Masker Wajah Lidah Buaya, Ini Manfaatnya

Masker Wajah Lidah Buaya, Ini Manfaatnya

Aloe vera atau lidah buaya mungkin adalah salah satu pengobatan herbal topikal yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam gangguan kulit. Bukan menjadi hal yang aneh apabila lidah buaya bahkan digunakan sebagai masker wajah. Hal ini disebabkan karena komponen seperti gel yang dikenal dapat menyembuhkan kulit dari berbagai gangguan kesehatan kecil. Faktanya, bahkan Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk merawat luka bakar akibat matahari, luka sayatan ringan, dan luka akibat abrasi atau goresan kecil. 

Meskipun digunakan sebagai masker wajah atau untuk menyembuhkan luka ringan, mungkin Anda khawatir seputar keamanan lidah buaya. Ketika digunakan dengan benar, lidah buaya merupakan alternatif perawatan kulit yang aman. Dalam banyak produk OTC kulit, gel lidah buaya berasal dari tanaman dengan nama yang sama. Selain menggunakannya dari produk OTC, Anda bisa memotong daun lidah buaya, dan menekan gel alaminya langsung untuk langsung digunakan. Namun, akan lebih mudah menggunakan produk OTC khusus yang mengandung lidah buaya guna mengatasi luka kegawatdaruratan seperti luka bakar dan luka sayatan. Hal ini disebabkan karena gel lidah buaya OTC sering mengandung bahan penenang kulit lainnya, seperti echinacea dan calendula. 

Orang-orang menggunakan masker wajah lidah buaya khususnya untuk mengatasi kulit yang kering. Gel lidah buaya dapat menyerap dengan mudah, membuatnya sangat cocok bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Akan tetapi, lidah buaya juga dapat membantu merawat kulit kering. Cobalah untuk mengganti produk pelembap regular Anda dengan lidah buaya setelah mandi untuk membantu mengunci kelembapan di dalam kulit Anda. Selain manfaatnya sebagai masker wajah, manfaat lidah buaya lain dengan hubungan untuk kulit di antaranya adalah:

  • Luka bakar. Untuk luka bakar minor, cobalah untuk mengoleskan gel aloe vera pada daerah yang luka tiga kali sehari. Anda juga perlu melindungi daerah tersebut dengan perban. 
  • Luka bakar sinar matahari. Meskipun lidah buaya dapat membantu mengatasi luka bakar akibat sinar matahari, penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya bukanlah cara yang efektif dalam mencegah luka bakar ini. Sehingga pastikan Anda untuk tetap memakai tabir surya setiap hari saat berada di luar ruangan. 
  • Sayatan kecil. Jika jari Anda terluka saat memasak di dapur atau karena terjatuh, cobalah untuk menggunakan lidah buaya. Struktur molekuler lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Struktur tersebut juga dapat meminimalisir jaringan parut dengan cara meningkatkan kolagen dan melawan bakteri. Oleskan tiga kali sehari pada daerah yang luka. 
  • Eksim. Efek melembapkan dari lidah buaya dapat membantu mengatasi kulit kering dan gatal-gatal yang disebabkan karena eksim. Gel lidah buaya juga dapat membantu mengatasi gejala yang muncul akibat seborrheic dermatitis. Meskipun bentuk eksim yang berminyak ini lebih sering ditemukan di kulit kepala, kondisi ini dapat memengaruhi bagian wajah Anda dan bagian belakang telinga. 
  • Psoriasis. Sama seperti eksim, aloe vera atau lidah buaya dapat membantu meringankan peradangan dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis. Agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik, oleskan lidah buaya setidaknya dua kali setiap harinya pada daerah yang menderita psoriasis. 

Lidah buaya bisa dibilang sebagai sumber perawatan alami untuk berbagai macam gangguan atau kondisi kulit. Bahkan manfaat lidah buaya untuk kulit membuat banyak orang memutuskan menggunakannya sebagai masker wajah. Namun, masih belum ada bukti yang cukup yang mendukung semua manfaat lidah biaya. Meskipun demikian, lidah buaya aman untuk digunakan. Jika penggunaan lidah buaya menimbulkan iritasi, hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *