Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Lakukan Prosedur Cabut Gigi

Ada beberapa alasan mengapa orang harus melakukan prosedur cabut gigi. Adanya kerusakan gigi yang berlebihan sehingga membuat mulut terasa tidak nyaman, infeksi gigi, atau bahkan gigi yang berjejal juga bisa menjadi alasan mengapa sebaiknya ada gigi yang dicabut.

Kemudian muncul beberapa pertanyaan mengenai bagaimana prosedurnya akan berlangsung? Apa saja yang perlu disiapkan ketika ingin menjalani prosedurnya?

Bagi Anda yang baru saja pertama kali ingin menjalani prosedur cabut gigi, prosedur ini mungkin akan terdengar sedikit menyeramkan, terutama bagi anak-anak. Namun tidak perlu khawatir, disini SehatQ akan membantu Anda mempersiapkan diri sebelum lakukan prosedur cabut gigi agar lebih tenang.

Cari tau jenis prosedur bedah yang akan dijalani

Hal pertama yang penting untuk Anda lakukan adalah dengan mengetahui jenis operasi seperti apa yang akan dijalani, sehingga Anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Dalam prosedur cabut gigi, terbagi atas dua, yaitu:

Ekstraksi sederhana

Pada ekstraksi sederhana, dokter gigi akan diberikan obat bius atau anestesi lokal. Tujuannya adalah untuk membuat area di sekitar gigi menjadi mati rasa, sehingga selama prosedur Anda tidak akan merasa rasa sakit yang berlebihan.

Selanjutnya, dokter gigi akan menggunakan alat yang disebut sebagai elevator untuk mengendurkan gigi agar gigi lebih mudah untuk dicabut. Anda mungkin bisa merasakan tekanan atau rasa nyeri sedikit selama proses tergantung dari seberapa parah keadaan gigi.

Ekstraksi bedah

Pada ekstraksi bedah, prosesnya lebih rumit dibandingkan dengan ekstraksi sederhana. Dokter gigi akan memberikan anestesi lokal dan anestesi intravena untuk membuat Anda merasa lebih tenang dan rileks selama proses bedah berlangsung.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan anestesi umum tergantung dengan kondisi. Ketika diberikan anestesi umum, Anda tidak akan sadarkan diri selama prosedur ekstraksi bedah berlangsung.

Dokter gigi kemudian akan melakukan tindakan dengan memotong gusi Anda, membuat sayatan kecil di area gigi yang hendak dicabut. Kemudah bagian tulang di sekitar gigi mungkin perlu dihilangkan atau melakukan pemotongan gigi sebelum gigi dicabut.

Mengetahui jenis prosedur apa yang akan dijalani dapat membantu Anda menentukan tingkat sedasi kedokteran gigi yang Anda inginkan, karena pencabutan gigi bedah dapat berlangsung sedikit lebih lama dan lebih rumit, terutama untuk pasien bedah mulut pertama kali. Pastikan untuk meminta klarifikasi ini kepada dokter, sehingga Anda sepenuhnya mengetahui tentang prosedur yang akan dijalani.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Untuk membuat prosedurnya semakin lancar, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Jika Anda akan diberikan anestesi intravena, kenakan kemeja lengan pendek atau pakaian yang cukup longgar. Hindari konsumsi makanan atau minuman apapun selama enam sampai delapan jam sebelum prosedur berlangsung.
  • Hindari merokok sebelumnya.
  • Jika Anda mengalami pilek, sebaiknya beri kabar ke dokter untuk menjadwalkan ulang prosedurnya.
  • Ataupun jika Anda mengalami mual atau muntah di malam sebelumnya, segera beri tahu dokter gigi Anda untuk melakukan penjadwalan ulang.
  • Jika Anda diberikan anestesi umum selama prosedur cabut gigi berlangsung, hindari pulang sendiri dan usahakan untuk meminta seseorang mengantarkan Anda pulang.

Masa pemulihan setelah cabut gigi

Biasanya akan dibutuhkan beberapa hari untuk Anda pulih setelah prosedur cabut gigi. Namun ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan pemulihan berjalan lancar.

  • Kompres pipi di bagian dekat gigi yang dicabut setelah prosedur untuk mengurangi pembengkakan selama 10 menit.
  • Sesaat setelah dokter gigi menempatkan kain kasa di atas area yang dicabut, gigitlah untuk mengurangi pendarahan dan untuk membantu pembentukan gumpalan.
  • Biarkan kain kasa selama tiga sampai empat jam, atau sampai pembalutnya basah oleh darah.
  • Konsumsi obat yang diberikan oleh dokter atau pun yang dijual bebas yang bisa membantu mengurangi rasa sakit.
  • Beristirahatlah pada 24 jam pertama dan hindari melakukan aktivitas berat.
  • Jangan gunakan sedotan selama 24 jam pertama.
  • Jangan merokok.
  • Cobalah untuk makan makanan yang lunak untuk beberapa hari.

Jika Anda mengalami sakit gigi, segeralah berkonsultasi ke dokter gigi agar mendapatkan penanganan yang cepat tanpa harus menunggu kondisi gigi menjadi lebih buruk lagi.

Anda bisa lakukan konsultasi dengan tenaga medis profesional yang tersedia di SehatQ dengan mudah. Download aplikasi SehatQ di Google Play Store / App Store untuk nikmati fitur menarik yang tersedia.

Download aplikasi SehatQ sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *