Mudah Sembelit Pada Saluran Cerna? Lakukan Langkah Berikut

Mudah Sembelit Pada Saluran Cerna? Lakukan Langkah Berikut

Sistem pencernaan merupakan salah hal penting yang harus terus dijaga. Saat sistem pencernaan tidak sehat atau sedang terganggu, hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang kerap terjadi adalah sembelit. Beberapa ciri khas penyakit sembelit:

– Kotoran yang keras dan cenderung kering

– Mudah  merasa sakit saat buang air besar

– Selang waktu buang air besar yang cukup lama (setidaknya tidak buang air besar hingga 3 kali dalam seminggu)

– Perut sering terasa penuh dan kembung

Mengapa sembelit kerap terjadi?

Meski ada banyak hal yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan sehingga menyebabkan sembelit, beberapa hal dibawah ini dinilai sering jadi penyebab utama seseorang terkena masalah sembelit.

1. Kurang serat

Saat tubuh kekurangan serat, dampak yang paling mudah ditimbulkan adalah kotoran atau feses yang keras dan kering. Saat hal ini terjadi, mengkonsumsi buah dan sayuran secara teratur adalah cara yang dapat dilakukan untuk meringankan keluhan.

2. Dehidrasi

Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh, tak terkecuali kotoran. Saat tubuh tak tercukupi kebutuhan airnya, kotoran cenderung memiliki tekstur yang kering dan keras. Sebaliknya, saat tubuh terhidrasi dengan baik, kotoran akan memiliki tekstur yang cenderung lunak.

3. Sering menahan buang air besar

Kebiasaan yang satu ini ternyata juga sangat berpengaruh pada kesehatan pencernaan terutama masalah sembelit. Sering menahan buang air besar hanya akan membuat usus tertekan dan akibatnya proses buang air besar yang seharusnya mudah malah menjadi sulit.

5. Efek samping obat

Ada beberapa obat yang dinilai dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan dan mampu menyebabkan sembelit. Beberapa diantaranya adalah obat pereda nyeri, obat anti-inflamasi, antihistamin, antidepresan, suplemen zat besi, obat tekanan darah, serta obat anti mual. Meski tidak semua orang dapat menjadi sembelit akibat penggunaan obat, namun harap berhati-hati pada penggunaan obat yang telah disebutkan tadi.

6. Stres

Meski tak menjadi penyebab utama sembelit, nyatanya stres dapat mengganggu kerja usus yang dapat memudahkan usus terkena berbagai masalah, salah satunya memperparah sembelit. Pengelolaan stres adalah hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir hal ini terjadi. 

Langkah yang harus dilakukan agar terhindar dari sembelit:

1. Cukupi kebutuhan serat

Konsumsi buah dan sayuran tinggi serat setiap harinya dapat membantu Anda mengurangi keluhan sembelit yang terjadi. Pisang, pir, apel, jeruk, stroberi, serta brokoli, wortel, dan sawi adalah beberapa jenis buah dan sayuran tinggi serat yang dapat Anda coba untuk terus mencukupi kebutuhan serat harian. 

2. Konsumsi air putih yang banyak

Setidaknya konsumsi dua liter air setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit pun akan mudah diatasi.

3. Jangan menahan buang air besar

Stop kebiasaan buruk menahan buang air besar jika tidak ingin sembelit menjadi lebih parah. Saat ingin buang air besar, usahakan langsung ke toilet dengan segera agar usus tidak menahannya lebih lama lagi. 

4. Minimalisir stres

Alihkan stres dengan melakukan banyak kegiatan aktif seperti olahraga minimal 15 menit setiap harinya. Atau Anda dapat melakukan kegiatan yang disukai secara rutin. Coba juga lakukan aktivitas menenangkan seperti meditasi. Dengan begitu, stres dapat pelan-pelan diminimalisir. 

5. Tambah dengan probiotik

Di dalam probiotik terkandung bakteri baik untuk pencernaan yang mampu mengatasi masalah-masalah pencernaan seperti sembelit. Salah satu minuman tinggi probiotik yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi masalah pencernaan khususnya sembelit adalah Yoghurt Greenfield.

Di dalam yogurt greenfield terdapat kandungan baik probiotik yang kaya nutrisi sehingga tak hanya baik untuk pencernaan, namun juga mampu mencukupi nutrisi harian tubuh. Varian rasa yang ditawarkan pun beragam yang dapat disesuaikan dengan rasa favorit mulai dari strawberry, mangga, peach, leci, hingga mixed fruit.

Dengan rutin mengkonsumsi probiotik serta terus menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya, masalah pencernaan seperti keluhan sembelit dapat dengan mudah diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *