaik untuk Anda dan bayi Anda. Dokter kandungan akan menjelaskan perannya jika Anda memerlukan transfer ke perawatan rumah sakit pada tahap apa pun dan juga dapat mendiskusikan tes yang relevan dengan Anda pada janji temu ini.

Apakah rumah saya cocok untuk melahirkan di rumah?

Kebanyakan rumah cocok untuk bersalin. Anda memerlukan akses ke toilet, air mengalir, listrik, dan telepon. Pemanas di bulan-bulan musim dingin sangat penting dan kipas angin/AC untuk bulan-bulan musim panas yang sangat panas akan membantu memastikan Anda dan bayi Anda mempertahankan suhu yang nyaman. Anda juga perlu memastikan akses ke rumah Anda untuk kendaraan dan ambulans jika diperlukan. Silakan diskusikan kebutuhan pribadi Anda dengan bidan Anda tentang ibu melahirkan sendiri di rumah.

Apa yang terjadi jika ada masalah dalam persalinan atau segera setelahnya?

Jika masalah muncul, ambulans akan dipanggil dan Anda akan dipindahkan ke rumah sakit pendukung Anda. Semua bidan  memiliki pelatihan dan pengalaman yang sesuai untuk mengidentifikasi masalah potensial dan mengelola keadaan darurat dan, jika diperlukan, dapat dengan cepat mengatur pemindahan yang tenang ke rumah sakit. Dalam keadaan darurat yang tidak terduga, bidan Anda memiliki keterampilan dan pelatihan yang diperlukan untuk memberikan respons segera terhadap situasi tersebut sambil menunggu ambulans untuk membawa Anda ke rumah sakit. Merekomendasikan agar semua klien yang merencanakan kelahiran di rumah mengatur pertanggungan ambulans yang memadai jika transfer ke rumah sakit diperlukan.

Apa yang terjadi setelah melahirkan?

Bidan Anda biasanya akan tinggal sekitar dua jam setelah melahirkan. Mereka biasanya kembali dalam 12-24 jam dan akan terus memberikan dukungan pascamelahirkan secara berkala sampai bayi berusia hingga dua minggu.

Apakah bayi saya akan diperiksa oleh dokter?

Merekomendasikan agar bayi Anda diperiksa oleh dokter umum Anda dalam waktu satu minggu setelah kelahiran. Pemeriksaan ini akan mencakup pemeriksaan displasia pinggul kongenital dan murmur jantung kongenital, bersama dengan banyak kondisi lainnya. Bidan Anda tidak terlatih untuk melakukan pemeriksaan ini.

Pastikan bayi Anda bernafas

Jika bayi Anda tidak bernapas secara spontan saat lahir, rangsang mereka dengan menggosok punggungnya dengan kuat ke atas dan ke bawah. Jika bayi Anda masih tidak mulai bernapas, baringkan mereka di punggungnya dan gosok dadanya atau tepuk bagian bawah kakinya. Jika mereka masih tidak bernapas, beri mereka resusitasi mulut ke mulut.

Tips Saat Mempertimbangkan Kelahiran di Rumah

  • Coba untuk membuat tim perawatan diantaranya dari bidan dan dokter kandungan
  • Tanyakan beberapa bidan mengenai filosofi kelahiran mereka tentang ibu melahirkan sendiri di rumah 
  • Tulis Rencana lain jika rumah sakit dibutuhkan
  • Sewa doula
  • Coba tanyakan apakah bidan Anda bekerja dengan OB/GYN cadangan
  • Temukan dokter anak yang akan memeriksa bayi dalam waktu 24 jam setelah kelahiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *