Obat Alergi? Yuk Coba 5 Essential Oils Ini!

Obat alergi sangat penting bagi penderita alergi. Ada beberapa obat yang bisa Anda gunakan, tergantung bentuk alergi dan seberapa parah kondisi Anda.

Alergi adalah reaksi ketika sistem imun tubuh manusia bereaksi terhadap pemicu yang seharusnya tidak mengancam kesehatan. Pemicu ini disebut alergen dan alergen bisa bermacam-macam.

Ada begitu banyak bentuk alergi dan setiap alergi berbeda-beda, tidak sama setiap orang. Ada yang mengalami alergi dingin, alergi debu, alergi serbuk, alergi bulu hewan, hingga alergi makanan.

Paparan terhadap alergen tersebut akan memunculkan gejala alergi. Tentunya gejala alergi berbeda-beda setiap orang, tergantung kondisinya.

Gejala alergi yang umum terjadi adalah:

  • Bersin-bersin
  • Mata gatal dan berair
  • Hidung gatal dan berair
  • Ruam
  • Bercak merah
  • Muntah-muntah
  • Diare

Sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan obat alergi yang tepat sesuai kondisi Anda. Umumnya, dokter akan meresepkan obat-obat yang masuk ke dalam kelompok obat berikut ini:

  • Antihistamin
  • Dekongestan
  • Anticholinergic
  • Kortikosteroid
  • Mast Cell Stabilizers
  • Allergy shots

Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai obat alergi di artikel berikut ini (insert link). Tentunya, obat alergi juga harus disesuaikan dengan gejala alergi yang Anda alami.

Nah, selain menggunakan obat resep atau obat bebas yang bisa Anda dapatkan di apotek, ada cara lain untuk mengatasi alergi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan essential oils atau minyak alami.

5 pilihan essential oils untuk alergi

Essential oils atau minyak alami bisa Anda dapatkan dengan mudah. Tentunya, ada banyak jenis minyak yang bisa Anda gunakan, fungsinya berbeda-beda.

Minyak-minyak alami ini dapat menjadi obat alergi alternatif atau untuk melengkapi obat resep yang Anda konsumsi. Minyak ini didapatkan dari tumbuhan dan dapat digunakan dengan berbagai cara.

Berikut beberapa cara untuk menggunakan essential oils:

  • Menggunakan diffuser
  • Dicampur dalam produk untuk mandi dan spa
  • Mengoleskannya pada kulit langsung
  • Menyemprotkan ke udara
  • Menghirup langsung

Dengan menghirup langsung, Anda akan mendapatkan efek aromaterapi. Perawatan ini akan merangsang tubuh melalui indra penciuman Anda.

Hingga kini masih dilakukan penelitian untuk mendukung penggunaan minyak alami sebagai obat alergi. Meski begitu, manfaat aromaterapi dari minyak-minyak ini sudah terbukti.

1. Minyak lavender

Lavender cukup populer digunakan sebagai minyak esensial. Ada banyak manfaat dari minyak ini.

Minyak lavender dapat meringankan gejala selama musim alergi, artinya dapat mengurangi peradangan Anda. Studi menemukan bahwa minyak esensial dapat mencegah peradangan akibat alergi.

Coba gunakan minyak lavender ke dalam diffuser sebagai aromaterapi atau encerkan ke dalam minyak lainnya.

2. Campuran minyak cendana, kemenyan, dan atsiri ravensara

Penelitian menggunakan campuran tiga minyak ini untuk mengobati alergi rinitis tingkat parah. Hasilnya cukup efektif untuk mengurangi saluran hidung tersumbat, hidung gatal berair, dan bersin-bersin.

Artinya, campuran tiga minyak esensial ini dapat membantu meringankan gejala akibat alergi. Tentu ada manfaat-manfaat lainnya, seperti memberikan kualitas tidur yang lebih baik.

Anda bisa mengencerkan formula tiga minyak ini bersama dengan carrier oil (seperti coconut oil atau olive oil) dan mengoleskannya langsung ke kulit.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih sudah lama dikenal dan digunakan di Indonesia. Kandungan eukaliptus dapat berperan sebagai anti-inflamasi dan membantu mengatasi hidung tersumbat.

Minyak ini terasa hangat, tetapi dapat memberikan sensasi dingin ketika dihirup. Artinya, menghirup minyak kayu putih juga dapat membantu melancarkan hidung tersumbat akibat alergi musiman.

Menariknya, minyak kayu putih juga dapat mengurangi peradangan. Penggunaan secara rutin dapat mengurangi gejala alergi.

4. Tea tree oil

Hingga kini masih dilakukan penelitian untuk mencari tahu dampak penggunaan minyak esensial untuk meredakan alergi. Namun, tea tree oil diyakini dapat membantu meringankan gejala alergi.

Tea tree oil diyakini dapat memberikan efek anti-inflamasi. Namun, minyak ini juga dapat memicu reaksi alergi terhadap sebagian orang. Lakukan tes ke kulit Anda sebelum menggunakannya.

5. Peppermint

Minyak peppermint diyakini dapat mengurangi peradangan. Penggunaan minyak ini dapat membantu Anda bernapas lebih lega, baik dengan menggunakannya dengan diffuser atau mencampurnya dengan carrier oil dan dioleskan di kulit.

Anda bisa mengombinasikan minyak peppermint dengan minyak lavender untuk menciptakan kombinasi pereda alergi yang lebih efektif, tentu menimbulkan efek menenangkan pula.

Nah itu dia manfaat minyak-minyak alami sebagai obat alergi alternatif yang bisa Anda coba. Menarik kan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *