Sekolah Ramah Anak, Apa Saja Indikatornya?

Sekolah Ramah Anak, Apa Saja Indikatornya?

Memastikan anak bersekolah di tempat terbaik tentu keinginan tiap orang tua. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar anak dapat memperoleh pendidikan di tempat terbaik adalah mencari sekolah ramah anak sebagai tempat si kecil menempuh pendidikannya. 

Namun ingat, tidak semua sekolah dapat dikategorikan sebagai sekolah ramah anak. Di Indonesia sekolah yang terkategori ramah anak hanya sekitar 15 persen dari sekolah yang ada. Ada sejumlah indikator yang bisa membuat sebuah lembaga pendidikan terkategori sebagai sekolah ramah anak. Indikator-indikator inilah yang sebaiknya ada teliti sebelum memutuskan memasukkan anak ke suatu sekolah atau tidak. 

Jadi ingin tahu apa saja indiaktor sebuah lembaga pendidikan disebut sebagai sekolah ramah anak? Berikut ini adalah kriteria-kriteria yang harus ada dalam sebuah sekolah aga dianggap ramah bagi para siswanya. 

Kurikulum yang Jelas dan Melindungi 

Kurikulum yang ada di sekolah ramah anak harus tercantum dengan jelas dan disosiaisasikan dengan baik ke orang tua maupun masyarakat secara umum. Yang juga harus teliti adalah kurikulum di sekolah juga harus mencantumkan pelaksanaan program apa saja untuk bisa mencapai kategori ramah anak. Tidak ketinggalan harus ada pencantuman UU Perlindungan anak sebagai dasar hukum terkait berdirinya sekolah tersebut. 

Jaminan Pendidik dan Staf Tanpa Kekerasan 

Kriteria lain dari sekolah ramah anak dapat dilihat dari tenaga pendidikan yang ada di lembaga pendidikan tersebut. Di mana tenaga pendidikan yang termasuk pengajar maupun staf lain harus dijamin tidak melakukan kekerasan kepada anak. Yang dimaksud kekerasan di sini bukan hanya kekerasan fisik, melainkan juga kekerasan seksual ataupun kekerasan emosional. Dalam hal ini, pengejekan anak, seperti mengatakan nakal, bodoh, dan malas; tidak diperkenankan.  

Pembelajaran Aktif dan Kreatif 

Sekolah ramah anak harus mengutamakan pembelajaran yang aktif dan kreatif. Pengajaran tidak boleh hanya bersifat menerangkan, namun juga harus melibatkan para peserta didik secara maksimal. Bukan hanya itu, pembelajaran juga harus dilakukan secara kreatif agar suasana belajar terasa menyenangkan. 

Tidak Memberi Kesempatan Diskriminasi 

Indikator lain dari sekolah ramah anak adalah tidak mendiskriminasikan siswa yang belajar dalam sekilah tersebut. Untuk mencegah diskriminasi ini, penyeragaman pakaian, sepatu, maupun buku biasa diberlakukan. Bukan hanya itu, tidak boleh ada juga tindakan yang mempermalukan siswa di depan temannya, misalnya terkait prestasi, karena hal tersebut dianggap pula sebagai diskriminasi. 

Sarana dan Prasarana Memadai 

Sarana dan prasarana sangat menentukan bagaimana sebuah sekolah dapat dikategorikan ramah anak atau tidak. Beberapa sarana dan prasarana yang dapat mendukung suasana ramah anak, antara lain ruang kelas yang tidak terlalu sesak dengan ventilasi yang baik, toilet yang bersih, tempat cuci tangan, sampai area sekolah yang bebas asap rokok. 

Tidak Melibatkan Anak dalam Penagihan Biaya Sekolah 

Dalam sekolah yang terkategori ramah anak, pihak sekolah tidak boleh melibatkan siswa dalam urusan penagihan biaya sekolah. Biaya ini bukan hanya tentang SPP bulanan, melainkan juga infaq yang bersifat sukarela maupun biaya program yang telah didiskusikan dalam acara yang telah dicanangkan. Terkait biaya di luar program pendidikan inti, sekolah ramah anak tidak diperkenankan memberi paksaan bagi siswa untuk harus ikut dan membayar program tersebut. 

Reward dan Punishment yang Sesuai 

Reward dan punishment harus diberlakukan secara adil pada sekoilah ramah anak. Di mana pengajar sebaiknya memberi pujian ataupun penghargaan pada anak yang memiliki prestasi di bidang akademis maupun nonakademis. Sementara pada siswa yang kurang berhasil, sebaiknya pula diterapkan motivasi lewat berbagai punishment yang membimbing. 

Mencari sekolah ramah anak memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan survei langsung ke tiap sekolah. Namun, Anda tidak akan menyesal karena sekolah yang nantinya Anda dapatkan bisa membuat anak Anda belajar dengan nyaman dan menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *