Permainan Ini Juga Memiliki Kesamaan Manfaat Lompat Tali

Permainan Ini Juga Memiliki Kesamaan Manfaat Lompat Tali

Anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar pada tingkat yang berbeda. Keterampilan motorik kasar sebenarnya bisa dilatih dengan cara yang mudah, salah satunya melakukan berbagai jenis permainan. Ada banyak manfaat lompat tali, berlari dan melempar yang bisa mereka dapatkan jika Anda sering melatihnya. Lebih lengkapnya, berikut beberapa permainan yang dapat melatih keterampilan motorik kasar anak.

Manfaat lompat tali dan latihan motorik anak lainnya

1. Lompat tali 

Salah satu manfaat lompat  tali adalah mampu meningkatkan keseimbangan anak. Latihan ini juga bisa menjadi bagian dari diet sensorik. Selain itu, membiasakan anak bermain lompat tali di luar atau taman juga dapat melatihnya untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain. Akan tetapi, jika Anda tidak yakin anak akan mengikuti petunjuk atau jika anak Anda belum cukup umur untuk bermain lompat tali, Anda juga bisa memberikannya trampolin mini di rumah. 

2. Hopscotch/dampu

Melompat membutuhkan keterampilan motorik kasar yang kuat, keseimbangan, dan koordinasi. Hopscotch/dampu adalah cara sederhana untuk melatih keterampilan itu. Selain itu, permainan ini juga dapat membantu melatih keterampilan anak dalam berhitung dan mengenal angka. Jika Anda tidak memiliki lahan untuk menggambar atau taman bermain di dekatnya, Anda dapat mengatur membuat papan hopscotch/dampu menggunakan selotip .

3. Kelas seni bela diri

Latihan seni bela diri adalah cara yang baik untuk membantu anak-anak mengembangkan kekuatan di lengan dan kaki mereka. Tindakan seperti menendang, meninju, dan bergulat bekerja untuk mengembangkan kelompok otot inti. Latihan ini dapat membantu anak-anak menjadi lebih seimbang dan mengetahui di mana tubuh mereka berada. Seni bela diri juga dapat memiliki manfaat tambahan untuk anak-anak dengan ADHD.

4. Permainan rintangan

Permainan rintangan membuat anak-anak bergerak dan memberi mereka tujuan untuk dicapai. Untuk latihan dalam ruangan, gunakan furnitur, bantal, dan selimut untuk membuat area untuk merangkak, di bawah, dan melalui. Di luar ruangan, Anda dapat menggunakan hal-hal seperti hula-hoop untuk melompat masuk dan keluar, jumping jacks, perut merangkak, beruang berjalan, dan gerakan kreatif lainnya yang menantang anak untuk menyeimbangkan, merangkak, melompat, dan berlari.

5. Balon dan permainan gelembung

Balon dan gelembung adalah cara unik untuk membangun keterampilan motorik kasar, karena Anda tidak dapat memprediksi ke mana gelembung tersebut akan pergi. Anak-anak dapat mengejar gelembung dan mencoba meletuskan sebanyak mungkin. Saat mengejar, anak harus berlari, melompat, berlari zigzag, dan bergerak dengan cara yang membutuhkan perubahan keseimbangan dan berat secara tiba-tiba. Hal yang sama berlaku untuk melempar dan mencoba menangkap atau menendang balon. Untuk permainan yang lebih terstruktur, Anda dapat mengatur permainan bola voli.

6. Sepeda roda tiga, skuter, dan mobil pedal

Beberapa anak yang kesulitan dengan keterampilan motorik kasar mungkin belajar mengendarai sepeda roda tiga. Permainan ini sangat membantu melatih keseimbangannya. Beberapa sepeda roda tiga dilengkapi dengan pegangan sehingga Anda dapat mendorong saat anak berlatih mengayuh. 

7. Menari

Menari adalah latihan motorik kasar yang baik. Latihan ini membantu anak-anak mengembangkan keseimbangan, koordinasi, dan keterampilan pengurutan motorik. Kegiatan ini juga membantu membangun kesadaran anak Anda tentang ritme.

8. Bermain ayunan

Permainan yang memiliki kesamaan manfaat lompat tali adalah bermain di taman bermain. Kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anak. Berayun di ayunan dapat membantu melatih keseimbangan. Kegiatan ini juga membantu mereka belajar bagaimana mengkoordinasikan pemindahan berat badan dan menggerakkan kaki ke depan dan ke belakang. Selain itu, bermain ayunan sangat membantu melatih otot-otot dan batang tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *