Prosedur Endoskopi di RS Surya Husadha Nusa Dua

RS Surya Husadha Nusa Dua adalah rumah sakit yang terletak di dekat daerah pusat aktivitas pariwisata. Diketahui, RS Surya Husadha Nusa Dua berlokasi di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. 

RS Surya Husadha Nusa Dua memiliki banyak pelayanan dan fasilitas salah satunya adalah endoskopi. Endoskopi menggunakan alat yang berbentuk seperti tabung panjang, tipis dan fleksibel yang dilengkapi dengan lampu dan kamera di salah satu ujungnya.

Tindakan medis endoskopi dilakukan dengan cara memasukkan tabung tipis panjang tersebut langsung ke dalam tubuh untuk mengamati organ atau jaringan di dalam tubuh secara detail. Tindakan endoskopi juga dapat digunakan untuk melakukan fungsi lain seperti pencitraan dan operasi kecil.

Tindakan endoskopi seperti yang merupakan salah satu layanan dari Rumah Sakit Surya Husadha Nusa Dua ini dapat dimasukkan ke dalam lubang tubuh seperti mulut atau anus. Tak hanya itu, tabung tipis tersebut juga bisa dimasukkan melalui sayatan kecil seperti di lutut atau perut. 

Prosedur endoskopi modern memiliki banyak manfaat, seperti berikut ini.

  • Endoskopi menjadi prosedur medis yang relatif aman dan bisa dilakukan dengan cepat.
  • Dapat memudahkan dokter untuk mengetahui kondisi pasien
  • Memudahkan dokter mengetahui pengobatan yang akan diberikan
  • Dapat digunakan untuk mengangkat tumor atau polip yang terdapat di saluran pencernaan.

Persiapan Metode Endoskopi

Prosedur endoskopi tidak memerlukan Anda untuk menginap semalaman di rumah sakit. Hal ini karena prosedur endoskopi termasuk cepat, kira-kira 1 jam saja untuk menyelesaikannya.

Untuk melakukan beberapa jenis tindakan endoskopi, biasanya dokter akan memberikan instruksi persiapan prosedur seperti harus berpuasa selama 12 jam. Untuk prosedur endoskopi yang digunakan untuk mengetahui kondisi usus maka obat pencahar harus diminum malam sebelumnya untuk membersihkan sistem pencernaan. Anda juga penting untuk menyebutkan semua obat termasuk suplemen yang sedang dikonsumsi sebelum dilakukan prosedur endoskopi.

Prosedur Endoskopi

Prosedur tindakan medis endoskopi akan dilakukan karena tiga alasan utama seperti berikut ini.

1. Pemeriksaan Penunjang

Prosedur endoskopi dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab muntah, gangguan pernapasan, sakit perut, sakit maag, kesulitan menelan atau terjadi pendarahan gastrointestinal.

2. Konfirmasi Diagnosis

Endoskopi dapat dgunakan untuk melakukan prosedur biopsi yang berfungsi untuk memastikan diagnosis kanker atau penyakit lain.

3. Pengobatan

Prosedur endoskopi dapat berfungsi untuk membantu pengobatan secara langsung, contohnya untuk menyegel pembuluh darah yang mengalami pendarahan atau menghilangkan polip.

Tindakan medis endoskopi pada umumnya dilakukan saat pasien masih sadar, meskipun terkadang pasien akan menerima anestesi lokal atau dibius. Untuk endoskopi yang mengharuskan masuk melalui mulut, maka Anda perlu menggunakan pelindung mulut untuk melindungi gigi dan bibir saat tabung dimasukkan.

Risiko dan Efek Samping Endoskopi

Prosedur endoskopi termasuk prosedur yang relatif lebih aman, tetapi tentunya ada risiko yang bisa timbul. Risiko yang muncul akibat prosedur endoskopi tergantung pada area yang sedang diperiksa.

Risiko endoskopi yang bisa muncul yaitu:

  • sedasi berlebihan
  • sering merasa kembung
  • kram ringan
  • tenggorokan terasa mati rasa usai diberikan anestesi lokal
  • nyeri secara persisten di area endoskopi
  • terjadi pendarahan di internal
  • terjadi komplikasi yang berhubungan dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya

Usai mendapat prosedur endoskopi, maka Anda perlu diobservasi selama beberapa waktu setelah prosedur, pada umumnya sekitar satu jam. Setelah mendapat prosedur endoskopi, maka Anda biasanya tidak boleh langsung bekerja atau mengemudi karena masih ada efek sedatif dari obat yang digunakan untuk mencegah rasa sakit.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan tindakan endoskopi, Anda bisa menghubungi rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut seperti Rumah Sakit Surya Husadha Nusa Dua yang berlokasi di Jalan Siligita Jalan Nusa Dua No.14, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *