Ketahui Khasiat Methylprednisolone dalam Obat Lameson 4 mg

Lameson 4 mg adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi alergi dan inflamasi atau peradangan, seperti arthritis atau radang sendi, gangguan kesehatan pada mata serta penyakit kulit yang dapat menimbulkan gatal-gatal atau kulit menjadi berwarna kemerahan.

Lameson tablet adalah obat untuk membantu mengatasi kondisi alergi dan inflamasi atau peradangan

Lameson 4 mg mengandung zat aktif yaitu methylprednisolone. Methylprednisolone pada Lameson 4 mg berfungsi untuk meredakan reaksi alergi seperti asma. Kandungan methylprednisolone yang terdapat pada obat Lameson 4 mg juga memiliki fungsi untuk mengatasi penyakit yang menyebabkan peradangan seperti lupus dan multiple sclerosis. Akan tetapi, untuk menggunakan Lameson 4 mg, Anda membutuhkan resep dari dokter.

Kegunaan Methylprednisolone

Methylprednisolone merupakan kortikosteroid yang memiliki cara kerja yang mirip dengan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Methylprednisolone yang merupakan kandungan dari obat Lameson 4 mg ini dapat menggantikan hormon yang diproduksi kelenjar adrenal tersebut saat tubuh Anda tidak memproduksinya dalam jumlah yang cukup.

Kandungan Methylprednisolone berfungsi untuk mengurangi gejala peradangan seperti pembengkakan, kemerahan, dan nyeri serta berguna untuk mengobati beberapa bentuk radang sendi, gangguan pada kulit, darah, ginjal, mata, tiroid, usus, alergi parah, dan asma.

Penggunaan Methylprednisolone

Methylprednisolone biasanya hadir dalam bentuk tablet seperti Lameson 4 mg untuk diminum. Untuk mendapatkannya, Anda membutuhkan resep dari dokter, agar dokter bisa memberikan dosis yang tepat untuk mengobati kondisi Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan obat ini dengan disiplin dan hati-hati. Jangan mengonsumsi lebih atau kurang dari dosis yang telah ditentukan oleh dokter.

Hindari menghentikan mengonsumsi obat methylprednisolone tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika Anda menghentikan konsumsi obat secara tiba-tiba, maka hal tersebut dapat menghilangkan nafsu makan, menimbulkan sakit perut, muntah, mengantuk, bingung, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, penurunan berat badan serta kulit menjadi mengelupas. 

Jika Anda memerlukan dosis besar methylprednisolone dalam jangka waktu yang lama, dokter akan mencoba untuk menurunkan dosis Anda secara bertahap untuk memudahkan tubuh Anda menyesuaikan diri sebelum menghentikan obat sepenuhnya. Anda perlu memperhatikan efek samping yang terjadi jika Anda mengurangi dosis pemakaian secara bertahap dan setelah Anda berhenti minum tablet. Jika suatu masalah atau reaksi tertentu terjadi pada tubuh, segera hubungi dokter Anda. Anda mungkin perlu meningkatkan dosis tablet untuk sementara atau mulai meminumnya lagi.

Overdosis Methylprednisolone

Kelebihan dosis dalam mengonsumsi methylprednisolone tidak menimbulkan gejala yang mengancam jiwa. Akan tetapi, penggunaan obat steroid dosis tinggi dalam jangka panjang dapat menimbulkan gejala seperti penipisan kulit, mudah memar, perubahan bentuk dan lokasi lemak di tubuh, meningkatkan timbulnya jerawat atau rambut di wajah, terdapat masalah saat menstruasi, impotensi, atau kehilangan nafsu seks.

Segera hubungi dokter Anda jika timbul reaksi alergi terhadap methylprednisolone seperti berikut:

  • sesak napas, bengkak, berat badan bertambah dengan cepat
  • memar, kulit menjadi tipis, dan luka tidak kunjung sembuh
  • penglihatan menjadi kabur, sakit mata dan melihat bentuk seperti lingkaran cahaya saat melihat lampu
  • depresi berat dan perubahan kepribadian atau perilaku
  • menimbulkan rasa sakit baru di lengan, kaki, atau punggung
  • tinja menjadi berdarah atau lembek, serta batuk darah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • kejang-kejang
  • kaki menjadi kram, sembelit, detak jantung tidak teratur dan berdebar-debar.

Anda bisa mendapatkan Lameson 4 mg dengan harga Rp 42.700 untuk kemasan 1 strip isi 10 tablet, di apotek terdekat di kota Anda serta dengan membawa resep dari dokter. Simpan obat Lameson 4 mg di tempat yang kering dan sejuk, dan terhindar dari panas sinar matahari secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *