Solusi Gigi Rapi, Pasang Behel di Dokter Gigi Jakarta Timur

Cara paling umum yang dilakukan oleh banyak orang untuk merapikan gigi adalah dengan pemasangan behel. Sebelum memutuskan untuk menggunakan behel, banyak hal yang harus Anda ketahui. Salah satu dokter gigi Jakarta Timur yang memiliki prosedur unggulan pemasangan behel adalah Quality Dental Care Utan Kayu.

Gigi yang berantakan atau maloklusi bisa membuat fungsi rongga mulut terganggu. Ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit seperti radang gusi atau gigi berlubang. Untuk menghindari hal tersebut, Anda membutuhkan behel gigi.

Kawat pada behel akan memberikan tekanan terus-menerus sehingga dapat mengatur susunan gigi ke posisi tertentu. Proses ini juga mengubah struktur  rahang dan tulang di sekitar gigi menjadi lebih rapi. Pemasangan behel gigi dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti.

Kondisi yang membutuhkan pemasangan behel gigi

Pemasangan behel umumnya dilakukan karena kondisi tertentu yang menyebabkan terganggunya aktivitas dan kesehatan gigi. Namun, terkadang behel juga dilakukan untuk estetika.

Kondisi yang membutuhkan pemasangan kawat gigi adalah seperti:

  • Susunan gigi tidak rapi atau berjejal
  • Jarak antar gigi renggang
  • Gigi depan atas lebih maju dibandingkan gigi bawah atau sebaliknya
  • Susunan rahang yang membuat mulut tidak sejajar saat dikatupkan

Waktu untuk pemasangan behel gigi

Behel gigi bisa dipasang jika Anda sudah memiliki gigi permanen yang tumbuh sempurna. Maka dari itu, pemasangan behel dianjurkan pada anak yang berusia minimal 8 tahun. Pada usia ini, rahang dan mulut sedang dalam masa pertumbuhan dan gigi masih bercampur antara gigi permanen dan gigi susu.

Pada orang dewasa, kawat gigi biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Ini dikarenakan perbaikan struktur gigi lebih terbatas.

Persiapan sebelum pasang behel gigi

Dokter akan melakukan persiapan awal sebelum pemasangan behel gigi. Beberapa persiapan ini meliputi:

  • Pemeriksaan rongga mulut, meliputi rahang dan jaringan di dalamnya.
  • Rontgen gigi untuk melihat posisi rahang
  • Pembuatan cetakan gigi
  • Pencabutan gigi jika ruang untuk pergerakan gigi kurang
  • Prosedur lainnya, tergantung dengan kondisi pasien

Prosedur pasang behel gigi

Setelah melakukan persiapan awal, dokter akan memasang dan menentukan jenis dan bentuk kawat gigi yang sesuai. Kawat gigi terbagi dalam beberapa komponen, yaitu:

  1. Bracket

Bracket merupakan bagian behel yang menempel ke permukaan gigi dan berbentuk kotak kecil. Bracket terbuat dari stainless steel atau keramik.

  1. Ortodontic ring

Ortodontic ring ditempatkan pada gigi geraham yang disambungkan pada seluruh bracket dan kawat gigi. Bahan dari ortodontic ring adalah titanium atau stainless steel.

  1. Kawat fleksibel

Kawat berfungsi untuk mendorong gigi agar bisa bergeser dan diletakkan di atas bracket.

  1. Karet o-ring

Karet o-ring berfungsi untuk menahan kawat pada posisinya dan dipasang di sekeliling bracket yang telah dipasangi kawat. Anda bisa memilih warna karet sesuai dengan keinginan.

Perawatan setelah pasang behel gigi

Setelah berhasil dipasang, kawat gigi membutuhkan beberapa hari hingga minggu untuk melakukan penyesuaian. Anda mungkin akan merasa tidak nyaman atau sakit pada gigi dan gusi.

Dokter mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri untuk mengatasi hal tersebut. Anda juga perlu menghindari konsumsi makanan yang keras agar tidak semakin nyeri.

Sariawan juga mungkin akan terjadi karena jaringan rongga mulut lecet. Anda bisa mengatasinya dengan berkumur air garam dan mengoleskan obat sariawan.

Biasanya, setelah satu bulan Anda akan terbiasa dengan kawat gigi. Pastikan juga Anda melakukan kontrol ke dokter gigi, setidaknya satu bulan sekali.

Hasil dari pasang behel gigi

Biasanya perawatan behel gigi membutuhkan waktu 1-3 tahun. Namun, tiap orang bisa membutuhkan waktu yang berbeda. Hasilnya adalah gigi menjadi lebih rapi dibandingkan dengan sebelum pemasangan behel. 

Setelah behel dilepas, Anda bisa menggunakan retainer untuk memastikan posisi gigi tidak bergeser.

Memilih tempat pasang behel gigi

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan behel gigi, Anda bisa mengunjungi salah satu dokter gigi Jakarta Timur, yaitu Quality Dental Care Utan Kayu. Pemasangan behel gigi merupakan prosedur unggulan klinik ini.

Selain pemasangan behel, prosedur unggulan Quality Dental Care Utan Kayu lainnya adalah perawatan estetik, perawatan gigi tiruan, perawatan gigi anak, perawatan saluran akar, implan gigi, bedah mulut, dan penambalan gigi.

Dokter gigi Jakarta timur ini terletak di Jalan Kramat Asem No.7B, Matraman, Jakarta Timur, dan beroperasi setiap Senin – Jumat pukul 10:00 – 21:00 dan Sabtu pukul 09:00 – 12:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *