Kegunaan dan Aturan Pakai Histrine Ft Tablet 10 mg

Histrine Ft adalah salah satu obat yang dimanfaatkan untuk mengobati permasalahan alergi. Contoh alergi yang bisa diobati adalah peradangan pada hidung, seperti rhinitis perennial, rhinitis alergi seasonal dan juga biduran tanpa sebab yang pasti. Kandungan cetirizine HCI pada Histrine Ft dapat meredakan gejala bersin, pilek, gatal, dan masih banyak lagi. Obat Histrine masuk dalam kategori berat dan Anda harus dapat resep dokter dulu jika ingin membelinya.

Tanda dan Gejala Alergi

Alergi merupakan respon alami ketika benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian tubuh menganggapnya sebagai bahaya dan memberikan respon berupa peningkatan sistem imun. Padahal jika diamati lagi, benda atau zat tersebut sebenarnya tidak berbahaya sama sekali. Ada beragam penyebab alergi (alergen) dan setiap orang alergen-nya berbeda-beda. Berikut ini tanda dan gejala dari alergi:

  1. Alergi makanan

Alergi makanan merupakan jenis alergi yang alergen-nya berasal dari makanan dengan kandungan tertentu. Tanda dan gejala yang biasanya muncul adalah biduran, pembengkakan area tertentu, mual, pusing dan lain-lain. Gejala ini muncul beberapa menit atau jam setelah Anda mengonsumsi makanan tersebut.

  1. Alergi berkaitan dengan cuaca

Ada juga orang yang mengalami alergi karena cuaca di suatu tempat. Nama lain dari alergi cuaca ini adalah hay fever atau biasa dikenali sebagai rinitis alergi. Gejala umum yang ditimbulkan mirip dengan gejala flu biasa. Hay fever dibagi menjadi dua, yakni hay fever musiman dan perennial. Untuk jenis musiman disebabkan oleh cuaca tanaman tertentu dan memicu munculnya serbuk sari yang menjadi alergen. Sedangkan perenial condong pada cuaca saja tanpa disebabkan serbuk sari tanaman.

  1. Alergi obat-obatan tertentu

Alergi karena obat tertentu bisa memicu beberapa gejala seperti rasa gatal dan biduran, batuk-batuk, nafas mengi seperti asma, dan adanya rasa sesak sulit bernafas.

  1. Alergi pada kulit

Alergi ada kulit disebabkan karena alergen berinteraksi secara langsung dengan area kulit. Gejalanya seperti ruam merah, eksim, tenggorokan sakit dan gatal, biduran, mata membengkak dan rasa sensasi terbakar di kulit.

Dosis dan Aturan Pakai Histrine Ft Tablet 10 mg

Ada banyak sekali gangguan atau permasalahan tubuh akibat alergi yang bisa diatasi menggunakan obat Histrine. Agar penggunaan optimal serta minim efek samping, Anda harus memperhatikan dosis dan aturan pakainya. Mengingat Histrine Ft merupakan obat keras yang penggunaannya harus diawasi dokter.

Dosis

  • Bagi orang dewasa dan anak-anak dengan usia 12 tahun ke atas, bisa mengonsumsi 1 tablet (10 mg) Histrine Ft 1 kali dalam sehari (1x/hari).
  • Bagi anak-anak yang usianya mulai dari 6 tahun hingga 11 tahun, bisa menggunakan obat 5 mg (separuh) – 10 mg  sebanyak 1 kali per hari (1x/hari).
  • Bagi anak-anak yang ada di 2 tahun sampai 5 tahun, gunakan obat ini dengan 2,5 mg (seperempat) – 5 mg (separuh) sebanyak 1 kali sehari (1x/hari).

Aturan Pakai

Obat ini bisa Anda gunakan dan konsumsi dengan makan maupun tanpa makan terlebih dahulu. Jadi bisa lebih fleksibel dan mudah digunakan. Gejala alergi memang kerap mengganggu saat gejalanya timbul. Itulah sebabnya, penting untuk mempersiapkan pencegahan dan obat-obatan untuk meredakan alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *