Perawatan Batuk Berdahak Selain Obat Pengencer Dahak

Perawatan Batuk Berdahak Selain Obat Pengencer Dahak

Batuk berdahak adalah batuk yang memproduksi lendir atau dahak. Dikenal pula dengan sebutan batuk produktif, batuk ini akan membuat Anda dapat merasakan adanya lendir yang bergerak dari paru-paru. Setelah batuk produktif, Anda akan dapat merasa adanya lendir atau dahak di mulut. Untuk mengatasi hal ini, dokter biasanya akan memberikan obat pengencer dahak

Refleks batuk adalah mekanisme pertahanan yang dapat membantu melindungi tubuh dari iritan, seperti debu di udara. Ketika sistem saraf Anda mendeteksi iritan di saluran udara, sistem saraf akan memperingatkan otak. Otak kemudian akan pesan ke otot di dada dan perut, memberitahu mereka untuk berkontraksi dan mendorong atau menghembuskan udara. Akan tetapi, refleks batuk Anda sangat mudah terpicu oleh lendir atau dahak. Oleh karena itu, guna mengatasi batuk berdahak, obat pengencer dahak sering digunakan. 

Batuk berdahak dan produktif hampir selalu menjadi tanda adanya infeksi bakteri dan virus, terutama pada anak-anak. Ketika Anda memiliki infeksi pernapasan atas, seperti demam atau flu, tubuh memproduksi lebih banyak lendir dibandingkan dengan biasanya. Ketika dahak menumpuk di dada, Anda akan kesulitan dalam bernapas. Anda juga akan lebih sering batuk pada malam hari, karena dahak akan berkumpul di bagian belakang tenggorokan saat Anda berbaring. Meskipun dapat mengganggu tidur, batuk berdahak biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Obat pengencer dahak dapat mengatasi hal ini. 

Home remedies

Batuk berdahak biasanya disebabkan karena virus. Tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh dokter untuk kasus ini, sehingga ada beberapa perawatan rumahan atau home remedies yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Menggunakan humidifier. Humidifier dapat membantu Anda menghindari menghirup udara yang kering. Hal ini khususnya sangat baik dilakukan di malam hari, ketika tenggorokan Anda kering secara alami. Tenggorokan yang kering rentan menderita iritasi dan peradangan. Dahak di saluran pernapasan juga menjadi lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan dari paru-paru. 
  • Mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membantu Anda melembapkan saluran udara atas. Ini juga bisa menjadi obat pengencer dahak alami di dada. Cobalah untuk diam di bawah pancuran air hangat selama kurang lebih 5 menit. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sesuai dengan kebutuhan. 
  • Madu. Madu lebah alami merupakan salah satu cara paling efektif dalam merawat batuk berdahak. Uji klinis kecil menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan membuat anak tidur lebih nyenyak. 
  • Vitamin C. Dosis vitamin C dalam jumlah besar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi virus dengan lebih cepat. Cobalah makan jeruk atau minum jus jeruk segar dua kali sehari hingga gejala semakin membaik. 
  • Ekstrak geranium. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak geranium dapat membantu merawat batuk, demam, dan bronchitis. Cobalah menambahkan minyak esensial geranium ke dalam diffuser. Namun, penting untuk diingat bahwa sangat mungkin bagi seseorang untuk menderita alergi terhadap minyak geranium. 
  • Hidrasi. Tetap terhidrasi sangat penting ketika Anda melawan sebuah infeksi. Hal ini juga akan membantu mencegah tenggorokan kering dan menjadi meradang atau iritasi. 

Batuk berdahak biasanya merupakan sebuah gejala infeksi virus. Infeksi biasanya akan hilang dengan sendirinya. Obat pengencer dahak tersedia untuk mengatasi batuk berdahak. Anda juga bisa mencoba beberapa home remedies yang disebutkan di atas. Kebanyakan dari home remedies tersebut aman bagi anak. Konsultasi dengan dokter apabila Anda memiliki pertanyaan seputar perawatan batuk berdahak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *