Inilah Cara Tepat Atasi Sakit Punggung dan Pinggang Saat Hamil

Salah satu cara mengatasi sakit punggung saat hamil adalah hindari memutar pinggang saat menoleh

Sakit punggung saat hamil dan juga pinggang merupakan dua keluhan umum yang terjadi di trimester kedua, mulai bulan kelima dan ketujuh kehamilan. Namun dalam beberapa kasus, nyeri bisa dimulai di minggu ke-8 sampai 12 minggu.

Kondisi sakit punggung saat hamil dan pinggang yang nyeri umumnya dipicu oleh peningkatan produksi hormon relaksin untuk membantu tubuh mempersiapkan kehamilan. Namun, hormon ini juga membuat ligamen di persendian panggul Anda mengendur. Persendian panggul yang melemah tidak bisa maksimal menaham beban tubuh, sehingga area pinggang dan punggung bawah rentan mengalami nyeri.

Meski terasa sangat mengganggu, namun Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat sakit pinggang tanpa pengawasan dokter. Nah, untuk mengatasinya, berikut tips yang bisa Anda ikuti.

  1. Perbaiki postur tubuh Anda

Salah satu penyebab dari sakit punggung dan pinggang adalah postur tubuh ibu hamil yang berubah karena titik gravitasinya bergeser condong ke depan. Sebagai cara mengatasi sakit pinggang saat hamil, cobalah untuk mulai memperbaiki postur tubuh yang benar saat berjalan dan duduk. Adapun postur tubuh yang baik seperti dikutip dari Mayo Clinic adalah:

  • Berdiri tegak dan tidak membungkuk.
  • Jaga bahu Anda tetap sedikit ke belakang dan posisikan dengan rileks.
  • Saat Anda hendak berdiri, lebarkan kaki Anda untuk mendapatkan dorongan yang baik saat ingin bangun dari duduk
  • Jangan terlalu lama berdiri. Jika Anda harus berdiri dalam waktu lama, sempatkan untuk duduk atau beristirahat.
  • Saat duduk, pilih kursi yang memiliki sandaran punggung dan tempatkan bantalan kecil di belakang punggung bawah Anda. Dengan begitu, otot punggung bawah tidak begitu terbebani. 
  1. Pakai alas kaki yang nyaman

Hindari memakai sepatu atau alas kaki dengan hak tinggi. Kenakan sepatu dengan hak rendah, datar, atau dengan lekukan sol yang baik dan tidak keras. Memakai sepatu yang nyaman akan mengurangi tekanan pada panggul.

  1. Jangan mengangkat benda berat

Saat mengangkat benda kecil, pastikan Anda dalam posisi jongkok terlebih dahulu untuk kemudian mengangkat benda tersebut. Hindari posisi membungkuk karena akan memberikan tekanan pada punggung. Angkatlah beban berat tersebut dengan dorongan dari kaki bukan dari punggung Anda. Hindari mengangkat benda-benda yang terlalu berat, karena berbahaya untuk Anda dan janin.

  1. Tidur miring

Cari posisi tidur yang nyaman untuk meredakan nyeri pada pinggang. Tidurlah dalam posisi miring dengan menekuk satu atau kedua lutut Anda. Anda juga bisa menggunakan bantal untuk menyangga lutut yang ditekuk, di bawah perut dan di belakang punggung. Posisi tidur yang direkomendasikan adalah miring ke kiri.  

  1. Gunakan bantal hangat

Untuk meredakan sakit pinggang, Anda bisa memijat bagian panggul yang sakit atau menghangatkannya dengan bantal pemanas yang diletakkan di punggung atau bagian pinggang. Pada kasus nyeri yang muncul mendadak, kompres dingin pada bagian yang terasa nyeri juga dapat membantu.

  1. Tetap aktif

Meski tidak boleh banyak melakukan pekerjaan berat, bukan berarti Anda hanya harus duduk diam atau hanya tiduran. Saat hamil, tetap lakukan aktivitas fisik yang teratur dan aman bagi Anda. Rutinitas fisik tersebut dapat membuat punggung Anda kuat dan meredakan sakit pinggang selama kehamilan.  Agar tetap aktif, Anda bisa mencoba untuk jalan kaki di pagi hari atau berenang. Olahraga juga dapat melatih peregangan otot yang bisa membantu meredakan sakit pinggang.

  1. Teknik akupunktur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat meredakan sakit punggung saat hamil. Namun saat ingin melakukannya, pastikan Anda memberitahu ahli akupunktur bahwa Anda sedang hamil.

Itulah beberapa cara dan tips untuk mengatasi sakit punggung saat hamil dan juga nyeri pinggang. Jika rasa sakitnya sudah tidak tertahankan, Anda bisa berdiskusi dengan dokter untuk mengatasi keluhan tersebut agar keselamatan bayi dan ibu tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *