Jangan Lewatkan Makanan yang Mengandung Vitamin K Ini

Jangan Lewatkan Makanan yang Mengandung Vitamin K Ini

Semua vitamin pada dasarnya sangat penting bagi tubuh dan harus Anda dapatkan dari makanan atau suplemen karena tubuh tidak bisa memproduksi vitamin sendiri. Tidak terkecuali vitamin K, jenis vitamin ini sangat esensial untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung Anda. 

Sebenarnya, tidak sulit memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Pasalnya, sangat banyak makanan yang mengandung vitamin K dengan kadar tinggi. Sebagai orang dewasa, kebutuhan vitamin K rata-rata hanya sekitar 90 mikrogram bagi wanita dan 120 mikrogram bagi pria. Sementara itu, banyak jenis sayuran dan protein hewani yang mengandung puluhan sampai ratusan mikrogram vitamin K untuk tiap porsinya. Karena alasan inilah, sangat jarang ditemukan orang dengan kasus kekurangan vitamin K. 

Jadi sebenarnya, apa saja makanan yang mengandung vitamin K tinggi? Berikut ini adalah berbagai pilihan makanan yang mengandung vitamin K melimpah yang sangat mungkin menjadi menu makanan Anda sehari-hari. 

Bayam 

Anda hanya perlu memasak setengah cangkir bayam untuk bisa mendapatkan vitamin K sebanyak 444 mikrogram. Ini jumlah yang berkali-kali lipat dibandingkan kebutuhan vitamin K yang dianjurkan. Hanya saja, jumlah vitamin K pada bayam akan menurun drastis apabila Anda mengonsumsinya mentah-mentah. Ini karena bayam yang sudah dimasak memiliki kandungan vitamin K sebanyak 3 kali lipat lebih banyak daripada bayam mentah. 

Brokoli 

Anda suka menyantap tumisan brokoli? Beruntunglah karena ini artinya Anda sudah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K yang tinggi. Setengah gelas brokoli yang ditumis ataupun direbus bisa menyediakan setidaknya 85 mikrogram vitamin K bagi tubuh Anda. Jumlah ini hampir setara dnegan kebutuhan vitamin K harian bagi perempuan dewasa yang dianjurkan. Apabila Anda menumisnya, kandungan vitamin K pada sayur brokoli bisa meningkat karena tambahan 1 sendok minyak untuk memasak bisa menyumbang sekitar 10 mikrogram vitamin K. 

Kale 

Bisa dibilang, inilah raja dari makanan-makanan yang mengandung vitamin K. Bagaimana tidak, setengah cangkir kale mentah saja bisa menyediakan 176 mikrogram vitamin K yang Anda butuhkan tiap hari. Sementara itu, jika Anda memasakanya, kandungan vitamin K pada sayur silangan ini dapat melonjak sampai 565 mikrogram. Sangat luar biasa bukan jenis sayuran hijau yang satu ini? 

Hati Sapi 

Anda termasuk yang suka menyantap hati ayam atau hati sapi? Kalau Anda penggemar hati sapi, tidak usah pusing memikirkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Soalnya, hati sapi sendiri termasuk makanan yang mengandung vitamin K melimpah. Dalam tiap 100 gram hati sapi, Anda bisa memperoleh asupan vitamin K sebanyak 106 mikrogram. 

Keju 

Berbagai jenis keju dapat Anda jadikan pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Tidak tanggung-tanggung, berbagai jenis keju pada umumnya mengandung ratusan mikrogram vitamin K untuk tiap 100 gramnya. Salah satu jenis keju yang paling tinggi menyediakan vitamin K adalah soft cheese, di mana kandungan vitamin K dalam tiap 100 gram jenis keju ini bisa mencapai 506 mikrogram. 

Collard Green 

Jenis sayuran sejenis sawi ini juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari makanan yang mengandung vitamin K melimpah. Pasalnya, setengah gelas collard green saja bisa mengandung 530 mikrofram ketika Anda merebusnya, kemudian menyantapnya Jumlah tersebut lebih dari 4 kali lipat kebutuhan vitamin K yang dianjurkan bagi orang dewasa, bukan? 

Jadi selama ini, makanan yang mengandung vitamin K apa yang paling sering Anda santap? Pastikan Anda rutin mengonsumsinya agar kesehatan tulang maupun jantung tidak perlu terganggu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *